Bacaan Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Gerakan sholat tahiyat akhir, juga dikenal sebagai tashahhud dilakukan dalam posisi duduk di akhir setiap rakaat. Dengan mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad SAW dan para nabi yang lain, serta berdoa untuk keselamatan bagi mereka. Selain itu, tashahhud juga mencakup pengakuan iman, dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Di mana, menyatakan keyakinan terhadap keesaan Allah dan kerasulannya Nabi Muhammad SAW.ย 

Pastinya ZALORAns sudah tahu kan bacaan doa tahiyat akhir ini? Berikut doa tahiyat akhir beserta terjemahannya yang harus kamu ketahui, apalagi buat ZALORAns yang baru belajar sholat!

Baca juga : Niat Puasa Sunnah Senin Kamis, Bacaan Doa dan Keutamaan

Bacaan Doa Tahiyat Akhir

ุงู„ุชูŽู‘ุญููŠูŽู‘ุงุชู ุงู„ู’ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒูŽุงุชู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽูˆูŽุงุชู ุงู„ุทูŽู‘ูŠูู‘ุจูŽุงุชู ูู„ู„ู‡ู ุŒ ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒุงูŽุชูู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุนูุจูŽุงุฏู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุตูŽู‘ุงู„ูุญููŠู’ู†ูŽ . ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ ูˆูŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡. ุงูŽู„ูŽู‘ู„ู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽูŠ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ุฏู’ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู  ุนูŽู„ูŽูŠ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ ูƒูŽู…ูŽุง ุตูŽู„ูŽู‘ุจู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ุนูŽู„ุนูŽู„ูŽูŠ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูููŠู’ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠู’ุฏ. ุงูŽู„ู’ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠู’ ุฃูŽุนููˆู’ุฐูุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุฌูŽู‡ูŽู†ูŽู‘ู…ูŽ ูˆูŽู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู‚ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽู…ูู†ู’ ููุชู’ู†ูŽุฉู ุงู„ู…ูŽุญู’ูŠูŽุง ูˆูŽุงู„ู…ูŽู…ูŽุงุชู ูˆูŽู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ ููุชู’ู†ูŽุฉู ุงู„ู…ูŽุณููŠู’ุญู ุงู„ุฏูŽุฌูŽู‘ุงู„ู.

โ€œAttahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibatul lillaah, Assalaamuโ€™alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalaamuโ€™alainaa waโ€™alaa โ€˜ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah, Wa Asyhadu anna Muhammadar rasuulullaah. Allahhumma shalli โ€˜alaa Muhammad wa โ€˜alaa aali Muhammad, kamaa shallaita โ€˜alaa Ibraahim, wa โ€˜alaa aali Ibraahim. Wabaarik โ€˜alaa Muhammad, wa โ€˜alaa aali Muhammad, kamaa baarakta โ€˜alaa Ibraahim, wa โ€˜alaa aali Ibraahim. Fil โ€˜aalamiina innaka hamiidum majiid. Allaahumma innii aโ€™uudzubika min โ€˜adzaabi jahannama wamin โ€˜adzaabil qabri wamin fitnatil mahyaa wamamaati wamin fitnatil masiihid dajjaal.โ€

Artinya : โ€œSegala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang saleh-saleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Ya Allah! Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Di seluruh alam semesta, Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa jahanam dan siksa kubur serta dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari kejahatan fitnahnya dajjal.โ€

Setelah mengetahui doa dan terjemahan tahiyat akhir diatas, ZALORAns bisa menjalankan sholat dengan baik. Mengenakan perlengkapan sholat yang nyaman, akan membuatmu lebih khusyuk dalam beribadah.

Yuk, intip beberapa rekomendasi perlengkapan sholat yang bisa ZALORAns coba berikut ini!

Baca juga : Apakah Mengganti Puasa Boleh Setiap Hari? Ini Jawabannya

Rekomendasi Perlengkapan Sholat

1. Shafira Prayer Set by Lozy Hijab

Source: Zalora

Mukena set dari Lozy Hijab ini didesain dengan motif bunga yang cantik berwarna soft. Terbuat dari bahan rayon yang ringan dan lembut juga terlihat elegan.

Dilengkapi pula dengan resleting, sehingga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan saat dipakai dan menyesuaikan dengan wajahmu. Lengkap dengan pouch yang tentunya travel friendly dengan motif yang senada dengan mukena.

2. Coffs Harbour Long Baju Koko by Intresse

Source: Zalora

Baju koko dari koleksi Intresse ini begitu elegan dengan tampilan yang clean. Dalam nuansa putih, baju koko ini didesain dengan motif tenun pada bagian depannya yang dibuat vertikal di tengah baju.

Dengan detail color block membuatnya terlihat menjadi statement pada busana putih polos ini. Cocok dipadukan dengan bawahan atau sarung berwarna apapun untuk ibadah lebih nyaman.

Nah, itulah bacaan doa tahiyat akhir dan rekomendasi perlengkapan sholat yang bisa kamu coba. Temukan semuanya hanya di ZALORA!

Baca juga : Bacaan Niat Sholat Witir 2 Rakaat dan Terjemahannya

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama