Tata Cara dan Niat Sholat Qobliyah Subuh

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Shalat Qobliyah Subuh merupakan salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh setiap muslim sebelum melaksanakan shalat Subuh. Shalat sunnah ini terdiri dari dua rakaat dan memiliki keutamaan yang sangat besar. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa dua rakaat shalat sunnah sebelum Subuh lebih baik dari dunia dan seisinya. 

Shalat Qobliyah Subuh dilakukan setelah adzan Subuh berkumandang dan sebelum shalat fardhu Subuh. Waktu yang singkat dan keberkahan yang melimpah dari shalat ini menjadikannya sebagai amalan yang rugi untuk dilewatkan. ZALORA sudah merangkum bacaan niat, tata cara, keutamaan, dan dzikir sholat Qobliyah Subuh yang perlu ZALORAns tahu.

Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Niat Sholat Dhuha, Bacaan, Tata Cara dan Doa Setelah Sholat

Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Usholli sunnatash subhi rok’ataini qobliyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.”

Artinya: “Sengaja aku sholat sunnah Qobliyah Subuh dua rakaat karena Allah taala.”

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Qobliyah Subuh

  1. Membaca niat sholat Qobliyah Subuh.
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca surat Al-Fatihah 
  4. Membaca salah satu surat pendek, dianjurkan membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Al-Ikhlas untuk rakaat kedua.
  5. Rukuk
  6. Iktidal
  7. Sujud pertama
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Berdiri dan mengulang sesuai nomor urutan 2-9.
  11. Duduk tasyahud
  12. Salam

Dzikir Setelah Sholat Qobliyah Subuh

  1. Membaca istighfar 33 kali
  2. Membaca surat Al-Fatihah
  3. Membaca Ayat Kursi
  4. Membaca surat Al-Imran ayat 18

Source: Infinity

“Shahidallaahu annahuu laa ilaaha illaa Huwa walmalaaa’ikatu wa ulul ‘ilmi qooa’imam bilqist; laaa ilaaha illaa Huwal ‘Aziizul Hakiim”

Artinya: Allah mengatakan, bahwasanya tiada Tuhan selain Allah yang berhak untuk disembah, yang menegakan keadilan. Para malaikat serta orang-orang yang berilmu juga menyatakan hal demikian. Tiada Tuhan selain Dia yang berhak untuk disembah, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

  1. Membaca tasbih (Subhanallah), takbir (Allahu Akbar), tahmid (Alhamdulillah), dan tahlil (Lailahaillallah) sebanyak 33 kali
  2. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

Baca juga : Ketahui Syarat Wajib dan Rukun Haji Sesuai Syariat

Doa Setelah Sholat Qobliyah Subuh

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِكَ تَهْدِي بِهَا قَلْبِي وَتَجْمَعُ بِهَا شَمْلِي وَتَلُمُّ بِهَا شَعَثِي وَتَرُدُّ بِهَا أُلْفَتِي وَتُصْلِحُ بِهَا دِينِي وَتَحْفَظُ بِهَا غَائِبِي وَتَرْفَعُ بِهَا شَاهِدَيْ وَتُزَكِّي بِهَا عَمَلِي وَتُبَيِّضُ بِهَا وَجْهِي وَتُلْهِمُنِي بِهَا رُشْدِي وَتَعْصِمُنِي بِهَا مِنْ كُلِّ سُوءٍ اللَّهُمَّ أَعْطِنِي إِيمَانًا صَادِقًا وَيَقِينًا لَيْسَ بَعْدَهُ كُفْرٌ وَرَحْمَةً أَنَالُ بِهَا شَرَفَ كَرَامَتِكَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْفَوْزَ عِنْدَ اللِّقَاءِ وَمَنَازِلَ الشُّهَدَاءِ وَعَيْشَ السُّعَدَاءِ وَالنَّصْرَ عَلَى الأَعْدَاءِ وَمُرَافَقَةَ الأَنْبِيَاءِ

“Allahumma inny asaluka rohmatan min ‘indika tahdiy biha qolbiy, watajma’u biha syamliy, watalummu biha sya’atsi, wa taruddu biha ulfiy, wa taslihu biha diyniy, wa tahfadzu biha ghoibiy, watarfa’u biha syahidiy, watuzakkiy biha ‘amaliy, watubayyidhu biha wajhiy, watulaqqiyniy biha rusydiy, wata’shimuniy biha min kulli suuin.”

Artinya: “Ya Allah. Aku meminta pada-Mu kerahmatan di sisi-Mu yang dapat menunjukkan hatiku, mengumpulkan yang terserak dariku, memperbaiki apa yang kusut padaku mengembalikan padaku kesenanganku, memperbaiki agamaku, menjaga batinku (dari sifat-sifat buruk), mengangkat lahiriahku (dengan amal baik), mensucikan amalku, memutihkan wajahku, mengilhamkan petunjuk padaku, dan menjagaku dari segala kejelekan.”

Surat yang Dianjurkan Dibaca Setelah Shalat Qobliyah Subuh

1. Surat Al-Baqarah ayat 136

Source: Alquranmulia

“Qụlū āmannā billāhi wa mā unzila ilainā wa mā unzila ilā ibrāhīma wa ismā’īla wa is-ḥāqa wa ya’qụba wal-asbāṭi wa mā ụtiya mụsā wa ‘īsā wa mā ụtiyan-nabiyyụna mir rabbihim, lā nufarriqu baina aḥadim min-hum wa naḥnu lahụ muslimụn”

Artinya: Katakanlah hai orang-orang yang mukmin: Kami beriman pada Allah dan apa yang diturunkan pada kami serta apa yang diturunkan pada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Yaqub dan anak cucunya serta apa yang diberikan pada Musa dan Isa dan apa yang diberikan pada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan satu orangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk serta patuh pada-Nya.

2. Surat Al-Imran ayat 64

Source: Alquranmulia

“Qul yā ahlal-kitābi ta’ālau ilā kalimatin sawā`im bainanā wa bainakum allā na’buda illallāha wa lā nusyrika bihī syai`aw wa lā yattakhiża ba’ḍunā ba’ḍan arbābam min dụnillāh, fa in tawallau fa qụlusy-hadụ bi`annā muslimụn”

Artinya: Katakanlah, “Wahai ahli kitab, mari berpegang pada suatu kalimat (ketetapan) yang tak ada perselisihan di antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah serta tidak kita persekutukan Dia dengan suatu apapun dan tidak pula sebagian dari kita menjadikan sebagian yang lainnya sebagai Tuhan selain Allah.” Apabila mereka berpaling, maka katakanlah pada merek, “saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah di pada Allah.”

Keutamaan Shalat Qobliyah Subuh

1. Selamat dari Neraka

Salah satu keutamaannya adalah bahwa shalat ini menjadi tameng yang dapat menyelamatkan seorang hamba dari api neraka. Hal ini berdasarkan hadits yang disebutkan dalam hadits riwayat Muslim berikut ini:

“Siapa pun yang melakukan sholat sebelum matahari terbit dan sholat sebelum terbenamnya tidak akan masuk neraka.” (HR Muslim)

2. Lebih Baik dari Dunia dan Isinya

Dari Aisyah r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat shalat sunnah Fajar lebih baik dari pada dunia beserta segala isinya.” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)

Pernyataan ini menunjukkan betapa besar nilai dan pahala yang terkandung dalam shalat sunnah ini. Meskipun hanya dua rakaat, ganjaran yang didapatkan bagi mereka yang menjalankannya dengan ikhlas sangatlah besar. Melebihi segala harta benda dan kenikmatan yang ada di dunia. 

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Shameera Prayer Set Series 2 by Lozy Hijab

Source: Zalora

Mukena eksklusif kolaborasi Lozy x Hamidah ini merupakan model terbaru yang dilengkapi bagian untuk lengan yang terpisah membuat ibadah semakin khusyu. Terbuat dari material jersey yang lembut dan adem menjadikan ibadahmu lebih nyaman.

2. Mukena Ukhuwah Delisa

Source: Zalora

Koleksi mukena yang satu ini begitu cantik dengan motif bunga bordir dan detail aplikasi renda di bagian tepi mukena yang mempermanis tampilannya. Mukena ini terbuat dari bahan katun premium dengan warna dasar hitam. Bahan ini membuatnya adem dan nyaman digunakan untuk beribadah. Dilengkapi juga dengan tas mukena dengan desain senada. 

Baca juga : Tata Cara Sholat Taubat Nasuha, Doa, Waktu Pelaksanaan Lengkap

Itulah bacaan niat, tata cara, keutamaan, dan dzikir sholat Qobliyah Subuh yang bisa kamu amalkan. Setelah mengetahui keutamaannya, sekarang ZALORAns jangan menyia-nyiakan waktu terbaik melaksanakan shalat Qobliyah Subuh!

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama