Niat Mandi Idul Adha, Bacaan dan Tata Caranya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Kurang menghitung hari Idul Adha segera tiba yaitu pada 10 Dzulhijjah. Seluruh umat Muslim akan melaksanakan shalat Idul Adha, baik berjamaah di Masjid maupun shalat sendiri di rumah. Perlu ZALORAns ketahui bahwa sebelum melaksanakan shalat Idul Adha disunnahkan melakukan mandi terlebih dahulu.

Mandi sunnah ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Mandi ini bertujuan untuk membersihkan diri dari najis yang disengaja maupun tidak disengaja. Najis yang tidak disengaja, seperti najis dari laki-laki yang mengeluarkan air mani atau mimpi basah. 

Lalu, tahukah kamu bagaimana niat mandi pada Idul Adha? Berikut ini bacaan niat mandi Idul Adha beserta terjemahannya yang bisa ZALORAns hafalkan! Setelah itu, simak juga tata cara pelaksanaan mandi Idul Adha berikut ini!

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Idul Adha Beserta Artinya

Bacaan Niat Mandi Sebelum Shalat Idul Adha

نويت الغسلة لعيد الأضحى سناتن لله تعالى.

“Nawaitul ghusla li’idil adha sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya: “Aku niat mandi untuk merayakan Idul Adha sebagai sunnah karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Pelaksanaan Mandi Idul Adha

Mandi Idul Adha bisa ZALORAns lakukan sebelum shalat Subuh lho! Pada dasarnya tata cara mandi Idul Adha sama dengan mandi besar pada umumnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada bacaan niatnya. Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara pelaksanaan mandi Idul Adha:

  1. Membaca niat mandi untuk shalat Idul Adha.
  2. Membasahi bagian tubuh sebelah kanan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan ke bagian tubuh sebelah kiri.
  3. Berikutnya, membasahi seluruh tubuh dengan air mengalir, mulai dari kepala hingga kaki.
  4. Bersihkan semua lipatan tubuh, termasuk sela-sela jari tangan, kaki, dan lipatan tubuh lainnya. Pastikan semuanya terkena air.
  5. Lanjutkan seperti mandi biasa dengan membersihkan tubuh secara menyeluruh. Termasuk menyikat gigi, keramas, menggunakan sabun.
  6. Setelah itu, sebaiknya berwudhu terlebih dahulu sebelum keluar kamar mandi.
  7. Keluar dari kamar mandi dengan mendahulukan langkah kaki kanan.

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Mukena Siti Khadijah Flair Cendana

Source: Zalora

Mukena Flair Cendana koleksi dari Siti Khadijah ini merupakan inovasi terbaru dari style Flair. Dimana, mukena ini dibuat dengan mengombinasikan material silk dengan lace. Material flair Siti Khadijah dibuat dengan hand feel terbaik, sehingga menciptakan material yang halus, ringan, dan lembut. Desain renda flair cendana terinspirasi dari Turkish Geometri.

Hadir dengan konsep traveling, sehingga sangat cocok untuk wanita aktif. Mukena ini mudah dibawa kemana saja dan siap untuk digunakan saat aktivitas diluar rumah!

Baca juga : Penting! Catat Perlengkapan Haji yang Wajib Dibawa

Nah, itulah bacaan niat mandi Idul Adha serta tata cara pelaksanaannya. Sebaiknya, ZALORAns melaksanakan mandi Idul Adha sebelum melaksanakan shalat Idul Adha nanti pada 10 Dzulhijjah.

Mau cari berbagai perlengkapan shalat yang nyaman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama