Panduan Baju Ihram Wanita, Seperti Apa?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!ย 

Setiap pelaksanaan ibadah haji atau umrah, terdapat ketentuan mengenai pakaian yang dikenakan ketika menjalankan ihram. Pakaian ihram ini berbeda antara laki-laki dan wanita. Busana ihram ini harus dikenakan ketika sampai di miqatnya masing-masing. Untuk pakaian ihram laki-laki yaitu mengenakan kain putih tanpa dijahit.

Di mana, satu kain diselendangkan di bahu untuk menutup bagian dada. Sedangkan, satu kainnya lagi dipakai di bawah yang dipakai untuk menutupi bagian pusar sampai lutut. Lalu, tahukah kamu seperti apa pakaian ihram untuk wanita?ย 

Yuk, simak penjelasan singkat mengenai panduan dan ketentuan baju ihram untuk wanita berikut ini!

Baca Juga : Ketahui Syarat Wajib dan Rukun Haji Sesuai Syariat

Ketentuan Baju Ihram Wanita

Untuk baju ihram wanita adalah menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Hal ini sesuai dengan hadits dari Ibnu Umar yang berbunyi:

ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุงู„ู†ูู‘ุณูŽุงุกูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฅูุญู’ุฑูŽุงู…ู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ู‚ูููŽู‘ุงุฑู ูˆูŽุงู„ุจูŽู‚ูŽุงุจู ูˆูŽู…ูŽุง ู…ูŽุณูŽู‘ ุงู„ู’ูˆูŽุฑู’ุณู ูˆูŽุงู„ุฒูŽู‘ุนู’ููŽุฑูŽุงู†ู ู…ูู†ู’ ุงู„ู‚ููŠูŽุงุจู ูˆูŽู„ู’ุชูŽู„ู’ุจูŽุณู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุญูŽุจูŽู‘ุชู’ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู„ู’ูˆูŽุงู†ู ุงู„ู‚ููŠูŽุงุจู ู…ูุนูŽุตู’ููŽุฑู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุฎูŽุฒู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุญูู„ููŠู‹ู‘ุง ุฃูŽูˆู’ ุณุฑุงูˆูŠู„ ุฃูˆ ู‚ุจูŠุตู‹ุง

Artinya: “Aku mendengar Rasulullah SAW melarang wanita yang sedang ihram memakai sarung tangan, penutup muka, pakaian yang dicelup waras dan ja’faran, ia boleh memakai selain dari itu dari apa yang ia suka dari macam macam pakaian yang dicelup warna kuning atau sutra, atau perhiasan atau celana atau baju.” (HR Ahmad, Tirmidzi, & Abu Dawud)

Syekh Shaleh bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan dalam buku Muslimah Cantik Ibadahnya Benar oleh Syekh Abdul Aziz ibn Baaz menyatakan mengenai larangan berpakaian ihram untuk wanita. Dimana, perempuan yang berihram tidak boleh menggunakan sarung tangan, karena termasuk larangan ihram yang telah disebutkan Nabi SAW dalam haditsnya. Termasuk dengan menutup wajahnya dengan niqab atau burqa juga tidak diperbolehkan. Karena bagian wajah harus terlihat ketika ihram.

Abu Malik Kamal bin Sayyid Salim dalam buku Fiqih Sunnah Wanita menyatakan bahwa wanita yang sedang ihram boleh mengenakan pakaian yang disenanginya. Serta tidak ada syarat khusus mengenai warna pakaian yang dikenakan. Biasanya, warna yang dipilih adalah putih atau hitam. Sebagaimana dalam riwayat Sa’id bin Manshur, “Aisyah pernah mengenakan pakaian yang dicelup dengan warna kuning, sementara ia sedang dalam keadaan ihram.”

Namun demikian, dari Kementerian Haji dan Umrah (Kemenhaj) Arab Saudi merilis panduan baju ihram bagi wanita. Berikut beberapa syarat dan ketentuan pakaian ihram bagi wanita:

  1. Pakaian yang dikenakan lebar dan longgar
  2. Tidak ada aksen ornamen atau dekoratif pada pakaian
  3. Pakaian yang dikenakan dapat menutupi seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan

Baca juga : Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji 2024 dengan Mudah

Rekomendasi Mukena Ternyaman dan Simple

Source: Zalora

Rihla Prayer Set (Mukena Travel) dari koleksi Lozy Hijab ini merupakan mukena set untuk daily esensialmu. Mukena ini terbuat dari bahan yang ringan dan lembut. Material parasut membuat mukena ini praktis dan ringan. Dilengkapi dengan pouch multifungsi yang tentunya travels-friendly.

Sehingga, ZALORAns bisa membawanya kemanapun dan kamu bisa beribadah dengan nyaman dimanapun dengan mudah. Tampilannya yang simple dan polos sempurna untukmu!

Baca juga : Apa Itu Haji Furoda? Ketahui Pengertian dan Biaya

Nah, itulah ketentuan baju ihram untuk wanita yang harus ZALORAns pakai nantinya ketika haji atau umrah.ย 

Mau cari berbagai perlengkapan shalat yang nyaman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama