Ucapan Selamat Menikah dalam Islam

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Pernikahan adalah momen suci untuk menyatukan dua insan dan juga dua keluarga dalam ikatan yang diberkahi oleh Allah SWT. Sebagai wujud cinta dan ibadah, pernikahan menjadi langkah awal menuju kehidupan baru yang penuh berkah. Di dalamnya, pasangan suami istri diharapkan untuk saling melengkapi, mendukung, dan bersama-sama meniti jalan menuju ridha Allah. 

Nah, kita sebagai sesama umat muslim alangkah baiknya ikut memberikan ucapan dan doa yang positif. Memberikan ucapan selamat atas pernikahan adalah salah satu cara kita untuk turut berbahagia dan mendoakan agar rumah tangga yang dibangun senantiasa dipenuhi rahmat dan kasih sayang-Nya.

Berikut adalah beberapa contoh ucapan selamat menikah dalam islam yang bisa ZALORAns ucapkan. Simak beberapa bacaannya yuk!

Baca juga : 4 Rekomendasi Outfit Bridesmaid Pria

Contoh Ucapan Selamat Menikah dalam Islam

1. Barakallahu Lakuma Wa Baraka A’laiku

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Barakallahu lakuma wa baraka a’laika wa jama’a bainakuma fii khoiiir”

Artinya: “Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu serta keberkahan atasmu dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

2. Barakallahu Laka Wa Jama’a Bainakuma Fi Khairin

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ

وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin”

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

3. Alfu Mabrukin Liahla ‘Arusaini Fil’alami

أَلْفُ مَبْرُوْكٍ لِأَحْلَى عَرُوْسَيْنِ فِي الْعَالَمِ

“Alfu mabrukin liahla ‘arusaini fil’alami”

Artinya: “Selamat untuk pengantin baru paling manis di dunia”.

4. Tahanina, Tamniyyatuna Lakum Bidawamis-sa’adati

تَهَانِيْنَا، تَمْنِيَّاتُنَا لَكُمْ بِدَوَامِ السَّعَادَةِ

“Tahanina, tamniyyatuna lakum bidawamis-sa’adati”

Artinya: “Selamat, Kami berharap Anda terus bahagia

5. Allâhumma Allif Bainahumâ Kamâ Allafta Baina Adam Wa Hawwa

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ اٰدَمَ وَحَوَّاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَسَارَةَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ سَيِّدَنَا يُوْسُفَ وَزُلَيْخَاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِيِّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ

الزَّهْرَاءَ

“Allâhumma allif bainahumâ kamâ allafta baina Adam wa Hawwa, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Ibrâhîm wa Sârah, wa allif bainahumâ kamâ allafta sayyidinâ Yûsuf wa Zulaikha, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wa sallama wa sayyidatinâ Khadîjatal kubrâ, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ ‘Aly wa sayyidatinâ Fâthimah az-Zahrâ”

Artinya: “Ya Allah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Adam dan Hawa, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Ibrahim dan Sarah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Yusuf dan Zulaikha, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Baginda Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallama dan Khadijah Al-Kubra, dan rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Ali dan Fathimah Az-Zahra.”

6. Allâhummaj’al Hâdzal ‘Aqda ‘Aqdan Mubârakan

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ هٰذَا الْعَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا مَعْصُوْمًا وَأَلْقِ بَيْنَهُمَا أُلْفَةً وَقَرَارًا دَائِمًا وَلَا تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا فِرْقَةً وَفِرَارًا وَخِصَامًا وَاكْفِهِمَا مُؤْنَةَ الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ

“Allâhummaj’al hâdzal ‘aqda ‘aqdan mubârakan ma’shûman wa alqi bainahumâ ulfatan wa qarâran dâiman wa lâ taj’al bainahumâ firqatan wa firâran wa khishâman wakfihimâ mu’natad dunyâ wal âkhirah”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah akad ini sebagai ikatan yang diberkahi dan dilindungi, tanamkan di antara keduanya kerukunan dan ketetapan yang langgeng, jangan Engkau jadikan di antara keduanya perpecahan, perpisahan dan permusuhan, dan cukupi keduanya bekal hidup di dunia dan akhirat”.

7. Ahlat-tahani Wa Ajmalul-umniyyati Bi Munasabati Zawajikuma

أَحْلَى التَّهَانِي وَأَجْمَلُ الْأُمْنِيَّاتِ بِمُنَاسَبَةِ زَوَاجِكُمَا

“Ahlat-tahani wa ajmalul-umniyyati bi munasabati zawajikuma”

Artinya: “Selamat dan harapan terbaik atas kesempatan pernikahan Anda”

8. Alfumabrukinliajmali ‘Arusaini

أَلْفُ مَبْرُوْكٍ لِأَجْمَلِ عَرُوْسَيْنِ

“Alfu mabrukin liajmali ‘arusaini”

Artinya: “Selamat untuk pengantin baru yang paling cantik.”

9. Mabruk Alaa Hafl Alzifaf Alkhasi Bika

مبروك على حفل الزفاف الخاص بك. هذه صلاة جميلة يمكنك قولها أيضًا!

“Mabruk alaa hafl alzifaf alkhasi bika. hadhih salat jamilat yumkinuk qawluha aydan”

Artinya: “Selamat atas pernikahanmu. Berikut doa indah yang juga dapat kau panjatkan”

10. Alfu Mabrukin Lil’arusi Wal’arisi ‘Ala Zawajis-sa’idi

أَلْفُ مَبْرُوْكٍ لِلْعَرُوْسِ وَالْعَرِيْسِ عَلَى زَوَاجِ السَّعِيْدِ

“Alfu mabrukin lil’arusi wal’arisi ‘ala zawajis-sa’idi”

Artinya: “Selamat kepada kedua mempelai atas pernikahan bahagia”

11. Barakallahu Lakum Wa Baraka Alaikum

بارك الله لكم وبارك فيكم وبارك عليكم

“Barakallahu lakum wa baraka alaikum”

Artinya: “Semoga Allah memberikan keberkahan bagi kalian dan melimpahkan keberkahan atas kalian.”

Baca juga : Persyaratan Nikah 2024 di KUA : Syarat, Cara Daftar, dan Biaya Nikah

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Mukena Siti Khadijah Flair Cendana

Source: ZALORA

Mukena Siti Khadijah Flair Cendana merupakan inovasi terbaru dari style Flair yang mengombinasikan material silk dengan lace. Material flair Siti Khadijah dibuat dengan hand feel terbaik, sehingga menciptakan material yang halus, ringan, dan lembut. Desain renda flair cendana terinspirasi dari Turkish Geometri.

Hadir dengan konsep traveling, mukena ini sudah dilengkapi dengan pouch yang sangat cocok untuk wanita aktif. Dimana, mukena ini bisa mudah dibawa kemana saja dan siap untuk aktivitas di luar rumah. Tersedia dalam pilihan warna Ice Green, Mahogany Rose, Pearl Blue, dan Black.

2. Mukena Siti Khadijah Broderie Yuzuk

Source: ZALORA

Nama Yuzuk sendiri merupakan bahasa lain dari Yuzuki yang artinya yaitu “Bulan yang lembut”. Kata ini berasal dari bahasa Jepang yang mana bulan juga berbentuk bulat atau lingkaran. Desain ini merupakan inspirasi dari desain ornament turkish.

Desain ini berbentuk melingkar seperti cincin yang diberi aksen gelombang yang saling terhubung satu dengan yang lain. Mukena Broderie Yuzuk sudah dilengkapi penutup dagu yang membuat mukena ini dapat menutup aurat dengan sempurna ketika beribadah.

Terbuat dari bahan Khadijah Poplin V2 dengan fitur Lycra yang menutupi dagu dan juga terdapat renda dengan karet premium di bagian kepala. Desain ini membuatnya tidak meninggalkan bekas ketika pemakaian. Khadijah Poplin merupakan kain berteknologi khusus seperti Spun Polyester Premium. Dihiasi dengan pola Turkish Ottoman yang memiliki warna kontras dengan mukena. 

Bahan ini memberi sensasi dingin, nyaman, lembut, dan ringan. Serta, tidak mudah kusut, tidak menerawang, dan tidak luntur. Dilengkapi dengan anti UV dan Bacteria pada dagu. Dijamin mukena ini tidak kendur, tidak berbekas di dahi, tidak gantung atau kependekan, dan tidak kesempitan.

Baca juga : Daftar Persiapan Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Simak!

Itulah beberapa ucapan selamat menikah dalam Islam yang bisa ZALORAns ucapkan kepada teman atau kerabat yang menikah. 

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama