Ketahui Syarat Hewan Kurban Agar Sah Disembelih

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!ย 

Menjelang Idul Adha, banyak hewan kurban yang telah dipersiapkan untuk disembelih nantinya. Itu mengapa Idul Adha disebut juga sebagai Hari Raya Kurban. Tapi, tahukah kamu kalau nggak sembarang hewan bisa dijadikan sebagai hewan kurban lho! Ada beberapa ketentuan yang harus ZALORAns ketahui sebelum memilih hewan kurban.ย 

Apa aja sih ketentuan dan syarat hewan kurban? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga : Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban

Syarat Hewan Kurban

1. Hewan Ternak

Syarat pertama hewan kurban tentunya adalah hewan ternak. Hewan ternak yang dimaksud seperti unta, sapi, kerbau, kambing, dan domba. Adapun kategori Bahimatul Anโ€™am yaitu unta, kambing, dan sapi. Sebagaimana perintah yang terdapat dalam firman Allah SWT Surat Al-Hajj ayat 34 berikut ini:

ูˆูŽู„ููƒูู„ูู‘ ุฃูู…ูŽู‘ุฉู ุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู…ูŽู†ู’ุณูŽูƒู‹ุง ู„ููŠูŽุฐู’ูƒูุฑููˆุง ุงุณู’ู…ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ูŽู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุจูŽู‡ููŠู…ูŽุฉู ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุนูŽุงู…ู

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka”. (QS Al-Hajj: 34)

2. Sudah Mencapai Umur Minimal Hewan Kurban

Hewan ternak yang telah disebutkan pada syarat sebelumnya harus sudah mencapai umur tertentu sesuai dengan syariat. Ketentuan umur hewan kurban sebagai berikut:

  1. Unta minimal berumur 5 tahun dan telah masuk tahun keenam.
  2. Sapi minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ketiga.
  3. Kambing berjenis domba atau biri-biri berumur 1 tahun, atau minimal 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba yang berumur 1 tahun.
  4. Kambing biasa (bukan domba atau biri-biri), maka minimal berumur 1 tahun dan telah masuk tahun kedua.
  5. Sehat dan Tidak Cacat

Syarat hewan kurban berikutnya adalah hewan yang sehat dan tidak cacat. Hal ini sesuai pada hadits Hasan Shahih, riwayat al-Tirmidzi: 1417 dan Abu Dawud: 2420. Di mana, terdapat empat macam hewan yang tidak sah apabila dijadikan hewan kurban, diantaranya sebagai berikut:ย 

  1. Yang (matanya) jelas-jelas buta
  2. Yang (fisiknya) jelas-jelas dalam keadaan sakit
  3. Yang (kakinya) jelas-jelas pincang
  4. Yang (badannya) kurus lagi tak berlemak
  5. Hewan Tidak Memakan Najis

Hindarilah untuk memilih dan menyembelih hewan yang sudah lama terkurung. Sehingga, hewan tersebut memakan kotoran. Jika hewan ternak memakan kotoran, maka hewan tersebut dapat sakit dan malah menyebarkan penyakit.

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Idul Adha Beserta Artinya

Rekomendasi Mukena Ternyaman dan Elegan

Source: Zalora

Shofiya Prayer Robe, koleksi mukena dari Alunicorn terbuat dari bahan armani silk premium yang sangat flowy , ringan, dan adem. Dengan desain yang sangat multifungsi, dimana mukena ini dilengkapi dengan resleting yang bisa ZALORAns jadikan sebagai mukena biasa atau mukena ponco. Mukena ini sudah dilengkapi dengan special pouch yang akan memudahkanmu membawanya kemanapun.

Baca juga : Ketahui Syarat Wajib dan Rukun Haji Sesuai Syariat

Itulah beberapa syarat hewan kurban yang perlu ZALORAns ketahui. Apakah ZALORAns ingin berkurban di Idul Adha tahun ini?

Mau cari berbagai perlengkapan shalat yang nyaman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama