Penting! Catat Perlengkapan Haji yang Wajib Dibawa

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Menunaikan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim yang mampu secara fisik, mental, dan finansial. Ibadah ini dilaksanakan di Tanah Suci Mekah dengan berbagai rangkaian ibadah yang harus dilaksanakan. 

Apakah ZALORAns akan menunaikan ibadah haji? Perlengkapan apa aja sih yang harus kamu bawa saat ibadah haji? Selain fisik dan mental, ada pula beberapa perlengkapan yang harus ZALORAns persiapkan.

Yuk, simak perlengkapan haji yang wajib kamu bawa berikut ini!

Baca juga : Panduan Baju Ihram Wanita, Seperti Apa?

Perlengkapan Penting Saat Ibadah Haji

1. Pakaian Ihram

Pakaian ihram digunakan saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci nantinya. Untuk pakaian ihram laki-laki berupa dua lembar kain. Sedangkan, bagi wanita adalah pakaian yang mampu menutup aurat seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan.

2. Pakaian Sehari-Hari

Saat pergi haji, tentunya ZALORAns membutuhkan baju ganti yang nyaman. Sebaiknya, bawalah pakaian sehari-hari yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca di Arab Saudi. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang ringan dan mudah menyerap keringat, seperti katun agar tidak terasa panas dan nyaman digunakan sepanjang hari.

Selain itu, bawalah beberapa set pakaian cadangan untuk mengantisipasi situasi yang tak terduga, serta beberapa pasang alas kaki yang nyaman untuk berjalan jauh. Tentunya, pilihlah pakaian yang sopan dan tertutup ya!

3. Dokumen Penting

Untuk melakukan perjalanan ke Tanah Suci, tentunya ZALORAns wajib membawa dokumen-dokumen penting yang diperlukan. Apa aja sih dokumen yang mesti kamu bawa? Dokumen-dokumen seperti paspor yang masih berlaku, visa haji, tiket pesawat, kartu identitas nasional, dan salinan surat-surat penting seperti sertifikat vaksinasi.

Adapun daftar administrasi perjalanan ibadah haji, kartu kesehatan ibadah haji, dokumen bukti istitha’ah, dan gelang haji juga harus kamu bawa. 

Selain itu, disarankan juga untuk membawa fotokopi dari setiap dokumen penting tersebut sebagai cadangan. Simpanlah dokumen-dokumen ini di tempat yang aman dan mudah dijangkau, seperti dalam dompet atau tas yang selalu dibawa. Untuk memudahkan akses dan menghindari risiko kehilangan. 

4. Perlengkapan Mandi dan Obat-Obatan Pribadi

Selain beberapa barang diatas, tak kalah penting untuk membawa perlengkapan mandi dan obat-obatan yang memadai. Perlengkapan mandi seperti sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi, dan handuk wajib kamu bawa.

Selain itu, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi seperti obat untuk sakit kepala, flu, dan diare. Serta, obat-obatan yang diresepkan oleh dokter jika memiliki kondisi kesehatan tertentu. 

Baca juga : Apa Itu Haji Furoda? Ketahui Pengertian dan Biaya

Rekomendasi Gamis Ternyaman dan Elegan

Source: Zalora

Hafsha Abaya Set ini menjadi pilihan sempurna untuk menemani ibadah hajimu. One set koleksi dari Lozy Hijab ini terdiri dari gamis abaya dan hijab terbaru dari Lozy. Gamis ini terbuat dari bahan airflow crinkle yang ringan dan lembut. Tentunya sangat cocok untuk dikenakan di Tanah Suci, karena bahan ini tidak panas dan terasa adem saat dikenakan. Sempurna untuk dipakai seharian di Tanah Suci!

Baca juga : Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji 2024 dengan Mudah

Itulah beberapa perlengkapan haji yang perlu kamu bawa saat berangkat menunaikan ibadah haji. 

Mau cari berbagai koleksi gamis model terbaru yang nyaman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama