Rekomendasi Bahan Batik yang Bagus

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Dalam membuat batik yang berkualitas, salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bahan kain batik itu sendiri. Kain yang digunakan tentunya harus kain yang berkualitas tinggi dengan daya serap warna yang baik. Sehingga warna dan motif batik dapat terlihat jelas dan tahan lama.

Bila batik digunakan sebagai pakaian, kain yang nyaman menjadi unsur utama dalam pemilihan kain. Nah, bahan batik apa aja sih yang cocok dan bagus? Yuk, intip beberapa rekomendasi pilihannya berikut ini!

Baca juga: Balutan Ragam Busana Modern Berbahan Kain Songket 

Jenis Bahan Batik yang Bagus

1. Kain Mori

Kain mori sering digunakan untuk membuat batik. Sebenarnya, kain mori merupakan kain katun yang memiliki serat yang halus dan lembut. Kemampuannya yang baik dalam menyerap warna, membuatnya sangat cocok untuk batik. Ada beberapa jeni kain mori berdasarkan jenis benang tenun yang digunakan serta kerapatannya.

2. Kain Katun

Baju yang biasa kamu pakai sehari-hari yang berbahan katun juga bagus lho dijadikan bahan batik! Kain katun menjadi pilihan yang paling umum dan banyak digunakan dalam proses pembuatan pakaian batik. Mengapa demikian? Selain karena kemampuannya yang baik untuk menyerap warna motif batik, kain katun mudah menyerap keringat sehingga nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Source: Zalora

Kemeja batik pria dari Le Viel Batik, memiliki potongan lengan panjang dengan motif batik print yang menarik untuk tampilan formal classic. Baju berbahan katun ini tidak menerawang, ringan, dan tidak stretch, sehingga bisa menjadi andalan outfit untuk kondangan. 

3. Kain Sutra

Kain sutra dapat menjadi pilihan yang sangat baik untuk membuat batik. Bahan mewah ini memberikan tampilan yang eksklusif dan berkualitas tinggi, membuat pakaian batikmu terlihat berkelas. 

Sutra bertekstur halus yang mampu menampilkan detail motif batik dengan tajam dan menarik. Namun, harga kain ini lebih mahal dibandingkan dengan kain katun. Oleh karena itu, pemilihan kain sutra untuk batik biasanya lebih cocok untuk batik yang ingin memiliki tampilan eksklusif atau pakaian batik yang dipakai dalam acara-acara spesial.

Source: Zalora

Seperti dress batik cap berbahan sutra dari House of Kain diatas yang memiliki motif cantik dan desain yang simple. Dress ini bisa kamu pakai untuk acara semi casual yang menarik.

Baca juga : Model Baju Batik Kombinasi Kain Polos untuk Wanita Terbaru

4. Kain Dobby

Pernahkah kamu jenis kain yang satu ini? Kain dobby merupakan kain tenun yang bertekstur. Tekstur ini yang membuatnya semakin unik. Biasanya batik dengan bahan kain dobby dibuat dengan cara cap, karena jika dengan batik tulis akan lebih sulit karena permukaannya yang tidak rata.

Source: Zalora

Kemeja slim fit dari MOC ini terbuat dari bahan 100% katun dobby bertekstur dengan motif stilasi flora, burung, dan motif parang yang unik. Kamu akan terlihat elegan saat memakai kemeja batik ini. 

Baca juga : Model Baju Batik Modern dengan Sentuhan Menawan

Nah, itulah beberapa bahan batik yang bagus untuk pakaian batik yang elegan dan indah. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan outfit dengan acara yang akan kamu hadiri.

Mau cari beragam pakaian batik, baik untuk wanita atau pria yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo menarik yang sedang menantimu hari ini

Penulis: Fitrian Nurentama