Doa Ketika Turun Hujan Lengkap Beserta Terjemahan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Hujan turun membawa berkah bagi setiap makhluk hidup yang merasakan sentuhannya. Butir-butir air yang jatuh dari langit seolah menjadi anugerah dari alam, menyuburkan tanah, mengisi kembali sungai dan danau. Serta, memberikan kehidupan bagi flora dan fauna. Tumbuhan yang sebelumnya layu kini kembali segar, hewan-hewan yang kehausan akhirnya menemukan sumber air yang melimpah. 

Bagi manusia, hujan membawa harapan baru, mencuci bersih udara yang tercemar dan menyuburkan lahan pertanian yang menjadi sumber pangan utama. Hujan adalah berkat yang menyatukan semua makhluk dalam siklus kehidupan yang saling tergantung satu sama lain. Apa yang harus kamu lakukan ketika turun hujan? 

Untuk umat muslim, kamu bisa mengamalkan doa ketika turun hujan. Berikut ini beberapa bacaan doa yang bisa ZALORAns amalkan ketika melihat hujan turun. Simak seperti apa bacaan doa selengkapnya di bawah ini!

Baca juga : Doa Akhir Tahun Baru Islam dan Artinya

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽูŠูู‘ุจู‹ุง ู†ูŽุงููุนู‹ุง

โ€œAllรขhumma shayyiban nรขfi’an.โ€

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat.” (H.R. Bukhari)

Selain itu, terdapat doa lain yang dapat kamu baca. Berikut ini bacaan doa yang bisa kamu baca setelah melaksanakan shalat Istisqa’:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุณูู‚ู’ูŠูŽุง ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉูุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุณูู‚ู’ูŠูŽุง ุนูŽุฐูŽุงุจูุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุจูŽู„ูŽุงุกูุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ู‡ูŽุฏูŽู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ุบูŽุฑูŽุฉู. ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุธูู‘ุฑูŽุงุจู ูˆูŽู…ูŽู†ูŽุงุจูุชู ุงู„ุดูŽู‘ุฌูŽุฑู. ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุญูŽูˆูŽุงู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง.

โ€œAllaahumma suqyaa rahmatin, wa laa suqya adzaabin, wa laa balaa’in, wa laa hadamin wa la gharaqin. Allaahumma ‘alazh- zhiraabi wa manaabitisy-syajari. Allaahumma hawaalaina wa laa ‘alainaa.โ€

Artinya: “Ya Allah, semoga ini adalah hujan rahmat, bukan hujan adzab, bukan hujan bala (musibah), bukan hujan yang menghancurkan, bukan hujan yang menenggelamkan. Ya Allah, alihkanlah hujan kepada bukit-bukit dan tempat-tempat tumbuhnya pohon. Ya Allah, jadikanlah hujan ini sebagai nikmat bagi kami, bukan sebagai siksa atas kami.”

Bacaan Doa Ketika Hujan Lebat

Ketika kamu melihat hujan lebat turun, ZALORAns bisa mengamalkan doa berikut ini:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุญูŽูˆูŽุงู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุขูƒูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูุจูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ู’ุขุฌูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ุธูู‘ุฑูŽุงุจู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุฏููŠูŽู‘ุฉู ูˆูŽู…ูŽู†ูŽุงุจูุชู ุงู„ุดูŽู‘ุฌูŽุฑู.

โ€œAllaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allaahumma ‘alal aakaami wal jibaali wal aajaami wazh-zhiraabi wal audiyati wa manaabitisy-syajari.โ€

Artinya: Ya Allah, jadikanlah hujan ini sebagai nikmat bagi kami, bukan sebagai siksa atas kami.Ya Allah, berikanlah hujan ke dataran tinggi, gunung, ngarai, anak bukit, lembah dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.

Bacaan Doa Ketika Hujan Disertai Angin Kencang

ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠู’ ุฃูŽุณู’ุฆูŽู„ููƒูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูŽุง ูููŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑูŽู…ูŽุง ุงูุฑู’ุณูู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ูˆูŽุงูŽุนููˆู’ุฐูุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ู‡ูŽุง ูˆูŽุดูŽุฑูู‘ู…ูŽุง ูููŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุดูŽุฑูู‘ู…ูŽุง ุงูุฑู’ุณูู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู

โ€œAllaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihโ€

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya,”

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Terjemahan, dan Tata Caranya

Bacaan Doa Ketika Hujan Disertai Petir

Saat melihat petir dianjurkan untuk membaca doa, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini artinya:

“Mahasuci Zat, yang petir selalu membaca tasbih dengan memuji-Nya dan juga para malaikat pun bertasbih memuji-Nya karena takut kepada-Nya”. Kemudian ia berkata, ‘Sesungguhnya ini adalah peringatan yang sangat keras dari Allah kepada para penghuni bumi, yaitu ancaman turunnya petir, banjir, dan sebagainya. Doa ini dikutip dari surah Ar-Ra’d ayat 13″. (HR Malik)

Oleh karena itu, ketika hujan disertai petir, ZALORAns bisa membaca doa berikut ini sebanyak tiga kali:

ุณูุจู’ุญุงู†ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐูŠ ูŠูุณูŽุจูู‘ุญู ุงู„ุฑูŽู‘ุนู’ุฏู ุจูุญูŽู…ู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุงู„ู…ูŽู„ุงุฆููƒูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฎููŠููŽุชูู‡ู

โ€œSubhaanal ladzii yusabbihur ra’du bihamdihii wal malaa-ikatu min khiifatih.โ€

Artinya: “Maha Suci Allah, Yang petir bertasbih dengan memuji kepada-Nya, dan para malaikat takut kepada-Nya.”

Bacaan Doa Ketika Hujan Reda

ู…ูุทูุฑู’ู†ูŽุง ุจูููŽุถู’ู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุชูู‡ู

โ€œMuthirnaa bifadhlillaahi wa rahmatihi.โ€

Artinya: “Kami telah diberi hujan karunia dan rahmat Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Bacaan Doa Agar Hujan Berhenti

Hujan merupakan suatu berkah bagi makhluk hidup. Namun, terkadang kita mengharapkan untuk hujan berhenti. ZALORAns bisa mengamalkan doa yang satu ini jika ingin agar hujan berhenti:ย 

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุญูŽูˆูŽุงู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽูƒูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ุทูุฑูŽุงุจู ูˆูŽุจูุทููˆู†ู ุงู„ุฃูŽูˆู’ุฏููŠูŽุฉู ูˆูŽู…ูŽู†ูŽุงุจูุชู ุงู„ุดูŽู‘ุฌูŽุฑู

โ€œAllaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allaahumma ‘alal aakaami wazh-zhiraabi, wa buthuunil audiyati wa manaabitisy syajar.โ€

Artinya: “Ya Allah, hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah, berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit dasar lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Bacaan Doa Agar Hujan Dialihkan Ke Tempat Lain

Terkadang kita sedang ada acara di suatu tempat dan berharap untuk tidak hujan agar acaramu bisa berjalan dengan lancar. Misalnya, ketika acara pernikahan outdoor. Oleh karena itu, kamu bisa mengamalkan doa berikut ini agar hujan dialihkan ke tempat lain: 

ุงู„ู„ู‡ูู… ุญูŽูˆูŽ ุงู„ู‡ู†ุง ูˆู„ุง ุนู„ูŠู†ุง ุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุขู‚ูŽุงุกู ูˆูŽ ุงู„ู‚ูุฑูŽุงุจูุŒ ูˆูŽุจูุทููˆู†ู ุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุฏููŠูŽุฉู ูˆูŽ ู…ูŽู†ูŽุงุจูุชู ุงู„ุดูŽู‘ุฌูŽุฑู

โ€œAllahumma hawรคlaina wala ‘alaina, allahumma ‘alal รขkฤmi wazhzhirabi, wa buthรปnil audiyati wa manabitisy syajari.โ€

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi. beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan”. (HR. Bukhari dan Muslim). 

Baca juga : Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Udara, dan Laut Lengkap

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Kami Kimayya Adult Prayer Set

Source: Zalora

Mukena ini terbuat dari bahan poly rayon yaitu pencampuran bahan polyester dan rayon. Sehingga, membuat mukena ini nyaman dan terasa sejuk saat digunakan. Didesain dengan tepian yang dijahit rapi dan motifnya yang mempercantik tampilannya.

Menggunakan tali kepala ikat yang dapat menyesuaikan dengan ukuran kepala serta bahan elastis di dagu. Bahan poly rayon ini begitu ringan. ZALORAns akan mendapatkan pouch elegan yang mudah dibawa kemanapun.

2. EPC Mukena Luxury Silk

Source: Zalora

Mukena berbahan Armani Silk Premium ini bikin nyaman deh! Kainnya adem, halus, dan super lembut ketika dikenakan. Selain itu, ringan banget saat dipakai dan flowy, jadi nggak kaku sama sekali. Dilengkapi dengan detail zipper di bagian dagu yang bikin makin praktis saat dipakai. Jahitan dan polanya juga rapi banget, sesuai dengan standard EPC yang premium. Pas banget buat ZALORAns yang cari mukena dengan kualitas top dan desain yang keren!

Itulah beberapa bacaan doa agar yang bisa kamu baca ketika turun hujan. Kita harus bersyukur ketika Allah SWT menurunkan hujan, karena hujan merupakan salah satu berkah dan rezeki yang bermanfaat bagi semua makhluk-Nya.

Baca juga : Doa dan Adab Masuk Keluar Masjid, Apa Keutamaannya?

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama