Doa Sebelum Belajar, Amalkan Setiap Hari Agar Rajin

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Dalam belajar memerlukan konsentrasi penuh untuk dapat memahami materi yang sedang dibaca. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan lancar dalam belajar, ZALORAns harus mengamalkan doa sebelum maupun sesudah belajar.

Apakah ZALORAns sudah mengetahui doa sebelum dan sesudah belajar? Kalau belum, yuk simak bacaan doanya berikut ini! Selain itu, ada beberapa adab yang baik dalam belajar yang perlu kamu ketahui.

Baca juga : Niat Sholat Dhuha, Bacaan, Tata Cara dan Doa Setelah Sholat

Doa Sebelum Belajar

ุฑูŽุถูุชู ุจูุงุงู„ู„ู‡ู ุฑูŽุจูŽุง ูˆูŽุจูุงู„ู’ุงูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุฏููŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽุจูู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ู†ูŽุจููŠูŽุง ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ุงูŽ ุฑูŽุจูู‘ ุฒูุฏู’ ู†ููŠู’ ุนูู„ู’ู…ู‹ู€ุงูˆูŽุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูู€ูŠู’ ููŽู‡ู’ู…ู‹ู€ุง

โ€œRodhitu billahirobba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warosula. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaaโ€

Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

ุฑูŽุจูู‘ ุฒูุฏู’ู†ููŠ ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ููŠู’ ููŽู‡ู’ู…ู‹ุง ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ููŠู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงู„ูุญููŠู’ู†ูŽ

โ€œRobbi zidnii ‘ilma warzuqni fahma, waj’alnii minash-shoolihiinโ€

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”

Doa Sesudah Belajar

ุงูŽู„ู„ู‘ ู‡ูู…ูŽู‘ ุงูู†ูู‘ู‰ ุงูุณู’ุชูŽูˆู’ุฏูุนููƒูŽ ู…ูŽุงุนูŽู„ูŽู‘ู…ู’ุชูŽู†ููŠู’ู‡ู ููŽุงุฑู’ุฏูุฏู’ู‡ู ุงูู„ูŽู‰ูŽู‘ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุญูŽุงุฌูŽุชูู‰ู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู†ู’ุณูŽู†ููŠู’ู‡ู ูŠูŽุงุฑูŽุจูŽู‘ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ

โ€œAllaahumma inni istaudi’uka maa ‘allamtanihi fardud-hu ilayya ‘inda haajati wa la tansanihi ya robbal ‘alamiinโ€


Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

ุงูŽู„ู„ู‘ ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽู‚ูŽู‘ ุญูŽู‚ู‹ู‘ุง ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุชูู‘ู€ุจูŽุงุนูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ูŽ ุจูŽุงุทูู„ุงู‹ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุฌู’ุชูู†ูŽุงุจูŽู‡ู

โ€œAllahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa’ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahuโ€

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”

ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ุงู†ู’ููŽุนู’ู†ูŽุง ุจูู…ูŽุงุนูŽู„ูŽู…ู’ุชูŽู†ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ ูŠูŽู†ู’ููŽุนูู†ูŽุง ูˆูŽุฒูุฏู’ู†ูŽุง ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุญูŽุงู„ู

โ€œRabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihalโ€

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Baca juga : Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami

Adab Belajar yang Baik

1. Niat Belajar Sungguh-Sungguh

Tentunya dalam belajar yang terpenting adalah niatnya. ZALORAns harus dengan ikhlas dan semangat untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Sehingga, nantinya ilmu yang didapat lebih optimal dan bisa menghasilkan yang terbaik.

2. Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Setelah ada keinginan dan niat untuk belajar, jangan lupa mengiringinya dengan doa. Sebelum belajar, ZALORAns bisa mengamalkan doa dalam memulai kegiatan belajar. Begitu pula setelah mengakhiri kegiatan belajar, tutuplah dengan membaca doa.

Agar ilmu yang kamu dapatkan barokah dan hasilnya juga lebih maksimal.

3. Fokus dan Berkonsentrasi

Fokus membantu kita untuk menjaga perhatian pada materi yang sedang dipelajari, menghindari gangguan yang bisa mengalihkan perhatian kita. Kalau kita berkonsentrasi dalam belajar, maka kita dapat menyerap informasi dengan lebih efektif dan optimal.

Ketika kita dapat memusatkan pikiran sepenuhnya pada apa yang dipelajari, pemahaman dan ingatan kita terhadap materi tersebut akan meningkat. Oleh karena itu, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dapat sangat membantu dalam menjaga fokus dan konsentrasi selama belajar.

Rekomendasi Mukena Ternyaman dan Terbaik

1. Mukena Dewasa 2 In 1 Bahan Katun Premium by Al-Jabari

Source: Zalora

Mukena premium koleksi dari Al-Jabari ini terbuat dari bahan katun mikro premium. Bahan ini ringan, tidak menerawang, tidak kaku, dan tidak mudah kusut. Didesain dengan detail full renda dibagian bawah mukena dan wajah untuk menambah kesan elegan dan mewah. Dilengkapi pula dengan detail tali yang dapat disesuaikan dengan wajah masing-masing saat dikenakan.

Terdapat renda zipper yang menambah kesan elegan pada mukena yang satu ini. Tali ikat di bagian kepala yang bisa disesuaikan dengan ukuran masing-masing pemakaian, membuatnya nyaman saat dipakai.

2. Mukena Siti Khadijah Broderie Ratnaย 

Source: Zalora

Mukena Siti Khadijah Broderie Ratna terbuat dari Khadijah Signature Poplin yang memberikan daya tahan, anti kerut, ringan, dan memiliki sensasi dingin. Dihiasi cantik dengan detail bordir berupa motif bunga tanjung melayu di seluruh bagian atas mukena dan bordir engkol di tepi yang unik pada bagian roknya. Mukena ini juga memiliki Khadijah Net Tulle pada desain wajahnya, sejenis renda yang diperkuat untuk memberikan detail tambahan dan juga tahan lama.

Selain itu, mukena ini juga memiliki penutup dagu yang terbuat dari Khadijah Comfy Flex untuk mengurangi bau tidak sedap dengan karakteristik antibakteri dan sifat yang cepat kering.

3. Rabbani – Mukena Dewasa Sabiya

Source: Zalora

Koleksi mukena dari Rabbani ini memiliki karakter kain tebal melangsai, namun tetap dingin. Terdapat pita mati di bagian dada yang diberi aksen mutiara dibagian ujungnya. Dilengkapi juga dengan pocket tas yang memudahkanmu membawanya kemanapun, sehingga ZALORAns bisa beribadah dengan nyaman dimana saja.

Mukena ini cocok dikenakan sebagai mukena daily dirumah maupun mukena untuk travelling. Beribadah tetap nyaman dengan desain yang simple dari mukena casual Rabbani.

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Terjemahan, dan Tata Caranya

4. Shameera Prayer Set Series 2

Source: Zalora

Mukena eksklusif kolaborasi Lozy x Hamidah ini didesain dengan model terbaru. Dilengkapi bagian untuk lengan yang terpisah membuat ibadah semakin khusyu. Terbuat dari material jersey yang lembut dan adem menjadikan ibadahmu lebih nyaman.

Tersedia dalam berbagai pilihan warna yaitu hitam, dark grey, light grey, lilac, army, broken white, matcha, dan wheat.

5. Capsule Prayer Robe by Buttonscarves

Source: Zalora

Salah satu koleksi mukena dari Buttonscarves ini dibuat dengan resleting di bawah area dagu. Mukena ini terbuat dari bahan nilon dan menawarkan desain yang fleksibel, sehingga dapat ditata sebagai mukena shalat biasa dan ponco yang trendy.ย 

Dilengkapi pula dengan resleting di bawah dagu untuk menyesuaikan ukuran dan style saat digunakan. Teman perjalanan yang sempurna,mukena sholat ini dikemas rapi dalam tas kecil yang praktis, cocok untuk ZALORAns yang sedang bepergian!

Baca juga : Bacaan Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Nah, itulah bacaan doa sebelum dan sesudah belajar dan adab dalam belajar. Dengan rajin belajar, maka hidup akan lebih bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama

One thought on “Doa Sebelum Belajar, Amalkan Setiap Hari Agar Rajin

Comments are closed.