Inspirasi Pakaian Adat Melayu Berupa Baju Kurung Modern

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Pakaian adat Melayu mengambil warisan budaya yang kaya dari suku Melayu di Asia Tenggara. Pakaian ini mencerminkan keindahan tradisional yang timeless dan menjadi simbol identitas budaya yang kuat. Dari baju Melayu yang anggun hingga baju kurung yang elegan, pakaian adat Melayu memamerkan keunikan desain dan hiasan yang mencirikan budaya yang beragam di seluruh kawasan Melayu. 

Baju Kurung identik dengan potongan longgar yang anggun dan khas. Pakaian ini menggabungkan blus panjang yang polos atau yang dihiasi dengan bordir rumit dengan rok panjang atau kain panjang yang menciptakan penampilan yang sangat elegan dan feminim. Yuk, intip beberapa inspirasi baju kurung yang menjadi pakaian adat Melayu berikut ini!

Baca juga : Cara Menentukan Ukuran Bra dan Tips Memilihnya

Inspirasi Baju Kurung sebagai Pakaian Adat Melayu

1. Baju Kurung dengan Sarong Instan

Source: Zalora

Gabungan antara baju kurung dengan sarong menciptakan tampilan yang khas dan klasik dengan unsur-unsur yang unik. Kombinasi ini sangat sesuai digunakan untuk berbagai acara formal seperti pernikahan, upacara adat, maupun acara formal lainnya. 

Selain itu, pemakaian sarong memberikan sentuhan tradisional yang kuat pada penampilan, sementara baju kurung memberikan unsur-unsur modern dan elegan. Ini adalah salah satu bentuk busana tradisional yang tetap populer hingga saat ini.

2. Modern Kurung Satin

Source: Zalora

Model baju kurung modern sebagai salah satu bentuk modifikasi gaya dari pakaian tradisional Melayu yang menggabungkan kemewahan satin dengan potongan yang lebih modis dan inovatif. Bahan utamanya adalah satin, yang memberikan kilauan dan tekstur yang mewah pada busana ini. 

Detail potongan asimetris berlayer pada bagian pinggul membuat baju kurung ini sangat elegan dan mewah. Baju ini sangat memungkinkan untuk dipakai ke acara pesta atau acara formal lainnya, karena desainnya yang kekinian dan mengikuti perkembangan dress modern. Gaya busana elegan dan glamour begitu menarik perhatian setiap orang yang melihatnya.

3. Puff Sleeve Kurung Set With Pleat Skirt

Source: Zalora

Set baju kurung desain full floral print dengan detail pleat skirt dibagian bawah rok sungguh sangat menarik perhatian. Motif bunga yang mencolok yang mencakup seluruh busana menciptakan tampilan yang anggun dan feminim. Tidak hanya itu, detail pleats skirt pada rok memberikan tambahan aksen yang manis pada busana ini, menciptakan gerakan yang anggun saat berjalan. Kombinasi antara desain yang modern dengan motif bunga menciptakan tampilan yang fresh dan classy

Baca juga : Rekomendasi Model Kebaya Bali Terbaru, Cantik dan Menawan!

4. Embroidery Kurung Set

Source: Zalora

One set baju kurung dengan paduan bordir di bagian dada dan lengan mempercantik tampilan baju ini. Terbuat dari kain polyester yang silk dan mengkilap, semakin menambah kesan mewah pada busana ini. Selain itu, baju kurung ini dipercantik dengan model roknya yang terdapat detail lipitan di bagian tengahnya. Kamu dapat tampil dengan gaya yang elegan dan menawan menggunakan baju kurung ini.

5. Lace Ruffle Kurung Set

Source: Zalora

Set baju kurung bernuansa monokrom dengan aksen floral lace menciptakan tampilan yang elegan dan anggun dengan sentuhan feminim yang khas dari lace bunga. Detail pergelangan tangan dengan desain yang melebar, serta bagian bawah rok yang wavy menjadi aksen pemanis pada busana kurung ini. Look yang ditampilkannya pun sangat elegan dan classy. Karena modelnya yang modern, baju ini cocok untuk dipakai saat menghadiri pesta. 

Baca juga : Elegan dengan Tampilan Baju Bodo Modern

Nah, itulah beberapa inspirasi baju kurung sebagai pakaian adat Melayu yang bisa kamu coba dan dapatkan di ZALORA. Baju kurung memiliki desain yang khas meskipun banyak modifikasi modern yang dilakukan untuk inovasinya.

Dapatkan berbagai koleksi baju kurung selengkapnya dengan harga terjangkau hanya di ZALORA. Jangan lewatkan promo dan ekstra diskon menarik lainnya yang sedang menantimu!

Penulis: Fitrian Nurentama