Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji 2024 dengan Mudah

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji yang dilaksanakan setahun sekali pada bulan Dzulhijjah merupakan salah satu ibadah yang dinantikan setiap umat Muslim di dunia. Menantikan keberangkatan haji juga tidaklah mudah dan singkat. Kamu perlu waktu untuk mendapatkan kesempatan pergi haji setelah mendaftar sebagai jamaah haji. 

Apakah ZALORAns sudah mendaftarkan haji? Lalu, ZALORAns ingin mengetahui estimasi keberangkatan haji mu? Tahukah kamu bagaimana cara mengecek keberangkatan haji? 

ZALORA sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengecek kapan keberangkatan haji mu! Yuk, simak penjelasan mudahnya berikut ini! Sebelumnya ketahui dulu nomor porsi haji mu, berikut ini cara mengetahui nomor porsi haji dengan mudah!

Baca juga : Rangkaian Pelaksanaan Ibadah Haji, Lengkap Sampai Akhir

Cara Mengetahui Nomor Porsi Haji

Untuk mengetahui estimasi keberangkatan haji sendiri, calon jamaah haji akan mendapatkan nomor porsi haji. Nomor porsi haji merupakan nomor identitas calon jamaah haji yang tertera di berkas pendaftaran yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Nomor ini terdiri dari 10 digit angka. 

ZALORAns akan mendapatkan nomor porsi setelah mendaftar haji di penyelenggara ibadah haji dan telah membayar sebesar setoran awal haji di bank tempat kamu membuka tabungan haji. 

Cara Mengecek Estimasi Keberangkatan Haji Online

1. Situs Haji Kemenag

Cara mudah yang pertama adalah dengan mengunjungi laman website resmi Kementerian Agama, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka link website haji.kemenag.go.id.
  • Lihat bagian Estimasi Keberangkatan.
  • Masukkan nomor porsi yang ZALORAns dapat pada kolom yang tersedia. 
  • Klik dan beri centang “I’m Not Robot”
  • Jika nomor sudah benar, klik cari. 
  • ZALORAns sudah dapat melihat informasi estimasi keberangkatan haji kamu.

2. Menggunakan Aplikasi Pusaka

Selain melalui website resmi Kementerian Agama, ZALORAns juga bisa mengecek estimasi keberangkatan haji melalui aplikasi Pusaka. Dimana, aplikasi ini akan menampilkan informasi secara mendetail. Berikut cara lengkapnya:

  • Download aplikasi Pusaka pada Google Play (Android) dan App Store (iOS).
  • Bukalah aplikasi tersebut. 
  • Klik menu “Islam”
  • Pilih menu “Layanan Haji dan Umrah”
  • Buka “Estimasi keberangkatan”
  • Masukkan nomor porsi yang ZALORAns miliki pada kolom yang tersedia. 
  • Klik “Cari Nomor Porsi”
  • Informasi terkait data estimasi keberangkatan dapat kamu lihat disini secara lengkap. Mulai dari nomor porsi, nama jamaah, asal Kabupaten / Kota, posisi porsi pada kuota Provinsi / Kab / Kota / khusus. Adapun informasi mengenai kuota Provinsi / Kab / Kota / khusus, perkiraan berangkat tahun masehi, dan perkiraan berangkat tahun hijriyah.

Baca juga : Ketahui Syarat Wajib dan Rukun Haji Sesuai Syariat

Cek Estimasi Keberangkatan Haji Offline

Cara lain untuk mengetahui estimasi jadwal keberangkatan haji adalah dengan bertanya langsung kepada agen travel perjalanan haji tempat kamu mendaftar. Agen tersebut memiliki informasi terkini mengenai jadwal keberangkatan dan dapat memberikan perkiraan tanggal keberangkatan berdasarkan penjadwalan yang telah diatur.

Dengan berkomunikasi secara langsung dengan agen travel, para calon jamaah dapat memperoleh informasi yang lebih rinci dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai proses keberangkatan haji.

Perkiraan keberangkatan haji ini dapat berubah sesuai perubahan kuota maupun adanya perubahan regulasi. Oleh karena itu, tanyakan informasi mengenai keberangkatan haji ini secara berkala untuk mengetahui update jadwal keberangkatan dan informasi penting lainnya. 

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan dan mengecek kembali kelengkapan dokumen dan perlengkapan haji yang harus kamu penuhi. Termasuk paspor, visa, tiket pesawat, dokumen penting untuk pergi haji lainnya. ZALORAns juga bisa melakukan persiapan fisik sebelum keberangkatan haji. 

Lakukan Persiapan Fisik Sebelum Keberangkatan Haji

Melakukan persiapan fisik sebelum keberangkatan haji sangatlah penting. Kondisi fisik yang prima akan membuat perjalanan dan kegiatan haji berjalan lancar. Berikut ini beberapa kegiatan persiapan fisik yang bisa ZALORAns lakukan sebelum berangkat haji!

1. Rutin Berolahraga

Source: Pinterest

Sebelum keberangkatan haji, ZALORAns bisa mulai rutin melakukan olahraga. Olahraga dapat membantu menjaga dan meningkatkan stamina fisik yang akan sangat berguna selama menjalankan rangkaian ibadah haji. Dimana, ketika haji sangat membutuhkan ketahanan tubuh yang prima.

Mulailah dengan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda. Secara bertahap tingkatkan intensitasnya sesuai dengan kemampuan tubuh. 

2. Istirahat Cukup

Source: Pinterest

Tidur yang cukup menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kualitas istirahat terbaik. Pastikan ZALORAns mendapatkan tidur yang berkualitas agar tubuh dan pikiran siap menghadapi rangkaian ibadah yang memerlukan stamina. Istirahat yang cukup juga membantu menjaga kesehatan, mencegah kelelahan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk beristirahat dengan baik sebelum keberangkatan, demi kelancaran ibadah haji yang akan dijalani.

3. Vaksinasi Meningitis dan Influenza

Sejak tahun 2002, pemerintah Kerajaan Arab Saudi mewajibkan seluruh jamaah haji dari berbagai negara untuk melakukan vaksinasi meningitis dan influenza sebelumnya. Kebijakan ini diterapkan sebagai langkah untuk mencegah penyebaran penyakit menular di antara para jamaah yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Dengan adanya vaksinasi wajib ini, diharapkan risiko terjadinya wabah penyakit dapat diminimalisir. Sehingga, kesehatan dan keselamatan para jamaah haji selama menjalankan ibadah di tanah suci dapat lebih terjamin. 

4. Cek Kesehatan Secara Rutin dan Menyeluruh

Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebelum berangkat haji sangat penting untuk memastikan kamu dalam kondisi sehat selama menjalankan ibadah haji nantinya. Karena menunaikan haji membutuhkan fisik yang kuat. Deteksi dini masalah kesehatan seperti hipertensi, diabetes, atau penyakit jantung dapat membantu dalam perencanaan perawatan yang tepat dan pencegahan komplikasi selama perjalanan.

Sehingga, ZALORAns dapat beribadah dengan tenang, serta meminimalkan risiko kesehatan yang dapat mengganggu kelancaran ibadah haji.

Baca juga : Rekomendasi Model Sorban Arab Tampil Beda Saat Lebaran

Rekomendasi Mukena Ternyaman

Source: Zalora

Rayya Prayer Set dari koleksi First Hijab menjadi pilihan mukena yang sempurna untukmu! Prayer Set Premium Mukena ini didesain khusus by First Hijab dengan cutting laser yang menarik dan unik pada bagian tepinya. Dibuat dengan material air flow crinkle yang bertekstur crinkle, flowy, dan gramasi padat.

Dilengkapi juga dengan resleting di bawah dagu, sehingga dapat dipakai dengan dua cara yaitu dengan header dan tanpa header. Mukena ini dipercantik lagi dengan detail sentuhan diamond pada bagian kepala.

Itulah beberapa cara mengecek estimasi keberangkatan haji dengan mudah yang bisa ZALORAns lakukan! Jangan lupa untuk menyiapkan hal-hal penting yang ZALORAns butuhkan sebelum keberangkatan ya! Termasuk mempersiapkan kondisi fisik yang prima agar ibadah haji di tanah suci lancar tanpa kendala. 

Mau cari berbagai perlengkapan shalat yang nyaman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama