Doa Sebelum dan Setelah Mengaji, Bagaimana Adabnya?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Mengaji merupakan salah satu ibadah yang bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun. Membaca Al-Quran dan memahami apa isi kandungannya bisa membuat hati tenang dan lebih mengerti tentang kehidupan di dunia dan akhirat semestinya. 

Dalam mengaji terdapat beberapa adab yang seharusnya kamu lakukan. Ada pula doa sebelum dan setelah mengaji yang bisa ZALORAns amalkan. Seperti apa bacaannya? Mari simak penjelasan selengkapnya mengenai bacaan doa sebelum dan setelah mengaji, serta adab mengaji yang perlu kamu ketahui berikut ini!

Baca juga : Tata Cara Sholat Taubat Nasuha, Doa, Waktu Pelaksanaan Lengkap

Bacaan Doa Sebelum Mengaji

ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงูู’ุชูŽุญู’ ู„ูŽู†ูŽุง ุญููƒู’ู…ูŽุชูŽูƒูŽ ูˆูŽุงู†ู’ุดูุฑู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฑูŽุญู’ู…ูŽุชูŽูƒูŽ ูŠูŽุง ุฐูŽุง ุงู„ุฌูŽู„ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ุฅููƒู’ุฑูŽุงู…ู

โ€œAllรขhummaftah lanรข wansyur โ€˜alainรข rahmataka yรข dzal jalรขli wal ikrรขm.โ€

Artinya: โ€œYa Allah bukakanlah untukku hikmah-Mu, bentangkanlah untukku rahmat-Mu, dan ingatkanlah apa yang aku lupa. Wahai Dzat Maha Agung dan Maha Mulia.โ€

Bacaan Doa Setelah Mengaji

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ููŠ ุจูุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู‡ู ู„ููŠ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง ูˆูŽู†ููˆุฑู‹ุง ูˆูŽู‡ูุฏู‹ู‰ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู‹ุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฐูŽูƒูู‘ุฑู’ู†ููŠ ู…ูู†ู’ู‡ู ู…ูŽุง ู†ูุณูู‘ูŠุชู ูˆูŽุนูŽู„ูู‘ู…ู’ู†ููŠ ู…ูู†ู’ู‡ู ู…ูŽุง ุฌูŽู‡ูู„ู’ุชู ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ููŠ ุชูู„ูŽุงูˆูŽุชูŽู‡ู ุขู†ูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ู ูˆูŽุฃูŽุทู’ุฑูŽุงููŽ ุงู„ู†ูŽู‘ู‡ูŽุงุฑู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู‡ู ู„ููŠ ุญูุฌูŽู‘ุฉู‹ ูŠูŽุง ุฑูŽุจูŽู‘ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ

โ€œAllahummarhamni bilquran. Wajโ€™alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa โ€˜allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili waโ€™atrofannahaar wajโ€™alhu li hujatan ya rabbal โ€˜alamin.โ€

Artinya: โ€œYa Allah, rahmatilah aku dengan Al Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan semestaโ€

Adab Membaca Al-Quran

1. Bersuci Sebelum Menyentuh dan Membaca Al-Quran

Sebelum menyentuh dan membaca Al-Quran harus dalam keadaan suci. Oleh karena itu, kita harus berwudhu sebelumnya. Hal ini sesuai dengan bunyi surat Al-Waqiah ayat 79 yang menegaskan bahwa hanya hamba Allah yang disucikan yang layak menyentuh kitab suci.

2. Membaca Istiโ€™adzah Sebelum Membaca Al-Quran

Sebelum membaca Al-Quran, bacaan Istiโ€™adzah atau Taโ€™awudz untuk meminta perlindungan dari gangguan syaitan. Hal ini sesuai dengan yang terkandung dalam surat An-Nahl ayat 98.

3. Membaca Basmalah Sebelum Membaca Al-Quran

Sebagaimana diriwayatkan oleh Anas bin Malik yang menyatakan kebiasaan Nabi SAW yang membaca basmalah sebelum membaca Al-Quran. Sehingga, membaca basmalah menjadi sunnah yang bisa kamu amalkan sebelum mengaji.

4. Membaca Al-Quran dengan Tartil

Ketika membaca Al-Quran tentunya bukan hanya sekedar membaca saja, namun kita juga harus khusyu dan memahaminya. Bacalah Al-Quran secara tartil, yaitu membaca dengan jelas dan perlahan. Sebagaimana dalam surat Al-Muzzamil ayat 4.

5. Memanjangkan Bacaan

Dalam membaca Al-Quran terdapat tata cara dan hukum dalam membacanya, sesuai dengan tajwid. Memanjangkan bacaan sesuai dengan tajwid yang benar agar tidak merubah arti bacaan.

6. Berhenti Membaca Al-Quran Ketika Mengantuk

Salah satu adab membaca Al-Quran adalah menghentikan bacaan saat merasa mengantuk. Hal ini untuk menjaga kekhusyukan dan konsentrasi dalam membaca Al-Qur’an. Sehingga, pembaca dapat memahami dan memahami makna ayat-ayatnya dengan lebih baik. 

Selain itu, membaca dalam kondisi yang kurang optimal dapat mengurangi kualitas ibadah dan pemahaman terhadap ayat-ayat suci. ZALORAns bisa beristirahat sejenak dan melanjutkan bacaan ketika merasa lebih segar dan siap.

7. Mengamalkan Al-Quran

Mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan merupakan bentuk dalam memahami isi dalam Al-Quran sepenuhnya. Setiap ayat yang dibaca dan dipahami seharusnya menjadi panduan untuk perilaku yang lebih baik. Membentuk akhlak yang mulia dan menjalankan perintah, serta menjauhi larangan-Nya. 

Membaca Al-Qur’an bukan sekadar ibadah saja, tetapi sebagai upaya untuk menyelaraskan diri dengan petunjuk Allah SWT dan menerapkannya dalam setiap aspek kehidupan.

8. Diperbolehkan Membaca Al-Quran Sambil Berdiri, Berjalan, dan Berkendara

Meskipun sebaiknya membaca Al-Quran dengan posisi duduk yang tenang dan khusyuk. Namun, Allah SWT  memperbolehkan untuk membaca Al-Quran di segala kondisi. Seperti, membaca Al-Quran sambil berdiri, berjalan, atau bahkan saat berkendara. Hal ini sesuai dengan yang tertera dalam surat Ali Imran ayat 191.

Baca juga: Doa Akhir Tahun Baru Islam dan Artinya

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Mukena Tareem Long by Zaylila

Source: ZALORA

Mukena Tareem Long bernuansa solid tone dari koleksi Zaylila ini dibuat dari bahan katun sutra yang nyaman. Dilengkapi dengan 1 kantong depan dan detail tali ikat pada bagian kepala.

Selain itu, kamu akan mendapatkan tas dengan warna senada. Tersedia dalam warna fushia, dusty pink, hijau botol, light blue, burgundy, grey, navy, green gold, turkish, dan army green.

2. Al-Jabari Mukena Renda Dasi Tas Bahan Katun Microtex Premium

Source: ZALORA

Mukena yang satu ini terbuat dari bahan katun mikro premium. Bahan ini begitu ringan, tidak menerawang, tidak kaku, dan tidak mudah kusut. Didesain dengan detail renda full dibagian bawah mukena dan wajah.

Dilengkapi dengan tali yang bisa disesuaikan dengan wajah masing-masing. Buat roknya, didesain tanpa renda. Selain itu, juga terdapat renda zipper yang menambah kesan elegan dan menjadi daya tarik dari mukena ini.

3. Modish Ambar by Siti Khadijah

Source: ZALORA

Mukena Siti Khadijah Modish Ambar mempunyai corak Bunga Tanjung yang unik hasil inspirasi ragam hias pada manuskrip Melayu. Detail rendanya yang lebar dan lebih tebal dibandingkan dengan koleksi White Label.

Focus pada teknik sulaman dan pilihan warna baru berbeda dengan koleksi White Label. Desain ini mengusung kombinasi antara kelopak desain bulat dan lonjong, bunga ini berbau wangi.

Mukena ini terbuat dari bahan Khadijah Signature Poplin. Dengan desain kepala klasik yang cocok untuk semua jenis wajah dan terasa aman dengan bantalan karet di dahi. Untuk menahan wajah agar tidak bergerak saat sholat (gerakan) dan tidak memberikan efek kesemutan akibat grip. Penggunaan desain renda di kepala sama dengan renda di sekitar mukena.

4. Lesti Prayer Set in White Lily (Lozy x Lesti Kejora)

Source: ZALORA

Mukena set motif special kolaborasi Lozy dengan Lesty ini dibuat dari bahan silk yang ringan dan lembut. Selain itu, mukena ini juga terlihat elegan. Terdapat resleting pada bagian depannya, sehingga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan saat dipakai. Lengkap dengan mini pouch dan sajadah yang tentunya travel friendly. 

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Terjemahan, dan Tata Caranya

Nah, itulah bacaan doa sebelum dan setelah mengaji, serta adab membaca Al-Quran yang perlu kamu ketahui untuk diamalkan.

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama