Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Terjemahan, dan Tata Caranya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!ย 

Doa Qunut adalah salah satu doa yang dibaca dalam shalat Subuh. Doa Qunut dibaca setelah ruku’ dalam rakaat terakhir. Saat kita berdiri di hadapan Allah, kita memohon pertolongan-Nya, bimbingan-Nya, dan rahmat-Nya dalam kehidupan kita. Doa Qunut ini merupakan ungkapan dari hati yang penuh kesungguhan kepada Allah SWT. 

Dalam doa ini, kita memohon agar Allah memberikan perlindungan, petunjuk, dan kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Serta memohon agar Allah menjauhkan kita dari segala bencana dan musibah yang mungkin menimpa umat manusia. 

Membaca doa qunut saat sholat Subuh hukumnya sunnah menurut mazhab Syafi’i dan Maliki. Dikutip dari Kitab Al-Fiqh ‘ala al-madzahib al-khamsah karya Muhammad Jawad Mughniyah.

Sedangkan, berdasarkan Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menghukumi bacaan doa qunut sebagai sunnah muakkad. Salah satu hadits yang mendasari kesunahan membaca doa Qunut Subuh ini sebagai berikut:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฒูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ูŠูŽู‚ู’ู†ูุชู ูููŠ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ููŽุงุฑูŽู‚ูŽ ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง

Artinya: “Diriwayatkan dari Anas Ibn Malik, ia berkata, “Rasulullah SAW senantiasa membaca qunut ketika shalat Subuh sehingga beliau wafat.'” (HR Ahmad)

Lalu, apakah ZALORAns sudah bisa bacaan doa Qunut? Jika belum, bagaimana bacaan doa Qunut itu? Berikut bunyi bacaan beserta terjemahan dari doa Qunut versi panjang dan pendek. Yuk, simak seperti apa bacaannya sebagai berikut!

Baca juga : Bacaan Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Bacaan dan Terjemahan Doa Qunut

1. Bacaan Doa Qunut Pendek

Berdasarkan Kitab Al-Adzkar karya Imam an-Nawawi, berikut bacaan doa Qunut versi pendek:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงู‡ู’ุฏูู†ููŠ ูููŠู’ู…ูŽู†ู’ ู‡ูŽุฏูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุนูŽุงููู†ููŠ ูููŠู’ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุงููŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุชูŽูˆูŽู„ูŽู‘ู†ููŠู’ ูููŠู’ู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽู„ูŽู‘ูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ููŠ ูููŠู’ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุทูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽู‚ูู†ููŠ ุดูŽุฑูŽู‘ู…ูŽุง ู‚ูŽุถูŽูŠู’ุชูŽุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุชูŽู‚ู’ุถููŠูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูู‚ู’ุถูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽุฐูู„ูู‘ ู…ูŽู†ู’ ูˆูŽุงู„ูŽูŠู’ุชูŽ ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽูŠู’ุชูŽ .

โ€œAllaahummah dinii fii man hadaits, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maa a’thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalitsโ€

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah kesejahteraan kepadaku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan, tolonglah aku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikanlah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan yang Engkau putuskan, karena sesungguhnya Engkau memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu, dan tiada kehinaan kepada orang yang telah Engkau tolong, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami, lagi Maha Tinggi.”

2. Bacaan Doa Qunut Panjang

Untuk bacaan doa Qunut Subuh versi panjang sebagai berikut:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงู‡ู’ุฏูู†ููŠ ูููŠู’ู…ูŽู†ู’ ู‡ูŽุฏูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุนูŽุงููู†ููŠ ูููŠู’ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุงููŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุชูŽูˆูŽู„ูŽู‘ู†ููŠ ูููŠู’ู…ูŽู†ู ุชูŽูˆูŽู„ูŽู‘ูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ููŠ ูููŠู’ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุทูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽู‚ูู†ููŠ ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ุดูŽุฑูŽู‘ู…ูŽุง ู‚ูŽุถูŽูŠู’ุชูŽุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุชูŽู‚ู’ุถููŠ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูู‚ู’ุถูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽุฐูู„ูู‘ ู…ูŽู†ู’ ูˆูŽุงู„ูŽูŠู’ุชูŽุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุนูุฒูู‘ ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุงุฏูŽูŠู’ุชูŽ ุŒ ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽูŠู’ุชูŽ ุŒ ููŽู„ูŽูƒูŽ ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ู‚ูŽุถูŽูŠู’ุชูŽุŒ ุฃูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููƒูŽ ูˆูŽุฃูŽุชููˆู’ุจู ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุงู„ู’ุฃูู…ู‘ูŠ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ูู‡ู ูˆูŽุตูŽุญู’ุจูู‡ู ูˆูŽ ุณูŽู„ูŽู‘ู…

โ€œAllaahummahdinii fiiman hadaita, wa ‘aafinii fiman ‘aafaita, wa tawallanii fii man tawallaita, wa baarik lii fiimaa a’thaita, wa qinii bi rahmatika syarra maa qadhaita fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaika, wa innahu laa yadzillu man waalaita, wa laa ya’izzu man ‘adaita, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaita, fa lakal hamdu ‘alaa maa qadhaita, astahgfiruka wa atuubu ilaika, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin-nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa alihi wa shahbihi wasallamaโ€

Artinya: “Ya Allah, berikanlah aku petunjuk seperti orang-orang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan, seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Limpahkanlah keberkahan kepada apa saja yang telah Engkau berikan kepadaku. Peliharalah aku dengan kasih sayang-Mu dari segala keburukan apa-apa yang telah Engkau putuskan (tetapkan), karena sesungguhnya Engkau-lah yang memberikan ketentuan dan tidak ada yang bisa memberikan ketentuan (keputusan) atas diri-Mu. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau berikan kekuasaan, dan tidaklah akan mulia orang yang telah Engkau musuhi, Maha Berkah lah Engkau dan Maha Luhur lah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas apa yang telah Engkau tetapkan. Aku mohon ampun dan bertobat kepada-Mu. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan keselamatan (sholawat) atas diri junjungan kami. Nabi Muhammad, dan juga atas keluarga dan para sahabatnya.”

Baca juga : Niat Puasa Sunnah Senin Kamis, Bacaan Doa dan Keutamaan

Tata Cara Membaca Doa Qunut

1. Mengangkat Kedua Tangan

Dianjurkan untuk mengangkat kedua tangan ketika membaca doa Qunut. Sesuai dengan pendapat yang dipilih imam Nawawi yang artinya sebagai berikut:

Artinya: โ€œApakah dianjurkan mengangkat kedua tangan ketika qunut? Ada dua pendapat yang masyhur (di kalangan ulama syafiโ€™iyyah); pertama tidak dianjurkan, kedua dianjurkan, yang kedua ini yang shahih menurut ulama-ulama syafiโ€™iyyahโ€

2. Tidak Disunnahkan Mengusap Wajah

Setelah selesai membaca doa Qunut, maka langsung dilanjutkan gerakan bersujud dan tidak dianjurkan mengusap wajah dengan kedua tangan. Lalu, ketika imam membaca doa Qunut ada beberapa saat imam seperti tidak membaca sesuatu.

Sebenarnya imam sedang membaca tsana atau pujian kepada Allah SWT. Nah, saat itulah kita sebagai makmum hendaknya ikut membaca tsana atau diam.

3. Disyariatkan Membalikkan Tangan

Membalikkan tangan dilakukan ketika meminta untuk menolak bala ini sunnah hukumnya. Ketika imam membaca redaksi-redaksi tertentu dalam doa Qunut. Namun, jika hendak meminta permintaan kepada Allah SWT, maka mengangkat tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas.

Rekomendasi Mukena Ternyaman

Source: Zalora

Mukena Kayana 2in1 dari Cotton Bee ini begitu mewah dengan detail brokat pada bagian depannya. Mukena ini terbuat dari bahan Armani Silk Original. Bahan ini begitu adem, licin, dan tentunya nyaman dipakai sehari-hari untuk menemani ibadahmu. Mukena 2 in 1 bisa ZALORAns kenakan tanpa tudung hijab juga lho! Karena didesain dengan adanya resleting di bagian bawah dagu.

Sehingga, ZALORAns bisa menyesuaikan dengan bentuk wajahmu tanpa terasa ketat. Dilengkapi pula dengan tali ikat kepala panjang yang nyaman serta terdapat pouch yang memiliki desain senada. Ibadah menjadi lebih khusyu deh!

Baca juga : Daftar Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Beserta Arti

Itulah bunyi bacaan doa Qunut yang dibaca ketika shalat Subuh beserta tata cara melaksanakannya. Apakah ZALORAns sudah bisa mempraktekkannya di setiap shalat Subuhmu? Jangan lupa untuk dibaca dan dihafalkan ya!

Mau cari berbagai perlengkapan shalat yang nyaman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama