Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang Benar Menurut Islam

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

ย 

Setelah masa haid berakhir, seorang wanita muslim wajib melakukan mandi besar atau mandi wajib sebelum melaksanakan ibadah seperti shalat dan puasa. Mandi wajib ini bertujuan untuk mensucikan diri dari hadas besar. Cara melaksanakan mandi wajib setelah haid adalah dengan niat di dalam hati untuk menghilangkan hadas besar. Tentunya dilanjutkan dengan tata cara mandi besar berikutnya. 

Tahukah ZALORAns apa saja tata cara mandi wajib setelah haid yang benar menurut Islam? Berikut ini ZALORA sudah merangkumkan beberapa panduan tata cara mandi wajib setelah haid secara lengkap.

Namun, sebelumnya ketahui terlebih dahulu bacaan niat mandi wajib yang benar. Yuk, simak bacaan niat dan penjelasannya lainnya berikut ini!

Baca juga : Niat Mandi Idul Adha, Bacaan dan Tata Caranya

Dalil Tentang Mandi Wajib

Berikut beberapa dalil mengenai mandi wajib yang terdapat dalam Al-Quran maupun hadits:

1. Al-Quran Surat Al-Maidah Ayat 6

Berikut ini arti dari ayat yang menunjukkan bahwa mandi wajib harus dilakukan untuk mereka yang junub sebelum melaksanakan shalat:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai kedua mata kaki, dan jika kamu junub, maka mandilah.” 

2. Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim

Berikut merupakan bunyi hadist yang menerangkan kewajiban mandi besar bagi mereka yang memiliki hadas besar. Seperti, setelah haid, nifas, bersetubuh, melahirkan, atau menyentuh mayat.

“Mandi itu wajib atas setiap orang yang mengalami hadas besar.”

3. Hadits Riwayat Muslim

Berikut bunyi hadits yang menunjukkan kewajiban mandi besar bagi yang mengalami hadas besar maupun akan melaksanakan shalat Jumat: 

“Mandi Jumat itu wajib atas setiap orang yang baligh, berakal, dan tidak sakit.” 

Bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ูŽ ู„ูุฑูŽูู’ุนู ุญูŽุฏูŽุซู ุงู„ู’ุญูŽูŠู’ุถู ูู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œNawaitul ghusla lifraf il hadatsil akbari minal haidil lillahi ta’alaโ€

Artinya: “Saya berniat mandi wajib untuk mensucikan hadats besar dari haid karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang Benar Menurut Islam

  1. Membaca niat mandi wajib setelah haid
  2. Membersihkan kedua telapak tangan sebanyak tiga kali
  3. Membersihkan kotoran yang tersembunyi menggunakan tangan kiri, seperti kemaluan, bawah ketiak, pusar, dan lainnya.
  4. Setelah itu, cucilah tangan menggunakan sabun atau tanah
  5. Berwudhu
  6. Menyela pangkal rambut dengan jari-jari tangan yang dibasuh air. Basuhlah menggunakan air hingga menyentuh kulit kepala secara menyeluruh
  7. Membasuh seluruh tubuh dengan air. Mulailah dengan membasuh dari sisi kanan, setelah itu lanjutkan membasuh sisi kiri
  8. Pastikan seluruh lipatan tubuh dan bagian yang tersembunyi sudah dibersihkan semua

Bacaan Doa Setelah Mandi Wajib

Setelah melaksanakan mandi wajib, disunnahkan untuk membaca doa selesai mandi wajib. Berikut ini bacaan doa setelah mandi wajib:

ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุดูŽุฑููŠูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูู‰ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุชูŽู‘ูˆูŽู‘ุงุจููŠู†ูŽ ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูู‰ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุชูŽุทูŽู‡ูู‘ุฑููŠู†ูŽ

โ€œAsyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluhu, allahumma-jalni minattawwabina, waj-alni minal-mutathahirrinaโ€

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku pula termasuk orang-orang yang selalu mensucikan diri.”

Baca juga : 4 Rekomendasi Sabun untuk Jerawat Punggung Terampuh

Sunnah Mandi Wajib

  1. Menghadap kiblat
  2. Membaca basmalah dan niat di dalam hati dengan maksud untuk berdzikir bukan membaca Al-Quran
  3. Membasuh kedua telapak tangan
  4. Menghilangkan kotoran dari tubuh
  5. Berwudhu sebelum mandi
  6. Meratakan air pada bagian-bagian lekuk
  7. Menyela ujung rambut sebanyak 3 kali
  8. Tertib
  9. Mengulang sebanyak 3 kali
  10. Dianjurkan menggosok setiap kalinya
  11. Membasuh bagian aurat yang tertutup
  12. Setelah selesai melaksanakan mandi wajib disunnahkan membaca doa sebagai berikut:

โ€œAsyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuuluhโ€

Rekomendasi Perlengkapan Shalat

1. Mukena Siti Khadijah Modish Mehtap

Source: Zalora

Mukena Siti Khadijah Modish Mehtap ini memiliki corak renda unik yang terinspirasi dari corak geometri kesenian turki utsmaniyah (Turkish Ottoman). Sebagai salah satu koleksi mukena turkish dari Siti Khadijah, mukena ini begitu menarik untuk dimiliki! Terbuat dari material Khadijah Signature Poplin dengan desain kepala yang klasik. 

Cocok dipakai untuk semua jenis wajah dan terasa aman dengan bantalan karet di dahi yang menahan wajah agar tidak bergerak saat sholat. Serta tidak memberikan efek kesemutan akibat grip. Penggunaan desain renda di kepala sama dengan renda di sekitar mukena yang membuatnya terlihat elegan.

2. Shameera Prayer Set Series 2

Source: Zalora

Mukena eksklusif kolaborasi Lozy x Hamidah ini dibuat dengan model desain terbaru! Mukena ini dilengkapi bagian untuk lengan yang terpisah, sehingga membuat ibadah semakin khusyu. Terbuat dari material jersey yang lembut dan adem menjadikan ibadahmu lebih nyaman.

Selain itu, sudah termasuk tas mini dengan desain yang serupa dengan mukena. Tersedia dalam beberapa pilihan warna cantik yaitu hitam, army, light grey, dark grey, matcha, broken white, dan wheat.

3. Luxury Lace Mukena by Devain Kapoor

Source: Zalora

Mukena koleksi dari Devain Kapoor ini menyuguhkan kemewahan yang elegan. Merupakan karya istimewa yang menggabungkan keanggunan dan kesakralan. Mukena luxury dari Sonayna ini hanya dibuat 1 set saja untuk melambangkan hubungan yang sangat unik dan spesial yang dimiliki setiap individu dengan Allah.

Sulaman, bordir, serta payet dikerjakan dengan sangat teliti menggunakan tangan secara manual (100% hand-embroidered) dan memberi keistimewaan yang tidak ada duanya.

Dengan Mukena ini, ZALORAns tidak hanya beribadah dengan anggun, tetapi juga membawa makna spiritual yang mendalam.

Mukena limited edition premium ini terbuat dari bahan silk dan lace yang dibordir menggunakan kombinasi benang emas, payet, dan benang sutra. Apakah ZALORAns tertarik memilikinya?

4. Broderie Sasmaya by Siti Khadijah

Source: Zalora

Broderie Sasmaya ini merupakan mukena yang melambangkan keindahan dan kesucian. Dengan detail bordiran handmade yang terinspirasi dari daun semanggi dan memiliki nilai estetika. Mukena ini terbuat dari material dari khadijah poplin yang bisa memberikan kenyamanan dalam beribadah. Bahan ini tidak mudah kusut dan tetap ringan.

Dengan desain kepala klasik dengan karet pelapik di bagian dahi dan penyangga dagu yang terbuat dari khadijah comfy flex lycra. Kelebihan dari material ini adalah anti bacterial, sehingga nyaman banget dipakai untuk menemani ibadahmu sehari-hari!

Baca juga : Rekomendasi Sabun Pepaya Ampuh Cerahkan Kulit

Nah, itulah beberapa tata cara mandi wajib setelah haid yang benar menurut syariat Islam yang harus ZALORAns ketahui sebagai wanita muslim.

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang nyaman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama