Tata Cara Sholat Istikharah Serta Panduan Doa

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah ZALORAns sedang bingung dalam menentukan pilihan? ZALORAns bisa melaksanakan shalat Istikharah. Sholat Istikharah adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan untuk memohon petunjuk dari Allah SWT dalam mengambil keputusan penting. Shalat ini terdiri dari dua rakaat yang dilakukan dengan niat khusus untuk meminta bimbingan Allah.

Setelah shalat, dianjurkan untuk membaca doa istikharah yang intinya memohon agar Allah memberikan yang terbaik dalam perkara yang sedang dipertimbangkan. Serta, menjauhkan dari segala keburukan.ย 

Apakah ZALORAns sudah mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaan shalat Istikharah? Kalau belum, mari simak bacaan niat, tata cara, dan doa setelah sholat Istikharah yang perlu kamu ketahui berikut ini!

Baca juga : Pahami 13 Rukun Shalat, Lengkap dan Sesuai Urutan

Waktu Pelaksanaan Shalat Istikharah

Waktu pelaksanaan sholat istikharah bisa dikerjakan kapan saja. Shalat Istikharah dilaksanakan pada waktu yang tidak dilarang untuk shalat sunnah, yaitu sepanjang waktu selain waktu-waktu yang diharamkan untuk melaksanakan shalat.

Waktu-waktu yang dilarang untuk shalat tersebut, seperti setelah shalat Subuh hingga matahari terbit dan setelah shalat Ashar hingga matahari terbenam.

Waktu terbaik untuk melaksanakan shalat Istikharah adalah pada sepertiga malam terakhir, setelah melaksanakan shalat Isya hingga sebelum waktu shalat Subuh. Pada waktu tersebut, suasana lebih tenang dan khusyuk. 

Bacaan Niat Shalat Istikharah

ุฃุตู„ู‰ ุณู†ุฉ ุงู„ุฅุณุชุฎุงุฑุฉ ุฑูƒุนุชูŠู† ู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰

โ€œUsholli sunnatal istikharati rak’ataini lillaahi ta’ala.โ€

Artinya: “Aku niat sholat istikharah dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Istikharah

  1. Membaca niat sholat istikharah.
  2. Takbiratul ihram sambil mengucap โ€œAllahu Akbarโ€.
  3. Membaca doa iftitah.
  4. Membaca surah Al-Fatihah.
  5. Membaca surah pendek, diutamakan surah Al-Kafirun pada rakaat pertama.
  6. Rukuk.
  7. Iktidal.
  8. Sujud pertama.
  9. Duduk di antara dua sujud.
  10. Sujud kedua.
  11. Kembali berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua, sambil takbiratul ihram.
  12. Membaca surah Al-Fatihah dan dilanjutkan surah pendek, diutamakan surah Al-Ikhlas.
  13. Rukuk.
  14. Iktidal.
  15. Sujud pertama.
  16. Duduk di antara dua sujud.
  17. Sujud kedua.
  18. Duduk tahiyat akhir.
  19. Salam.

Baca juga : Niat Sholat Dhuha, Bacaan, Tata Cara dan Doa Setelah Sholat

Doa Setelah Sholat Istikharah

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ู‰ ุฃูŽุณู’ุชูŽุฎููŠุฑููƒูŽ ุจูุนูู„ู’ู…ููƒ ูˆูŽุฃูŽุณู’ุชูŽู‚ู’ุฏูุฑููƒูŽ ุจูู‚ูุฏู’ุฑูŽุชููƒูŽ ุŒ ูˆูŽุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ููŽุถู’ู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู…ู ุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุชูŽู‚ู’ุฏูุฑู ูˆูŽู„ุงูŽ ุฃูŽู‚ู’ุฏูุฑู ูˆูŽุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุนูŽู„ุงูŽู‘ู…ู ุงู„ู’ุบููŠููˆุจู ุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู„ูู‰ ููู‰ ุฏููŠู†ูู‰ ูˆูŽู…ูŽุนูŽุงุดูู‰ ูˆูŽุนูŽุงู‚ูุจูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ุฑูู‰ ููŽุงู‚ู’ุฏูุฑู’ู‡ู ู„ูู‰ ูˆูŽูŠูŽุณูู‘ุฑู’ู‡ู ู„ูู‰ ุซูู…ูŽู‘ ุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูู‰ ูููŠู‡ู ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑูŽุดูŽุฑูŒู‘ ู„ูู‰ ููู‰ ุฏููŠู†ูู‰ ูˆูŽู…ูŽุนูŽุงุดูู‰ ูˆูŽุนูŽุงู‚ูุจูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ุฑูู‰ ููŽุงุตู’ุฑููู’ู‡ู ุนูŽู†ูู‘ู‰ ูˆูŽุงุตู’ุฑููู’ู†ูู‰ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุŒ ูˆูŽุงู‚ู’ุฏูุฑู’ ู„ูู‰ ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุญูŽูŠู’ุซู ูƒูŽุงู†ูŽ ุซูู…ูŽู‘ ุฃูŽุฑู’ุถูู†ูู‰

โ€œAllahumma inni astakhiiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as aluka min fadhlikal adziim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma ing kunta ta’lamu anna hadzal amra khairan liifii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faqdurhulii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa inkunta ta’lamu anna hadzal amra syarrun liifii diinii wama’aasyi wa ‘aqibati amrii, fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu, waqdur lial khaira haitsu kaana tsumma ardhinii.โ€

Artinya: “Ya Rabb, aku memohon petunjuk kebaikan kepadaMu dengan ilmuMu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Rabb, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini (sebutkan masalah yang sedang dihadapi) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini.

Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini (sebutkan masalah yang sedang dihadapi) buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan di mana pun kebaikan itu berada, dan ridhoilah aku dengan kebaikan.”

Cara Mengetahui Hasil Sholat Istikharah

Salah satu tanda bahwa kamu telah mendapatkan petunjuk dari shalat Istikharah adalah merasakan ketenangan hati terhadap pilihan yang diambil. Jika setelah berdoa, ZALORAns merasa lebih tenang dan yakin dengan satu pilihan, itu bisa menjadi indikasi petunjuk dari Allah SWT.

Selain itu, banyak orang yang mengalami mimpi setelah melakukan shalat istikharah. Mimpi ini bisa memberikan petunjuk atau gambaran tentang keputusan yang sebaiknya diambil. Namun, mimpi bukan satu-satunya tanda dan tidak selalu terjadi.

Perhatikan jika ada perubahan yang terjadi di sekitarmu yang memudahkan atau mengarahkanmu untuk memilih salah satu opsi. ZALORAns juga bisa mendapatkan petunjuk dari perantara orang lain.

Setelah melakukan shalat istikharah, jika kamu mendapatkan nasihat atau masukan dari orang lain yang tidak disangka-sangka namun sangat relevan dengan keputusan yang sedang dihadapi. Ini bisa menjadi salah satu bentuk petunjuk.

Jika masih merasa ragu setelah melakukan shalat istikharah, tidak ada salahnya untuk mengulanginya beberapa kali. Selalu ingat untuk tetap bersabar dan bertawakal kepada Allah SWT, karena keputusan terbaik akan datang dari-Nya pada waktu yang tepat.

Baca juga : Doa Sesudah Wudhu, Hukum, Bacaan, dan Tata Caraย 

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Shafira Prayer Set by Lozy Hijab

Source: Zalora

Mukena set motif dengan bahan rayon yang ringan dan lembut ini didesain dengan tampilan yang elegan. Terdapat resleting pada bagian dadanya, sehingga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan saat dipakai.

Lengkap dengan pouch yang tentunya travel friendly, membuatnya lebih mudah dibawa kemanapun dan praktis.

2. Mukena Siti Khadijah Modish Mehtap

Source: Zalora

Mukena Siti Khadijah Modish Mehtap memiliki corak renda unik yang terinspirasi dari corak geometri kesenian turki utsmaniyah (Turkish Ottoman), sebagai salah satu koleksi mukena turkish dari Siti Khadijah. Terbuat dari material Khadijah Signature Poplin. Dengan desain kepala yang klasik, membuatnya cocok untuk semua jenis wajah. 

Selain itu, juga terasa aman dengan bantalan karet di dahi yang menahan wajah agar tidak bergerak saat shalat dan tidak memberikan efek kesemutan akibat grip. Penggunaan desain renda di kepala sama dengan renda di sekitar mukena.

3. DOA – Dafiya Prayer Robe

Source: Zalora

Dafiya Prayer Robe Series by DOA ini dibuat menggunakan material premium silk yang ringan dan adem. Selain itu, bahan ini juga lembut dan tidak mudah kusut. Mukena ini menggunakan tali karet dengan aksen charm DOA pada pouch dan Prayer Robe (atasan bagian depan).

Dengan desain motif bunga yang cantik, mukena ini tampil dengan begitu elegan dan manis.

Baca juga : Niat Sholat Taubat 2 Rakaat dan Tata Cara Lengkapnya

Itulah bacaan niat, tata cara pelaksanaan, doa setelah sholat Istikharah, serta cara mengetahui hasil dari shalat Istikharah yang perlu kamu ketahui. Dengan melaksanakan sholat Istikharah ketika kamu merasa bingung dengan pilihan yang harus kamu ambil, maka ZALORAns tak akan merasa kecewa. Serahkan semuanya kepada Allah SWT.

Mau cari berbagai perlengkapan sholat terbaik yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama