Niat Tayamum Serta Tata Cara dan Bacaannya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Tayamum merupakan salah satu cara bersuci pengganti wudhu atau mandi. Tayamum menjadi suatu keringanan bagi mereka yang tidak dapat menggunakan air karena beberapa sebab tertentu. Berikut ZALORA telah merangkum syarat, bacaan niat, dan tata cara melakukan tayamum yang perlu kamu ketahui dan pelajari.

Mari simak beberapa hal penting mengenai tayamum lainnya berikut ini!

Baca juga : Pahami 13 Rukun Shalat, Lengkap dan Sesuai Urutan

Dalil Tentang Tayamum

Pertama, terdapat dalil di dalam Surat Al Maidah ayat 6 sebagai berikut:

…وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ… – 6

Artinya: “Jika kamu sakit, dalam perjalanan, kembali dari tempat buang air (kakus), atau menyentuh perempuan, lalu tidak memperoleh air, bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menjadikan bagimu sedikit pun kesulitan,”

Kedua, Sabda Nabi SAW yang diriwayatkan Abu Umamah. Dimana, Rasulullah SAW bersabda: “Bumi beserta isinya dijadikan untukku dan untuk umatku sebagai masjid dan (alat) bersuci. Di mana pun datang waktu shalat, maka (tanah) dapat dijadikan sebagai tempat sujud (shalat) dan bersuci.” (HR Ahmad dalam al-Fath ar-Rabbani, (hal. 187-188)

Sebab-Sebab Tayamum

1. Tidak Ada Air atau Tidak Menemukan Air yang Cukup

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al Maidah ayat 6 di atas, dan Surat An-Nisa ayat 43: “Sedangkan kamu tidak mendapati air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci). Usaplah wajah dan tanganmu (dengan debu itu).”

2. Terluka atau Sakit

Apabila kamu sedang terluka atau sakit, namun bila terkena air malah bisa membuat penyakitmu semakin parah, maka kamu diperbolehkan bertayamum. 

3. Air Sangat Dingin sehingga Kemungkinan Berbahaya

Apabila kamu menemukan air, namun air tersebut begitu dingin dan dikhawatirkan akan membahayakan diri. Serta, kamu juga tidak bisa memanaskannya meskipun sampai meminta bantuan orang lain, maka kamu dibolehkan bertayamum.

4. Air Berada di Dekatnya tapi Khawatir Keselamatan Diri

Saat kamu menemukan air, tetapi terdapat musuh berupa manusia ataupun yang lain, sehingga tidak memungkinkan untuk mengambil air. Serta, kamu mencemaskan keselamatan, kehormatan, hingga harta, maka diperbolehkan bertayamum.

Apabila seseorang dipenjara dan tidak ada alat untuk menimba air, maka diperbolehkan bertayamum.

5. Khawatir Tertimpa Kehausan dan Binasa Apabila Airnya Dipakai Bersuci

Jika kamu membutuhkan air untuk keperluan sehari-hari di masa sekarang dan sebagai simpanan di masa yang akan datang karena khawatir tertimpa kehausan. Maka, kamu boleh tayamum dan menyimpan air yang kamu miliki tersebut.

Baca juga : Penting! Catat Perlengkapan Haji yang Wajib Dibawa

Syarat-Syarat Tayamum

  1. Menggunakan debu atau tanah yang suci dari najis.
  2. Bersuci dari najis terlebih dahulu.
  3. Sudah masuk waktu sholat.
  4. Sudah berusaha mencari air terlebih dahulu.
  5. Tayammum hanya berlaku untuk satu kali sholat fardhu.

Hal yang Membatalkan Tayamum

1. Semua Hal yang Membatalkan Wudhu

Karena tayamum merupakan pengganti wudhu untuk bersuci, maka segala hal yang membatalkan wudhu juga membatalkan tayamum. Seperti, keluar sesuatu dari qubul dan dubur, hilang akal, bersentuhan kulit dengan lawan jenis yang bukan mahram, dan menyentuh kemaluan.

2. Terdapat Air

Apabila kamu sudah bertayamum, namun kamu menemukan air, maka batal tayammum nya. Sehingga kamu wajib berwudhu atau mandi janabah jika akan beribadah.

Bacaan Niat Tayamum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Nawaitut tayammuma lisstibaahatish shalaati fardlol lillaahi ta’aalaa“.

Artinya: Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah ta’ala.

Tata Cara Tayamum

1. Mencari Debu yang Suci

Bertayamum menggunakan debu atau tanah yang bersih dan suci. Hindari debu atau tanah yang sudah digunakan untuk tayamum sebelumnya atau yang terlihat kotor.
 

2. Menghadap Kiblat (Sunnah)

Ketika bertayamum disunnahkan menghadap kiblat. Bacalah basmalah, kemudian letakkan kedua telapak tangan pada debu atau tanah yang suci dengan posisi jari-jari tangan dirapatkan. Setelah itu, meniup debu dari telapak tangan.
 

4. Membaca Niat Tayamum

5. Mengusap Wajah

Usapkan kedua telapak tangan yang telah diletakkan pada debu sebelumnya ke seluruh permukaan wajah, Mulai dari dahi, pipi, hidung, hingga dagu.

6. Mengusap Kedua Tangan Sampai Siku

Berikutnya, usapkan kedua telapak tangan yang masih berdebu tadi ke kedua lengan, mulai dari telapak tangan hingga siku. 

7. Menyapu Sela-Sela Jari 

Pertemukan kedua telapak tangan, lalu usapkan hingga ke sela-sela jari.

8. Tertib 

Sama halnya dengan berwudhu, lakukan tata cara di atas secara tertib atau urut.

9. Membaca Doa Setelah Tayamum

Bacaan Doa Setelah Tayamum

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Asyhadu an laa Ilaaha illalloh wahdahu laa syariika lahu. Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj’alni minat tawwaabiina, waj’alni minal mutatohhirina, waj’alni min ‘ibaadikas sholihiina. Subhanaka allahumma wa bihamdika astagfiruka wa atuubu ilaika.”

Artinya: “Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Maha Suci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu.”

Baca Juga: Niat Shalat Idul Adha, Bacaan dan Tata Cara Lengkap

Rekomendasi Mukena Ternyaman dan Elegan

1. Shameera Prayer Set Series by Lozy Hijab

Source: Zalora

Mukena eksklusif kolaborasi Lozy x Hamidah yang satu ini didesain dengan model terbaru. Dilengkapi bagian untuk lengan yang terpisah, sehingga membuat ibadah semakin khusyu. Terbuat dari material yang lembut dan adem menjadikan ibadahmu lebih nyaman.

Tersedia dalam berbagai warna yaitu hitam, dark grey, light grey, lilac, army, dan matcha. 

2. Flowerina Prayer Set Sage Exclusive Hijaberlin Precious Series

Source: Zalora

Wah, sekali melihat mukena yang satu ini begitu cantik bukan? Mukena koleksi Hijaberlin ini dibuat dari bahan Royal Silk Premium dengan tekstur kain yang ringan, lembut, dan adem. Menariknya, terdapat detail bunga warna-warni pada bagian tepi bawah mukena.

Selain itu, juga terdapat detail renda pada bagian wajah, membuat wajah menjadi tirus. ZALORAns juga akan mendapatkan tas mukena exclusive dengan 2 slot kantong di bagian dalamnya.

Baca juga : Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang Benar Menurut Islam

Itulah syarat, bacaan niat, dan tata cara pelaksanaan tayamum yang perlu dan penting untuk kamu pelajari. 

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama