Tata Cara Sholat Taubat Nasuha, Doa, Waktu Pelaksanaan Lengkap

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Shalat Taubat Nasuha adalah bentuk ibadah yang memiliki makna mendalam dan penuh arti. Shalat dua rakaat ini merupakan wujud penyesalan dan permohonan ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan niat yang tulus dan kesadaran penuh akan kesalahan. Tak ada satu pun dari kita yang luput dari dosa. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu memohon ampun atas segala bentuk dosa dan kesalahan yang pernah kita perbuat. Meskipun sekecil apapun dosa yang kita perbuat.

Kali ini, ZALORA akan memberikan beberapa hal mengenai doa, waktu pelaksanaan, dan tata cara shalat taubat nasuha yang perlu kamu pelajari. Mari simak penjelasan penting selengkapnya di bawah ini!

Baca juga : Tata Cara Sholat Hajat dan Bacaannya Lengkap

Dalil Tentang Shalat Taubat

Dalam QS. At-Tahrim Ayat 8 menjelaskan mengenai taubat untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Berikut bunyi dalilnya:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Hukum Taubat

Bagi manusia, hukum bertaubat adalah wajib. Karena segala dosa yang telah kita perbuat haruslah segera kita tebus dengan cara bertaubat. Meskipun dosa tersebut sekecil jagung.

Sebaiknya manusia bertaubat segera mungkin, tak perlu menunggu waktu tua nanti. Karena tak ada yang tahu umur manusia masing-masing.

Waktu Pelaksanaan Shalat Taubat Nasuha

Untuk pelaksanaan shalat taubat bisa dilakukan kapan saja. Waktu yang paling utama adalah pada ⅔ malam atau saat waktu tahajud. Selain itu, bisa juga ketika malam Nisfu Syaban.  Namun, ada beberapa waktu yang tidak boleh untuk melaksanakan shalat taubat nasuha. Perhatikan beberapa waktu yang dilarang berikut ini:

  1. Ketika matahari baru terbit sampai naik hingga setinggi tombak. Kira-kira 16 menit hingga 20 menit setelah matahari terbit. 
  2. Ketika matahari berada tepat di atas kepala, dimana saat matahari tidak condong ke timur atau barat. 
  3. Waktu ishfiror, ketika matahari tenggelam hingga tenggelam sempurna. 
  4. Setelah sholat subuh hingga matahari terbit. 
  5. Setelah sholat ashar hingga matahari tenggelam.

Baca juga : Bacaan Doa Sholat Tahajud yang Mustajab, Waktu Terbaik Berdoa!

Tata Cara Shalat Taubat Nasuha

  1. Membaca niat shalat taubat. Berikut ini bacaan niat shalat taubat nasuha:

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillaahi ta’aala.”

 Artinya: “Aku berniat menunaikan sholat sunnah taubat sebanyak dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  1. Takbiratul ihram.
  2. Membaca doa iftitah.
  3. Membaca Al-Fatihah dan surat pendek Al-Quran.
  4. Rukuk 
  5. I’tidal 
  6. Sujud 
  7. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  8. Sujud kedua 
  9. Berdiri lagi untuk melanjutkan rakaat kedua dengan mengulangi langkah 2–9
  10. Duduk Tasyahud akhir 
  11. Salam.
  12. Berdoa dan istighfar 

Bacaan Doa Setelah Shalat Taubat Nasuha

1. Membaca Istighfar 

Berikut bacaan istighfar taubat nasuha yang dapat ZALORAns baca setelah shalat taubat:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

“Astaghfirullahal ‘azhiim, alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilahi.”

Artinya: “Saya memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung saya mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang hidup terus selalu jaga.”

2. Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha

Berikut ini bacaan doa shalat taubat nasuha sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ تَوْفِيقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَكَ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجُزُنِي عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلًا اَسْتَحِقُ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى أُنَاصِحَكَ فِي التَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ وَحَتَّى أَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلْ عَلَيْكَ فِي الْأُمُوْرِ كُلِّهَا وَحُسْنَ ظَنِّ بِكَ. سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

“Allaahumma innii as-aluka taufiiqa ahlil hudaa wa a’maala ahlit taubati wa ‘azma ahlish shabri wa jidda ahlil khasyyati wa thalaba ahlir raghbati wa ta’abbuda ahlil wara’i wa ‘irfaana ahlil ‘ilmi hattaa akhaafaka. Allaahumma innii as-aluka makhaafatan tahjuzunii ‘an ma’aashiika hattaa a’mala bithaa’atika ‘amalan astahiqqu bihii ridhaaka hattaa unaashihaka fit taubati khaufan minka wa hattaa akhlisha lakan nashiihata hubban laka wa hattaa atawakkala ‘alaika fil umuuri kullihaa wa husna zhanni bika. Subhaana khaaliqi nuurin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu taufiq (pertolongan)-Nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk (hidayah), dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan makrifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan ketaatan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridha-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut kepada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.”

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Shafiya Prayer Set in Black Pansy (Lozy x Heidy)

Source: Zalora

Mukena set motif special kolaborasi Lozy x Heidy yang satu ini terbuat dari bahan rayon dengan motif bunga. Detail motif ini menambah kecantikan mukena saat dipakai. Terdapat resleting pada bagian depannya, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat dipakai.

Material yang premium akan memberikan kenyamanan saat beribadah. ZALORAns juga akan mendapatkan tas bercorak serupa dengan mukena. Jadi, memudahkanmu beribadah dimanapun deh!

2. Mukena Siti Khadijah Modish Mehtap

Source: Zalora

Mukena Siti Khadijah Modish Mehtap memiliki corak renda unik yang terinspirasi dari corak geometri kesenian turki utsmaniyah (Turkish Ottoman). Detail ini membuatnya lebih menarik. Dengan warna soft yang cantik, membuatnya cocok dengan para wanita. Mukena yang satu ini menjadi salah satu koleksi mukena turkish dari Siti Khadijah yang harus kamu miliki!

Baca juga : Tata Cara Sholat Istikharah Serta Panduan Doa

Penting untuk selalu menyadari setiap kesalahan yang kita lakukan. Selalu meminta ampunan kepada Allah SWT. Amalkan shalat taubat nasuha dengan mempelajari doa, waktu, dan tata cara shalat taubat nasuha di atas.

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama