Doa dan Adab Masuk Keluar Masjid, Apa Keutamaannya?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Shalat di masjid adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah sekaligus berkumpul dengan sesama muslim. Saat kita shalat di masjid, kita bisa merasakan suasana yang tenang dan khusyuk, yang membantu kita lebih fokus dalam beribadah. Shalat berjamaah di masjid juga memiliki keutamaan khusus yaitu pahalanya lebih besar dibandingkan dengan shalat sendirian. Selain itu, shalat di masjid memberi kita kesempatan untuk bertemu dan berdoa bersama orang lain. Sehingga, semakin mempererat hubungan kita dengan sesama.

Saat berada di dalam masjid tentunya ada beberapa adab yang sebaiknya dilakukan. Ada pula doa masuk dan keluar masjid yang bisa ZALORAns amalkan. Simak doa masuk dan keluar masjid, serta adab di dalam masjid yang perlu kamu ketahui berikut ini!

Baca juga : Tata Cara dan Niat Sholat Qobliyah Subuh

Bacaan Doa Masuk Masjid

1. Doa Masuk Masjid Versi Pendek

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงูู’ุชูŽุญู’ ู„ูŠ ุฃุจู’ูˆูŽุงุจูŽ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ

โ€œAllahummaftha lii abwaaba rahmatika.โ€

Artinya: “Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.”

2. Doa Masuk Masjid Versi Panjang

Berdasarkan Kitab Al-Adzkar oleh Imam Nawawi yang diterjemahkan Masturi Irham dan Muhammad Aniq. Berikut bacaan doa masuk masjid versi panjang yang bisa kamu amalkan:

ุฃูŽุนููˆุฐู ุจูุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ู ูˆูŽุจููˆูŽุฌู’ู‡ูู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุฑููŠู…ู ูˆูŽุณูู„ู’ุทูŽุงู†ูู‡ู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏููŠู…ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู…ูุŒ ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุ› ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠ ุฐูู†ููˆุจููŠ ูˆูŽุงูู’ุชูŽุญู’ ู„ููŠ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจูŽ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ

โ€œA’uudzu billaahil ‘adzhiimi wa biwajhihil kariimi wa sulthaanihil qadiimi minasy syaithaanir rajiim, alhamdulillah, allahumma shalli wa sallim ‘ala muhaammadin wa ‘ala aali muhammadin, allahummaghfir lii dzunuubii waftah lii abwaaba rahmatik.โ€

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung, kepada Zat-Nya Yang Maha Mulia dan kepada kekuasaan-Nya Yang Maha Dahulu dari setan yang terkutuk. Segala puji bagi Allah. Ya Allah, limpahkanlah sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah untukku semua pintu rahmat-Mu.”

Bacaan Doa Keluar Masjid

ุฃุนููˆู’ุฐู ุจูุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุนูŽุธููŠู’ู…ู ูˆูŽุจููˆูŽุฌู’ู‡ูู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุฑููŠู’ู…ู ูˆูŽุณูู„ู’ุทูŽุงู†ูู‡ู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏููŠู’ู…ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌููŠู’ู…ู. ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‡ู. ุฃูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ูˆูŽุณูŽู„ูู‘ู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู. ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠ ุฐูู†ููˆู’ุจููŠ ูˆูŽุงูู’ุชูŽุญู’ ู„ููŠ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจูŽ ููŽุถู’ู„ููƒูŽ

โ€œA’รปdzu billรขhil ‘azhรฎm wa biwajhihil karรฎm wa sulthรขnihil qadรฎm minas syaithรขnir rajรฎm. Bismillรขhi wal hamdulillรขh. Allรขhumma shalli wa sallim ‘alรข sayyidinรข muhammadin wa ‘alรข รขli sayyidinรข muhammadin. Allรขhummaghfirlรฎ dzunรปbรฎ waftahlรฎ abwรขba fadhlik.โ€

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakan lah bagiku segala pintu kemurahan-Mu,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Keutamaan Membaca Doa Masuk Masjid

Keutamaan yang akan kamu dapatkan ketika mengamalkan doa masuk masjid tertuang dalam hadits berikut:


ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ :ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุทูŽู‡ูŽู‘ุฑูŽ ูููŠ ุจูŽูŠู’ุชูู‡ู ุซูู…ูŽู‘ ู…ูŽุดูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุจูŽูŠู’ุชู ู…ูู†ู’ ุจููŠููˆุชู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู„ููŠูŽู‚ู’ุถููŠูŽ ููŽุฑููŠุถูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ ููŽุฑูŽุงุฆูุถู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุฎูŽุทู’ูˆูŽุชูŽุงู‡ู ุฅูุญู’ุฏูŽุงู‡ูู…ูŽุง ุชูŽุญูุทูู‘ ุฎูŽุทููŠุฆูŽุฉู‹ ูˆูŽุงู„ู’ุฃูุฎู’ุฑูŽู‰ ุชูŽุฑู’ููŽุนู ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉู‹

Artinya: Dari Abi Hurairah RA: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian berjalan ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk melaksanakan kewajiban yang Allah tetapkan, maka kedua langkahnya, yang satu menghapus kesalahan dan satunya lagi meninggikan derajat.” [Shahih Muslim HN 1070; Sunan Abu Daud HN 1243; Musnad Ahmad HN 7118 & 8906; Sunan Ad-Darimi HN 359]

Baca juga : Doa Setelah Membaca Surat Al โ€“ Waqiah

Adab Masuk Masjid

1. Berniat yang Benar dan Membaca Doa Masuk Masjid

Niatkan dalam hati bahwa kamu pergi ke masjid dengan niat untuk beribadah dan mendapatkan ridho Allah SWT. Pergi ke masjid gunakanlah pakaian yang bersih, suci, dan sopan. Disunahkan memakai wewangian dan menghindari makanan berbau tak sedap. Kemudian, setibanya di masjid bacalah doa masuk masjid. 

2. Mendahulukan Kaki Kanan

Ketika hendak masuk masjid, dahulukan kaki kanan. Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang mengatakan untuk mendahulukan tubuh bagian kanan dalam segala sesuatu yang baik.

Dari Aisyah RA berkata, “Dahulu Nabi SAW amat menyukai memulai dengan kanan dalam mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam urusannya yang penting semuanya.” (Muttafaqun ‘alaih).

Kemudian, berjalanlah dengan tenang dan tidak mengganggu jamaah lain. Saat di dalam masjid jagalah sikap dengan tidak berbicara dengan nada tinggi atau kasar. Selain itu, jangan mengotori masjid dengan membuang sampah atau meludah. 

3. Berzikir dan Sholawat

Saat memasuki masjid, sebaiknya kamu membaca dzikir dan sholawat. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW,

“Jika salah seorang di antara kalian masuk ke dalam masjid, hendaklah ia mengucapkan salam atas Nabi dan mengatakan, ‘Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu bagiku.’ Apabila ia hendak keluar, maka ucapkanlah salam atas Nabi dan mengatakan, ‘Ya Allah, lindungilah aku dari gangguan setan’.” (HR Ibnu Majah)

4. Melaksanakan Salat Tahiyatul Masjid

Ketika baru masuk masjid, ZALORAns bisa melaksanakan shalat sunnah tahiyatul masjid. Tentunya dalam keadaan kamu sudah berwudhu ya! Shalat tahiyatul masjid dianjurkan oleh Rasulullah SAW, beliau bersabda:

“Jika salah seorang dari kalian memasuki masjid, maka janganlah dia duduk sampai dia mengerjakan salat sunnah dua rakaat (shalat sunnah tahiyatul masjid).” (HR Bukhari dan Muslim).

Nanti, ketika keluar masjid dahulukan kaki kiri sambil membaca doa keluar masjid.

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. DOA – Soleil Prayer Robe

Source: Zalora

Soleil Prayer Robe Series by DOA ini didesain dengan menggunakan material Premium Silk yang ringan dan adem. Karakter dari bahan ini begitu lembut dan tidak mudah kusut. Dibuat dengan menggunakan tali karet, serta terdapat charm DOA pada pouch dan Prayer Robe (atasan bagian depan). Motif pada mukena ini begitu cantik dengan memadukan warna soft blue dan putih.

Selain itu, ZALORAns akan mendapatkan tas pouch serut dengan warna dan motif senada yang cantik. Memudahkanmu saat membawanya untuk beribadah dimanapun.

Baca juga : Bacaan Doa Sholat Tahajud yang Mustajab, Waktu Terbaik Berdoa!

Itulah bacaan doa masuk dan keluar masjid, serta adab masuk masjid dan keutamaan membaca doa masuk masjid yang bisa kamu amalkan. Melaksanakan shalat berjamaah di masjid akan mendapatkan pahala lebih banyak daripada shalat sendirian.

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama