Sholawat Jibril Pendek dan Panjang Serta Cara Mengamalkan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Sholawat Jibril merupakan salah satu bentuk pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Bersholawat sebanyak-banyaknya dapat memberikan banyak keutamaan. Perintah bersholawat ini terdapat dalam surah Al Ahzab ayat 56, berikut bunyinya:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sungguh Allah dan malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Terdapat sholawat Jibril versi pendek dan panjang yang bisa ZALORAns amalkan sehari-hari. Sebelumnya, yuk ketahui terlebih dahulu keutamaan dan cara mengamalkan sholawat Jibril berikut ini!

Baca juga : Doa Sebelum Baca Al-Quran, Adab dan Keutamaannya

Keutamaan Mengamalkan Sholawat Jibril

1. Terbukanya Pintu Rahmat

Mengamalkan sholawat Jibril merupakan salah satu cara yang dapat membukakan pintu rahmat. Sholawat ini memiliki keistimewaan tersendiri karena dipercaya mampu mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan pertolongan-Nya. 

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca shalawat ini (di atas), maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya dan Allah akan menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya.”

2. Memperlancar Rezeki

Sholawat ini mengandung doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW, memohon keberkahan dan kelapangan rezeki dari Allah SWT. Dengan mengucapkan sholawat Jibril, hati menjadi lebih tenang, pikiran lebih positif, dan usaha yang dilakukan terasa lebih ringan.

Keikhlasan dalam mengamalkan sholawat ini membuka pintu-pintu rezeki yang tidak terduga. Mengalirkan keberkahan dalam setiap langkah dan usaha yang kita lakukan. 

Cara Mengamalkan Sholawat Jibril

Cara mengamalkan sholawat Jibril yaitu dengan membacanya 1.000 kali setelah melaksanakan sholat maghrib. Selain itu, juga dapat dibaca setiap hari sebanyak 3.333 kali, atau 7.000 – 10.000 kali, tentunya semakin banyak semakin baik. ZALORAns juga bisa membaca sholawat Jibril semampunya setiap hari. Sehingga, Allah SWT akan melimpahkan banyak kebaikan bagimu.

Setelah mengamalkan sholawat Jibril, sebaiknya dilanjutkan membaca doa dan pelengkap memohon rezeki, dimana bunyi bacaannya sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma a’thinii tsawaaba shollallahu ‘alaa Muhammad an tarzuqonii syai’an asta ‘iinu bihi ‘alath-thoo ‘ah subhaana robbika robbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun wasalaamun ‘alal mursaliin walhamdulillahi robbil ‘aalamiin.

Artinya: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, datangkanlah padaku pahala Sholallahu ‘Alaa Muhammad, berilah rezeki padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam”.

Baca Juga: Bacaan Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Bacaan Sholawat Jibril Pendek

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Bacaan Sholawat Jibril Panjang

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shallallahu ‘Ala Muhammad Shollallahu ‘alaihi wasallam.

Artinya: “Semoga Allah melimpahkan sholawat atas Muhammad, sholawat atas keluarga serta keselamatan atasnya.”

أَنْتَ شَمْسٌ أَنْتَ بَدْرٌ

Anta Syamsun Anta Badrun

Artinya: “Engkau bagai matahari, engkau bagai bulan purnama.”

أَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرِ

Anta nurun fauqo nurin

Artinya: “Engkau cahaya di atas cahaya.”

أَنْتَ إِكْسِيْرٌ وَغَالِي

Anta iksiirun wa ghoolii

Artinya: “Engkau bagaikan emas murni yang mahal harganya.”

أَنْتَ مِصْبَاحُ الصُّدُوْرِ

Anta mishbaahush-shuduuri

Artinya: “Engkaulah pelita hati.”

يَاحَبِيْبِى يَامُحَمَّدْ

Ya habiibii Ya Muhammad

Artinya: “Wahai kekasihku, wahai Muhammad.”

يَاعَرُوْسَ الْخَافِقَيْنِ

Ya ‘Aruusal-khoofiqoini

Artinya: “Wahai pengantin tanah timur dan barat (sedunia).”

يَامُؤَيَّدْ يَامُمَجَّدْ

Ya Mu-ayyad ya Mumajjad

Artinya: “Wahai Nabi yang dikuatkan (dengan wahyu).”

يَاإِمَامَ الْقِبْلَتَيْنِ

Ya Imaamal Qiblataini

Artinya: “Wahai Nabi yang diagungkan, wahai imam dua arah kiblat.”

Baca juga : Niat Sholat Dhuha, Bacaan, Tata Cara dan Doa Setelah Sholat

Rekomendasi Mukena Ternyaman dan Terbaik 

1. Lesti Prayer Set in Rustic Tulip (Lozy x Lesti Kejora)

Source: Zalora

Mukena set motif special kolaborasi Lozy dan Lesty ini dibuat dengan bahan silk yang ringan dan lembut. Tampilan mukena ini terlihat begitu elegan. Terdapat resleting pada bagian dadanya, sehingga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan saat dipakai.

Baik dengan model dengan tudung maupun tanpa tudung. Lengkap dengan mini pouch dan sajadah yang tentunya travel friendly, mudah dibawa kemanapun. Beribadah semakin nyaman dimanapun tanpa ribet!

2. Modish Cendana by Siti Khadijah

Source: Zalora

New Collaboration Siti Khadijah x Dhatu Rembulan yang satu ini sempurna untuk kamu yang suka mukena polos dan simple! Desain mukena ini terinspirasi dari circle geometri seni Turki Uthmaniyah (Turkish Ottoman). Dimana seperti lingkaran rembulan yang didesain dengan sederhana, namun tetap menegaskan keanggunan.

Material yang digunakan adalah Khadijah Signature Poplin yang begitu lembut dan adem saat dikenakan. Bahannya juga mudah kering, ringan, dan tahan lama. Warnanya terlihat seperti baru untuk pemakaian dalam jangka panjang sekalipun. Dilengkapi pula dengan perlindungan UV 20+ dan tidak mudah kusut. Mukena ini mudah dilipat dan dibawa kemana-mana, sehingga memberikan rasa nyaman saat beribadah.

Desain kepala lasik yang cocok untuk semua jenis wajah dan terasa aman dengan bantalan karet di dahi yang menahan wajah agar tidak bergerak saat sholat. Serta, tidak memberikan efek kesemutan akibat grip. Tampilannya semakin dipercantik juga dengan penggunaan desain renda di kepala sama dengan renda di sekitar mukena. Terdapat 5 warna pilihan untukmu yaitu white, black, ash green, ash blue, dan nude pink.

3. Shameera Prayer Set Series 2 by Lozy Hijab

Source: Zalora

Kalau sebelumnya ZALORA udah kasih rekomendasi mukena dari Lozy yang berkolaborasi dengan Lesty, berikutnya ada koleksi Lozy Hijab yang nggak kalah menarik nih! Kali ini, Lozy Hijab berkolaborasi dengan hijabers dan influencer terkenal yaitu Hamidah!

Mukena eksklusif kolaborasi Lozy x Hamidah ini dibuat dengan model terbaru yang dilengkapi dengan bagian untuk lengan yang terpisah. Sehingga, membuat ibadah semakin khusyu. Mukena ini terbuat dari material yang lembut dan adem, menjadikan ibadahmu lebih nyaman!

Baca juga : Rekomendasi Gamis Korean Style Kekinian

Itulah bacaan sholawat Jibril versi pendek dan panjang yang bisa ZALORAns amalkan dimanapun dan kapanpun sebanyak-banyaknya. Setelah mengetahui keutamaan dan cara mengamalkan sholawat Jibril, kini kamu semakin semangat dong mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT!

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama