Hujan Tak Reda? Amalkan Doa Agar Hujan Berhenti

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Kadang-kadang, hujan terus-menerus bisa bikin rencana kita berantakan. Mau keluar rumah jadi ribet, acara outdoor bisa batal, atau bahkan cucian nggak kering-kering. Di momen kayak gini, nggak ada salahnya kalau kita berharap hujan cepat berhenti. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah berdoa agar hujan reda. Bukan cuma buat bikin hari jadi lebih cerah, tapi juga biar kita bisa kembali beraktivitas dengan nyaman. 

Berikut ini beberapa doa agar hujan berhenti yang bisa ZALORAns amalkan. Yuk, simak bacaan doa selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Doa Minum Susu 1 Muharram dan Keutamaannya

Doa Agar Hujan Berhenti

1. Tuntunan Doa Agar Hujan Berhenti dari Anas bin Malik

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.” (HR Bukhari Muslim)

2. Tuntunan Doa Ketika Terjadi Hujan Petir

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya: “Maha Suci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.”

Abdullah bin Umar dan ayahnya, Umar bin Al-Khattab r.a. juga meriwayatkan bahwa ketika Nabi SAW akan mendengar suara petir, beliau akan berkata:

اللَّهُمَّ لاَ تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

Allahumma la taqtulna bi-ghadobika, wa-la tuhlikna bi-’adhabika, wa-’afina qabla dhalik

Artinya: “Ya Allah, jangan bunuh kami dengan murka-Mu, dan jangan hancurkan kami dengan hukuman-Mu, dan maafkan kami sebelum itu” (H.R. At-Tirmidzi)

3. Tuntunan Doa Ketika Hujan dan Angin Kencang

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Allaahumma inni as-aluka koirohaa wa khoiro maa fiiha wa khoiro maa ursilat bih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.”

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya,” (HR Muslim).

4. Tuntunan Doa Agar Hujan Berhenti Abu Daud dari Utsman bin Affan ra

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Utsman bin Affan RA, Rasulullah SAW bersabda:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِ

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (HR Abu Daud)

5. Tuntunan Doa Ketika Hujan Sedang

Bacaan doa yang bisa ZALORAns panjatkan ketika terjadi hujan sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shoyyiban nafi’an.”

Artinya: “Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang memberi manfaat.

Jika, ketika turun hujan kamu secara tidak sadar mengeluh, dianjurkan untuk membaca istighfar, sebagaimana firman Allah Swt sebagai berikut:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙيُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙوَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ

“Faqult astaghfirua rabbakum ainnahٗ kan ghaffaranaۙyursil alssamaۤ’ ealaykum midraranaۙwwayumdidkum biaamwal wwabanin wayajeal llakum jannt wwayajeal llakum aanhranaۗ”

Artinya: “ Maka aku berkata (kepada mereka), “ Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh: 10-12)

Baca Juga: Doa Agar Terbebas dari Lilitan Hutang, Amalkan Setiap Hari!

6. Tuntunan Doa agar Hujan Berhenti Nabi Nuh a.s

Doa turun hujan Nabi Nuh ini terdapat dalam Al-Qur`an yaitu dalam Surat Hud ayat 44, berikut bunyi bacaannya:

وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Waqil ya ‘ard ablaei ma’ak waya sama’ ‘aqliei waghid alma’ waqudi al’amr wastawat ealaa aljudii ۖ waqil buedan lilqawm alzaalimin

Artinya: “Dan difirmankan: ‘Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,’ dan air pun disurutkan, perintah pun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: Binasalah orang-orang yang zalim.”

7. Tuntunan Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِةِ

Muthirnaa bi fadh-lillaahi wa rahmatih

Artinya: “Dicurahkannya hujan ini kepada kami atas karunia dan rahmat Allah.” (HR Bukhari, dari Zaid bin Khalid)

Baca juga : Doa Sebelum Belajar, Amalkan Setiap Hari Agar Rajin

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Kejora Prayer Set (Lozy x Lesti Kejora) by Lozy Hijab

Source: Zalora

Mukena set motif special kolaborasi Lozy x Lesty ini dibuat dari bahan rayon yang adem dan lembut. Terdapat resleting pada bagian dada, sehingga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan saat dipakai, baik menggunakan tudung kepala maupun tidak. Lengkap juga dengan mini pouch yang manis untuk memudahkanmu membawanya kemanapun, sehingga ibadah semakin nyaman. 

2. Shanum Prayer Set by Lozy Hijab

Source: Zalora

Mukena set ini pas banget untuk daily esensialmu! Terbuat dari bahan yang ringan, lembut, dan flowy. Material satin silk dengan gradasi warna dan laser cut di setiap sisinya, membuat mukena ini terlihat lebih mewah dan elegan. Dilengkapi juga dengan pouch kecil yang tentunya travel friendly! Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu taupe dan grey.

3. Mukena Siti Khadijah Flair Cendana

Source: Zalora

Flair Cendana merupakan inovasi terbaru dari style Flair yang mengombinasikan material silk dengan lace. Material flair Siti Khadijah dibuat dengan hand feel terbaik, sehingga menciptakan material yang halus, ringan, dan lembut.  Desain renda flair cendana terInspirasi dari Turkish Geometri. 

Hadir dengan konsep traveling yang sangat cocok untuk wanita aktif yang mana mukena bisa mudah dibawa kemana saja dan siap untuk aktifitas di luar rumah. Tersedia beberapa warna cantik yaitu Ice Green, Mahogany Rose, Pearl Blue, dan Black

Baca juga : Bacaan Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Itulah beberapa doa agar hujan berhenti yang bisa ZALORAns amalkan. Namun, perlu diingat bahwa sesungguhnya hujan juga merupakan suatu berkat dari Allah SWT.

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama