Tata Cara Wudhu yang Benar serta Syarat, Bacaan, dan Urutannya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim yang dilaksanakan setiap hari adalah shalat. Sebelum melaksanakan shalat diwajibkan untuk melakukan wudhu terlebih dahulu. Berwudhu merupakan salah satu cara untuk menyucikan diri dari hadast besar maupun hadar kecil. Tentunya ZALORAns sudah tahu bukan tata cara berwudhu yang benar? Kalau belum, mari simak panduan tata cara melakukan wudhu yang benar berdasarkan syariat Islam berikut ini! 

Baca juga : Doa Sesudah Wudhu, Hukum, Bacaan, dan Tata Cara 

Sebelumnya, perhatikan bunyi Surat Al-Maidah ayat 6 mengenai wudhu sebagai syarat sah shalat dibawah ini!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Syarat Wudhu

  1. Beragama Islam.
  2. Tidak dalam keadaan berhadas besar, haid, atau nifas.
  3. Berwudhu menggunakan air suci dan mensucikan, seperti air hujan, air laut, air sumur, air sungai, air salju, air embun dan air telaga.
  4. Tidak ada penghalang masuknya air ke kulit, seperti kutek, tatto, dan lainnya.
  5. Mengetahui fardhu wudhu, yaitu membaca niat, membasuh wajah, membasuh kedua tangan, mengusap kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki, dan tertib.
  6. Mengetahui sunnah wudhu, seperti bersiwak, membaca basmalah, berkumur-kumur, membasuh lubang hidung, dan membersihkan seluruh rambut. Selain itu mendahulukan bagian kanan, membersihkan telinga luar dan dalam, membasuh, serta menyela-nyela jari-jari tangan dan kaki.
  7. Tamyiz, yaitu sudah dapat membedakan baik dan buruknya suatu hal.

Baca juga : Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang Benar Menurut Islam

Tata Cara Melaksanakan Wudhu yang Baik dan Benar Berdasarkan Sunnah Nabi SAW

  1. Membaca niat wudhu di dalam hati.

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul whuduua liraf’il hadatsil asghari fardal lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardhu karena Allah Ta’ala”

  1. Membaca Basmalah.

Bismillaahirrahmaanirrahiim

  1. Membasuh kedua telapak tangan sebanyak 3x.
  1. Berkumur sebanyak 3x.
  1. Menghirup air ke dalam hidung sebanyak 3x.
  1. Membasuh seluruh bagian wajah yang terlihat sebanyak 3x.
  1. Membasuh kedua tangan hingga siku dengan air, tangan kanan terlebih dahulu, kemudian tangan kiri sebanyak tiga kali. Mulai dari ujung punggung telapak tangan ke arah siku, dilanjutkan hingga kembali ke telapak tangan.
  1. Mengusap kulit kepala sebanyak 3x.
  1. Membasuh kedua telinga sebanyak 3x, mulai dari telinga kanan lalu kiri.
  1. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki sebanyak 3x, dimulai dari kanan kemudian kaki kiri.
  1. Tertib.
  1. Membaca doa setelah wudhu.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Asyhadu an laa ilaaha illa Allah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj ‘alnii minat tawwaabiina waj ‘alnii minal mutathaahiriina subhaanaka Allahumma wa bihamdika laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah semata yang tidak ada sekutu bagi-Nya dan aku pun bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba sekaligus Rasul utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Hal-Hal yang Membatalkan Wudhu

  1. Keluarnya najis dari dua tempat keluar yaitu farji dan dubur, seperti air kencing, kotoran, dan lainnya.
  2. Hilangnya akal dan pengetahuan yang menyebabkan tidak sadar atau tidak waras, seperti karena tidur, pingsan, mabuk, akibat sakit parah, dan lainnya.
  3. Bersentuhan kulit dengan lawan jenis (tidak ada penghalang seperti kain tipis atau lainnya), baik disengaja maupun tidak disengaja.
  4. Murtad (keluar dari agama Islam).
  5. Menyentuh kemaluan dengan telapak tangan tanpa penghalang.
  6. Mengalami haid bagi perempuan.
  7. Nifas (periode setelah melahirkan) bagi perempuan.
  8. Keluarnya mani karena hubungan intim, mimpi basah, dan lainnya. 
  9. Keluar darah yang banyak dari tubuh karena luka atau penyakit tertentu.

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Shanum Prayer Set by Lozy Hijab

Source: Zalora

Mukena set koleksi dari Lozy Hijab ini begitu cantik untuk daily esensial mu! Terbuat dari bahan yang ringan dan lembut. Material satin silk dengan gradasi warna dan laser cut di setiap sisinya membuat mukena ini terlihat lebih mewah dan elegan. Dilengkapi juga dengan pouch kecil yang tentunya travel friendly, memudahkanmu membawanya kemanapun.

Sehingga, ZALORAns bisa beribadah dengan nyaman dan mudah dimanapun kamu berada! Tersedia dalam tiga pilihan warna cantik, yaitu taupe, grey, dan rose. 

2. ZM Zaskia Mecca Feat Zeezee Shahab – Yefa Maroon Mukena Premium

Source: Zalora

Kalau ZALORAns lebih suka mukena polos, kamu bisa nih memilih mukena polos dari koleksi ZM yang berkolaborasi dengan Zeezee Shahab! Mukena ini sudah dilengkapi dengan sajadah kecil lipat dan tas yang akan memudahkanmu saat membawanya. Terbuat dari bahan Palton yang mengandung 100% polyester.

Bahan yang sangat halus, lembut, menyerap keringat, nyaman, dan ringan. Selain itu bahan ini juga tidak mudah luntur, sehingga cocok untuk menemani aktivitasmu!

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Terjemahan, dan Tata Caranya

Nah, itulah beberapa syarat, bacaan, hal-hal yang membatalkan wudhu, serta panduan tata cara melaksanakan wudhu yang baik dan benar berdasarkan sunnah Rasulullah SAW yang bisa kamu ikuti. Serta, pilihan mukena yang nyaman untuk menemani ibadahmu setiap harinya!

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama