Doa Akhir Tahun Baru Islam dan Artinya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Ketika datang pergantian tahun baru Islam, kamu bisa memanjatkan doa sebelum mengakhiri tahun dan mengawali tahun baru Islam. Doa ini dipanjatkan dengan harapan agar dosa-dosa kita yang lalu diampuni oleh Allah SWT dan nantinya di tahun ke depan kita dijauhkan dari mara bahaya dan godaan setan. 

Berikut ini ZALORA sudah merangkum doa awal dan akhir tahun baru Islam yang bisa ZALORAns amalkan. Serta, adapun beberapa amalan lain yang bisa kamu lakukan. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Terjemahan, dan Tata Caranya

Doa Akhir Tahun Baru Islam

Doa akhir tahun ini dapat dibaca setelah shalat Ashar atau sebelum memasuki waktu shalat Magrib. Bacalah doa akhir tahun terlebih dahulu, baru diikuti dengan doa awal tahun. Berikut bacaan doa akhir tahun baru Islam yang bisa kamu amalkan:

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ู…ูŽุง ุนูŽู…ูู„ู’ุชู ู…ูู†ู’ ุนูŽู…ูŽู„ู ูููŠ ู‡ูฐุฐูู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉู ู…ูŽุง ู†ูŽู‡ูŽูŠู’ุชูŽู†ููŠ ุนูŽู†ู’ู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุชูุจู’ ู…ูู†ู’ู‡ู ูˆูŽุญูŽู„ูู…ู’ุชูŽ ูููŠู’ู‡ุง ุนูŽู„ูŽูŠูŽู‘ ุจูููŽุถู’ู„ููƒูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ู‚ูุฏู’ุฑูŽุชููƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูู‚ููˆู’ุจูŽุชููŠู’ ูˆูŽุฏูŽุนูŽูˆู’ุชูŽู†ููŠู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุชูŽู‘ูˆู’ุจูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏู ุฌูŽุฑูŽุงุกูŽุชููŠู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุนู’ุตููŠูŽุชููƒูŽ ููŽุฅูู†ูู‘ูŠ ุงุณู’ุชูŽุบู’ููŽุฑู’ุชููƒูŽ ููŽุงุบู’ููุฑู’ู„ููŠู’ ูˆูŽู…ูŽุง ุนูŽู…ูู„ู’ุชู ูููŠู’ู‡ูŽุง ู…ูู…ูŽู‘ุง ุชูŽุฑู’ุถูŽู‰ ูˆูŽูˆูŽุนูŽุฏู’ุชูŽู‘ู†ููŠ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุซูŽู‘ูˆูŽุงุจูŽ ููŽุฃูŽุณู’ุฆูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุชูŽู‚ูŽุจูŽู‘ู„ูŽ ู…ูู†ูู‘ูŠู’ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุทูŽุนู’ ุฑูŽุฌูŽุงุฆููŠู’ ู…ูู†ู’ูƒูŽ ูŠูŽุง ูƒูŽุฑููŠู’ู…ู

โ€œAllahumma ma ‘amiltu min ‘amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fรฎha ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘ala ‘uqubati, wa da’autani ilattaubati min ba’di jara’ati ‘ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma ‘amiltu fiha mimma tardha, wa wa’attani ‘alaihits tsawaba, fa’as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha’ raja’i minka ya karim.โ€

Artinya: “Ya Allah, segala perbuatan yang telah aku lakukan pada tahun ini yang Engkau larang dan aku belum bertobat darinya, sementara Engkau masih bersabar terhadapku dengan karunia-Mu padahal Engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau mengajakku untuk bertaubat setelah aku berani berbuat maksiat kepada-Mu, maka aku memohon ampunan-Mu, ampunilah aku. Dan segala perbuatan yang aku lakukan tahun ini yang Engkau ridai dan Engkau janjikan pahala atasnya, aku memohon kepada-Mu untuk menerimanya dariku. Janganlah Engkau memutuskan harapanku kepada-Mu, wahai Yang Maha Mulia.”

Doa Awal Tahun Baru Islam

Doa awal tahun ini bisa ZALORAns baca ketika masuk pergantian tahun sebanyak tiga kali. Berikut ini bacaan doa awal tahun baru Islam yang bisa kamu amalkan:

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ุฃูŽุจูŽุฏููŠูู‘ ุงู„ู‚ูŽุฏููŠู…ู ุงู„ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ููŽุถู’ู„ููƒูŽ ุงู„ุนูŽุธููŠู’ู…ู ูˆูŽูƒูŽุฑููŠู’ู…ู ุฌููˆู’ุฏููƒูŽ ุงู„ู…ูุนูŽูˆูŽู‘ู„ูุŒ ูˆูŽู‡ูฐุฐูŽุง ุนูŽุงู…ูŒ ุฌูŽุฏููŠู’ุฏูŒ ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽู‚ู’ุจูŽู„ูŽุŒ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุงู„ุนูุตู’ู…ูŽุฉูŽ ูููŠู’ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู ูˆูŽุฃูŽูˆู’ู„ููŠูŽุงุฆูู‡ูุŒ ูˆูŽุงู„ุนูŽูˆู’ู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู‡ูฐุฐูู‡ู ุงู„ู†ูŽู‘ูู’ุณู ุงู„ุฃูŽู…ูŽู‘ุงุฑูŽุฉู ุจูุงู„ุณูู‘ูˆู’ุกูุŒ ูˆูŽุงู„ุงูุดู’ุชูุบูŽุงู„ูŽ ุจูู…ูŽุง ูŠูู‚ูŽุฑูู‘ุจูู†ููŠู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุฒูู„ู’ููŽู‰ ูŠูŽุง ุฐูŽุง ุงู„ุฌูŽู„ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ุฅููƒู’ุฑูŽุงู…ู

โ€œAllรขhumma antal abadiyyul qadรฎmul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu’awwal. Hadza ‘amun jadidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fรฎhi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikrรขm.โ€

Artinya: “Ya Allah, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dengan karunia dan kemurahan-Mu yang besar, Engkau adalah harapanku yang teguh. Ketika memasuki tahun baru ini, aku memohon perlindungan dari godaan setan dan pengikut-pengikutnya. Aku juga memohon pertolongan-Mu untuk menaklukkan hawa nafsu yang sering menggoda untuk berbuat jahat. Aku memohon petunjuk dari-Mu agar setiap aktivitasku sehari-hari dapat mendekatkan diriku pada rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia.”

Baca juga : Doa Agar Banyak Pembeli Datang Terus, Amalkan!

Amalan Sunnah Awal Tahun Baru Islam

1. Berpuasa

Ada beberapa puasa sunnah yang bisa ZALORAns amalkan pada bulan Muharram. Seperti, puasa Tasua (9 Muharram), puasa Asyura (10 Muharram), puasa 11 Muharram, puasa Ayyamul Bidh (13, 14, 15 Muharram), dan puasa Senin Kamis.ย 

2. Berdzikir

Tak hanya ketika awal tahun saja, namun kita harus senantiasa berdzikir kepada Allah SWT. Berdzikir merupakan salah satu cara untuk selalu mengingat dan memuji Allah SWT. Kita diperintahkan berdzikir pada setiap waktu, kecuali kondisi terlarang. Sebagaimana yang terdapat dalam surat An-Nisa ayat 103,

ููŽุฅูุฐูŽุง ู‚ูŽุถูŽูŠู’ุชูู…ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽูˆูŽุฉูŽ ููŽุงุฐู’ูƒูุฑููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ู‚ููŠูŽู…ุง ูˆูŽู‚ูุนููˆุฏู‹ุง ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฌูู†ููˆุจููƒูู…ู’ ููŽุฅูุฐูŽุง ุงุทู’ู…ูŽุฃูŽู†ูŽู†ุชูู…ู’ ููŽุฃูŽู‚ููŠู…ููˆุง ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽูˆุฉูŽ ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽูˆูฐุฉูŽ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ ูƒูุชูŽุจู‹ุง ู…ูŽู‘ูˆู’ู‚ููˆุชู‹ุง

Artinya: “Apabila kamu telah menyelesaikan shalat, berdzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring. Apabila kamu telah merasa aman, laksanakanlah shalat itu (dengan sempurna). Sesungguhnya shalat itu merupakan kewajiban yang waktunya telah ditentukan atas orang-orang mukmin.”

3. Membaca Al-Qur’an

Berikutnya amalan sunnah yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktumu adalam tadaru atau membaca Al-Quran. Rasulullah SAW dalam haditsnya menyebutkan keutamaan membaca Al-Qur’an, bunyinya memiliki arti sebagai berikut 

“Barangsiapa membaca satu huruf Al-Qur’an, memperoleh satu keutamaan, setiap keutamaan dikalikan menjadi sepuluh keutamaan. Aku tidak mengatakan Alif Laam Mim satu huruf, tapi Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR Tirmidzi)

4. Mengerjakan Shalat Sunnah

Shalat sunnah yang bisa kamu laksanakan pada bulan ini, seperti shalat rawatib (qobliyah dan ba’diyah), dhuha, hajat, tahajud, tobat, dan witir. Shalat sunnah menjadi penyempurna shalat wajib yang kamu kerjakan. 

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. Mukena Kayana 2in1 Prayer Set Brokat Premium by Cotton Bee

Source: Zalora

Kalau ZALORAns lagi cari mukena yang nggak hanya nyaman, tapi juga elegan bisa banget nih pilih koleksi mukena cantik dari Cotton Bee! Mukena berbahan Armani Silk Original ini didesain begitu mewah dengan finishing brokat import bermotif bunga. Bahannya pn juga membuat mukena ini terasa adem, licin, dan nyaman dipakai sehari-hari.

Mukena exclusive limited ini bisa dipakai 2 in 1, dimana terdapat resleting di bagian bawah dagu. ZALORAns juga akan mendapatkan pouch untuk memudahkanmu membawa mukena ini kemanapun.

Sehingga, ibadah insyaallah makin khusuโ€™! Tersedia dalam beberapa warna cantik yang bisa kamu pilih. Ada hitam, hijau, biru, dan pink.ย 

2. Mafaza Basic Prayer Set by Magic Spell

Source: Zalora

Mukena basic ini terbuat dari bahan katun rayon yang nyaman. Terdapat detail renda pada bagian tepinya. Mukena ini didesain dengan nuansa monokrom yang memadukan warna hitam dan putih.

Pada bawahannya didesain dengan motif bunga yang cantik. ZALORAns juga akan mendapatkan ekstra tas dengan motif yang senada dengan bawahannya.

Baca juga : Niat Puasa Sunnah Senin Kamis, Bacaan Doa dan Keutamaan

Itulah doa awal dan akhir tahun baru Islam yang bisa kamu amalkan. Jangan lupa juga untuk mengamalkan beberapa amalan sunnah lainnya untuk memperoleh berkah dan ridho Allah SWT. Baik saat mengakhiri maupun mengawali tahun, serta sepanjang menjalani hidup kedepannya.

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama