Doa Setelah Membaca Surat Al – Waqiah

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Surat Al-Waqi’ah yang merupakan surat ke-56 dalam Al-Qur’an memiliki keutamaan yang istimewa. Menurut beberapa hadis, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa siapa saja yang rutin membaca surat ini, terutama pada malam hari, akan dijauhkan dari kemiskinan. Amalan ini dipercaya dapat membuka pintu rezeki, mendatangkan keberkahan, dan melimpahkan karunia dari Allah SWT. 

Surat ini terdiri dari 96 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah. Dinamakan Al-Waqi’ah yang berarti “Hari Kiamat” karena isi dari surat ini menggambarkan kejadian-kejadian yang akan terjadi pada hari kiamat. Dalam surat ini, Allah SWT menjelaskan tentang ketetapan dan kepastian terjadinya hari kiamat, serta membagi manusia menjadi tiga golongan utama.

Pertama, golongan kanan yang akan mendapatkan kenikmatan surga. Kedua, golongan kiri yang akan menerima azab neraka, serta ketiga, ada golongan orang-orang yang lebih dahulu beriman yang akan mendapatkan derajat tinggi di surga.ย 

Tahukah ZALORAns apa saja keutamaan membaca Surat ini? Kapan saja waktu yang terbaik untuk membaca Surat Al-Waqiah? Bagaimana bunyi bacaan doa setelah membaca Surat Al-Waqiah? Berikut ini mari kita simak penjelasan selengkapnya!

Baca juga : Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Udara, dan Laut Lengkap

Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Waqiah

1. Hadis diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud

 ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆุณู„ู… ูŠูŽู‚ููˆู„ู: “ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุณููˆุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ูˆูŽุงู‚ูุนูŽุฉู ูƒูู„ูŽู‘ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู„ูŽู…ู’ ุชูุตูุจู’ู‡ู ููŽุงู‚ูŽุฉูŒ ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง 

Dari Abdullah ibnu Mas’ud yang mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

โ€œBarang siapa yang membaca surat Al-Waqiโ€™ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanyaโ€

2. Hadis semisal diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud

 ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏูุ› ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ูŽุงู„ูŽ: “ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุณููˆุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ูˆูŽุงู‚ูุนูŽุฉู ูููŠ ูƒูู„ูู‘ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูุŒ ู„ูŽู…ู’ ุชูุตูุจู’ู‡ู ููŽุงู‚ูŽุฉูŒ ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง 

Rasulullah SAW bersabda: 

โ€œBarang siapa membaca surat Al-Waqiah setiap malamnya, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanyaโ€ 

3. Hadis diriwayatkan dari Ibnu Asakir

 ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุณููˆุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ูˆูŽุงู‚ูุนูŽุฉู ูƒูู„ูŽู‘ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูุŒ ู„ูŽู…ู’ ุชูุตูุจู’ู‡ู ููŽุงู‚ูŽุฉูŒ ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง 

โ€œBarang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanyaโ€ (HR. Ibnu Asakir) 

4. Hadis membaca Surat Al Waqiah saat shalat Subuh

Imam Ahmad meriwayatkan dari Jabir ibnu Samurah yang mengatakan bahwa dahulu Rasulullah SAW dalam shalat Subuhnya membaca surat Al-Waqiah dan surat-surat lainnya yang semisal.

Baca juga : Bacaan Doa Sholat Tahajud yang Mustajab, Waktu Terbaik Berdoa!

Keutamaan Membaca Surat Al-Waqiah

1. Perlindungan dari Kemiskinan

Membaca Surah Al-Waqiah membantu dalam menghilangkan kemiskinan. Allah akan melimpahkan rezeki dan keberkahan dalam kehidupan. 

2. Mengetahui Kebesaran Allah

Membaca Surat Al-Waqiah membuat kita menyadari kebesaran Allah SWT. Setiap ayat dalam surat ini menggambarkan keagungan penciptaan-Nya dan ketentuan yang telah ditetapkan-Nya bagi umat manusia. Membaca dan menghayati Surat Al-Waqi’ah dapat memperkuat iman kita dan mengingatkan kita akan pentingnya bersyukur dan bertawakal kepada Allah.

3. Mengetahui lebih banyak tentang Jannah dan Jahannam

Mengetahui lebih banyak tentang Jannah dan Jahannam menjadi salah satu keutamaan dalam membaca surat Al-Waqiah. Surat ini yang sering disebut sebagai surat tentang Hari Kiamat. Menggambarkan dengan jelas perbedaan antara nasib orang-orang yang beriman dan yang tidak beriman. Jannah atau surga, digambarkan sebagai tempat penuh kenikmatan dan kebahagiaan abadi bagi yang taat kepada Allah.

Serta, bagi mereka yang berbuat kebajikan selama hidup di dunia. Sebaliknya, Jahannam atau neraka adalah tempat siksaan yang mengerikan bagi mereka yang mengingkari Allah dan berbuat dosa.ย 

Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุตูู†ู’ ูˆูุฌููˆู’ู‡ูŽู†ูŽุง ุจูุงู’ู„ูŠูŽุณูŽุงุฑู,ูˆูŽู„ุงูŽุชููˆู‡ูู†ูŽู‘ุงุจูุงู’ู„ุงูู‚ู’ุชูŽุงุฑู , ููŽู†ูŽุณู’ุชูŽุฑู’ุฒูู‚ูŽ ุทูŽุงู„ูุจููŠู’ ุฑูุฒู’ู‚ููƒูŽ ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุนู’ุทูููŽ ุดูุฑูŽุงุฑูŽุฎูŽู„ู’ู‚ููƒูŽ ูˆูŽู†ูŽุดู’ุชูŽุบูู„ูŽ ุจูุญูŽู…ู’ุฏู ู…ูŽู†ู’ ุงูŽุนู’ุทูŽุงู†ูŽุงูˆูŽู†ูุจู’ุชูŽู„ูŽู‰ ุจูุฐูŽู…ูู‘ ู…ูŽู†ู’ ู…ูŽู†ูŽุนูŽู†ูŽุงูˆูŽุงูŽู†ู’ุชูŽ ู…ูู†ู’ ูˆูŽุฑูŽุงุกูุฐูŽู„ููƒูŽ ูƒูู„ูู‘ู‡ู ุงูŽู‡ู’ู„ู ุงู’ู„ุนูŽุทูŽุงุกู ูˆูŽุงู’ู„ู…ูŽู†ู’ุนู . ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ูƒูŽู…ูŽุงุตูู†ู’ุชูŽ ูˆูุฌู’ูˆู ู‡ูŽู†ูŽุงุนูŽู†ู ุงู„ุณูู‘ุฌููˆู’ุฏูุงูู„ุงูŽู‘ู„ูŽูƒูŽ ููŽุตูู†ูŽู‘ุงุนูŽู†ู ุงู’ู„ุญุงูŽุฌูŽุฉูุงูู„ุงูŽู‘ุงูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุจูุฌููˆู’ุฏููƒูŽ ูˆูŽูƒูŽุฑูŽู…ููƒูŽ ูˆูŽููŽุถู’ู„ููƒูŽ , ูŠูŽุงุงูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽ (ุซู„ุงุซุงุก) ุงูŽุบู’ู†ูู†ูŽุง ุจูููŽุถู’ู„ููƒูŽ ุนูŽู…ูŽู‘ู†ู’ ุณููˆูŽุงูƒูŽ . ูˆูŽุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุงู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุงูŽู„ูู‡ู ูˆูŽุตูŽุญู’ุจูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ

โ€œAllahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’tho na wa nubtala bi zammi man mana ana wa anta min wara-i zalika kulihi ahlul ‘atho-i wal man-‘i. Allahumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamarrohimin aghninaa bifadhlika amman siwaaka wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallamโ€

Artinya: “Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapapun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

Lalu, lanjutkan dengan membaca doa sebagai berikut:

ุงู„ู‘ู„ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ู‰ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุจูุญูŽู‚ูู‘ ุณููˆู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ูˆูŽุงู‚ูุนูŽุฉู ูˆูŽุฃูŽุณู’ุฑูŽุงุฑูู‡ูŽุง ุฃู†ู’ ุชููŠูŽุณูู‘ุฑูŽู„ููŠู’ ุฑูุฒู’ู‚ููŠ ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูŽุณูŽู‘ุฑู’ุชูŽู‡ู ู„ููƒูŽุซููŠู’ุฑู ู…ูู† ุฎูŽู„ู’ู‚ููƒูŽ ูŠูŽุง ุฃู„ู„ู‡ ูŠูŽุง ุฑูŽุจูŽู‘ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ

โ€œAllahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal ‘aalamiinโ€

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Waqiah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezeki ku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk-Mu, ya Allah, ya robbal ‘alamin.”

Baca juga : Hujan Tak Reda? Amalkan Doa Agar Hujan Berhenti

Rekomendasi Mukena Ternyaman dan Menarik

1. Rabbani – Mukena Dewasa Sabiya

Source: Zalora

Mukena dengan karakter kain tebal melangsai ini tetap terasa dingin ketika dikenakan. Sehingga, begitu nyaman dipakai untuk menemani ibadahmu setiap hari. Terdapat pita mati di bagian dada yang diberi aksen mutiara dibagian ujungnya.

Mukena ini juga dilengkapi dengan tas pocket yang memudahkanmu membawanya kemanapun. Cocok juga dikenakan sebagai mukena daily dirumah. Beribadah tetap nyaman dengan desain yang simple dari mukena casual Rabbani! Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan beige.

Baca juga : Bacaan Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Itulah waktu terbaik, keutamaan, dan doa setelah membaca Surat Al-Waqiah yang perlu ZALORAns ketahui untuk lebih semangat dalam mengamalkannya.ย 

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama