Sholawat Nariyah : Bacaan, Terjemahan, dan Manfaatnya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Bersholawat merupakan salah satu bentuk pujian terhadap Nabi Muhammad SAW. Salah satu shalawat yang bisa ZALORAns amalkan adalah Sholawat Nariyah. Shalawat ini disusun oleh Syekh Nariyah.

Tahukah ZALORAns seperti apa bacaannya? Mari simak bacaan, arti, dan manfaat yang akan kamu dapat jika mengamalkan Sholawat Nariyah berikut ini!

Baca juga : Sholawat Jibril Pendek dan Panjang Serta Cara Mengamalkan

Sejarah Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah ini disusun oleh Syekh Nariyah. Siapakah beliau? Beliau adalah salah satu sahabat Nabi yang menekuni bidang ketauhidan. Syekh Nariyah mendoakan Nabi Muhammad SAW. Sehingga, doa-doanya lah yang kini dikenal sebagai Sholawat Nariyah.

Pada suatu malam, Syekh Nariyah membaca shalawatnya sebanyak 4.444 kali. Kemudian, beliau menghampiri Nabi Muhammad SAW di suatu majelis untuk meminta dimasukkan ke surga bersama Rasulullah. Rasulullah pun mengiyakan. Kejadian ini diketahui oleh sahabat Nabi yang lainnya dan meminta didoakan seperti Syekh Nariyah.

Bacaan Sholawat Nariyah

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

“Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau”.

Manfaat dan Hikmah Membaca Sholawat Nariyah

  1. Dapat melancarkan rezeki. 
  2. Terhindar dari segala bentuk kejahatan
  3. Allah akan mengabulkan doamu dengan cepat dan mudah
  4. Dijaga Allah dari musibah, bencana, dan bahaya
  5. Allah akan melepaskan kedukaan, kebimbangan, dan kesusahan
  6. Memudahkan segala urusan, meninggikan kedudukan, membuka pintu kebajikan
  7. Dijauhkan dari bencana setiap waktu dan dari kelaparan serta kefakiran
  8. Dicintai semua manusia

Baca juga : Doa Ketika Turun Hujan Lengkap Beserta Terjemahan

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Humaira Prayer Set

Source: Zalora

Mukena set dari Lozy Hijab ini dibuat dari bahan santorini yang lembut juga terlihat elegan. Desain 2 in 1 dengan penambahan resleting akan mempermudah pemakaian mukena, Mukena ini dapat disesuaikan dengan bentuk wajah (adjustable).

Didesain dengan simple dan polos, membuatnya sangat cocok untuk digunakan beribadah sehari-hari. Tersedia dalam pilihan warna tea rose, matcha, hitam, gold mustard, frappuccino, mauve glow, dan navy. 

2. Kejora Prayer Set in Aqua Green (Lozy x Lesti Kejora)

Source: Zalora

Mukena set motif special kolaborasi Lozy x Lesty ini dibuat dengan bahan rayon yang adem dan lembut. Terdapat resleting di bagian depannya, sehingga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan saat dipakai.

Lengkap dengan mini pouch yang manis dan mudah dibawa kemanapun. Tersedia dalam empat pilihan warna soft yang cantik yaitu aqua green, carnation pink, space grey, dan swiss blue. 

3. Shafira Prayer Set by Lozy Hijab

Source: Zalora

Kalau sebelumnya ZALORA udah kasih rekomendasi mukena polos yang simple, kali ini ada mukena motif yang menarik dari Lozy Hijab! Mukena set motif ini terbuat dari bahan rayon yang ringan dan lembut. Selain itu, tampilannya juga terlihat elegan.

Didesain dengan motif bunga diatas kain bernuansa putih. Dilengkapi juga dengan resleting, sehingga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan saat dipakai. ZALORAns juga akan mendapatkan pouch yang tentunya travel friendly. 

4. Rihla Prayer Set (Mukena Travel) by Lozy Hijab

Source: Zalora

Mukena set yang satu ini sangat cocok untuk daily esensialmu. Dibuat dari bahan yang ringan dan lembut. Mukena ini terbuat dari material parasut yang membuat mukena ini praktis dan ringan.

Dilengkapi juga dengan pouch multifungsi yang tentunya travel friendly yang memudahkanmu beribadah di manapun.

Baca juga : Tata Cara Sholat Taubat Nasuha, Doa, Waktu Pelaksanaan Lengkap

5. Maida Prayer Set by Lozy Hijab

Source: Zalora

Bahan rayon memang enak banget kalau dijadikan mukena ya! Karena bahan rayon dapat membuat kita tetap adem selama beribadah. Mukena ini begitu simple dengan desain polos.

Segera miliki koleksi warna-warna netral dari Maida Prayer Set untuk menemani ibadahmu! Tersedia dalam warna maroon, soft army, dan dusty pink.

6. Shameera Prayer Set Kids Series 2

Source: Zalora

Tak hanya koleksi mukena saja, Lozy Hijab juga punya koleksi mukena untuk anak-anak lho! Seperti koleksi mukena Shameera Set Kids yang satu ini nih! Mukena ini bisa dipakai oleh anak berusia 1-2 tahun. Mukena eksklusif kolaborasi Lozy x Hamidah ini dibuat spesial untuk anak.

Terbuat dari material yang lembut dan adem menjadikan ibadah anak lebih nyaman. Terdapat banyak pilihan warna yang bisa kamu pilih lho! Ada warna hitam, cream, hazelnut, light grey, matcha, smoke, dan soft beige.

7. Shafiya Prayer Set 

Source: Zalora

Mukena set motif special kolaborasi Lozy x Heidy ini terbuat dari bahan rayon dengan motif bunga yang menambah kecantikan mukena saat dipakai.

Dilengkapi juga dengan resleting pada bagian dada, sehingga bisa disesuaikan dengan bentuk wajahmu. Material yang premium ini akan memberikan kenyamanan saat beribadah.

8. Mukena Xavi 2in1 Silk

Source: Zalora

Koleksi mukena dari D’sista ini terbuat dari material silk korea yang dikombinasikan dengan renda yang lembut. Bahan kainnya lembut, ringan, jatuh, dan adem, membuatnya nyaman dipakai.

Pemakaian mukena yang dapat digunakan dengan 2 cara yaitu bisa seperti biasa dan dibuka resletingnya seperti memakai jubah saat menggunakan hijab. Mukena ini membuat wajah terlihat tirus. ZALORAns juga akan mendapatkan tas cantik dengan desain serupa. Mukena ini dibuat dengan simple, sehingga bisa dibawa untuk berpergian.

Baca juga : Bacaan Doa untuk Orang Sakit Agar Lekas Sembuh

Itulah bacaan dan manfaat dari Sholawat Nariyah. Jangan lupa untuk selalu mengamalkan Sholawat Nariyah sehari-hari.

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama