Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Udara, dan Laut Lengkap

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Agar bepergian dengan selamat, kita harus selalu mengingat pentingnya berdoa. Doa adalah bentuk perlindungan yang memberikan kita ketenangan hati dan keyakinan bahwa perjalanan kita berada dalam lindungan Allah SWT. Dengan berdoa sebelum berangkat, kita memohon keselamatan dan kelancaran selama perjalanan. Serta memohon perlindungan dari segala marabahaya.ย 

ZALORA telah merangkum beberapa doa naik kendaraan, baik dalam perjalanan darat, udara, maupun laut yang bisa ZALORAns amalkan sebelum berangkat. Mari simak bacaan doanya berikut ini!

Baca juga : Bacaan Doa Sholat Tahajud yang Mustajab, Waktu Terbaik Berdoa!

Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ุณูŽุฎูŽู‘ุฑูŽ ู„ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ูƒูู†ูŽู‘ุง ู„ูŽู‡ู ู…ูู‚ู’ุฑูู†ููŠู†ูŽ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ู„ูŽู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูุจููˆู†ูŽ

โ€œSubhaanalladzii sakhkhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin, wa innaa ilaa robbinaa lamun qolibuunโ€

Artinya: “Mahasuci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak akan mampu menguasainya, dan sungguh kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Bacaan Doa Naik Kendaraan Udara

ู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ู ุฃูƒู’ุจุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒู’ุจูŽุฑุŒ ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ุณูŽุฎูŽู‘ุฑูŽ ู„ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ูˆูŽู…ูŽุง ูƒูู†ูŽู‘ุง ู„ูŽู‡ู ู…ูู‚ู’ุฑูู†ููŠู†ูŽุŒ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุจูู‘ู†ูŽุง ู„ูŽู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูุจููˆู†ูŽุŒ ุงู„ู„ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูŽู‘ุง ู†ูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ูููŠ ุณูŽููŽุฑูู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุจูุฑูŽู‘ ูˆูŽุงู„ุชูŽู‘ู‚ู’ูˆูŽู‰ุŒ ูˆูŽู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ู ู…ูŽุง ุชูŽุฑู’ุถูŽู‰ุŒ ุงู„ู„ู‡ูู…ูŽู‘ ู‡ูŽูˆูู‘ู†ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุณูŽููŽุฑูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ูˆูŽุงุทู’ูˆู ุนูŽู†ูŽู‘ุง ุจูุนู’ุฏูŽู‡ูุŒ ุงู„ู„ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงุญูุจู ูููŠ ุงู„ุณูŽู‘ููŽุฑูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู„ููŠููŽุฉู ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽู‡ู’ู„ูุŒ ุงู„ู„ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ูˆูŽุนู’ุซูŽุงุกู ุงู„ุณูŽู‘ููŽุฑูุŒ ูˆูŽูƒูŽุขุจูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽู†ู’ุธูŽุฑูุŒ ูˆูŽุณููˆุกู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูŽุจู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽู‡ู’ู„ู

โ€œAllahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.โ€

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhai.

Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.”

Baca juga : Doa Sebelum Baca Al-Quran, Adab dan Keutamaannya

Bacaan Doa Naik Kendaraan Laut

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูŽุฌู’ุฑูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูุฑู’ุณูŽู‡ูŽุง ุฅูู†ูŽู‘ ุฑูŽุจูู‘ูŠ ู„ูŽุบูŽูููˆู’ุฑูŒ ุฑูŽู‘ุญููŠู’ู…ูŒ

โ€œBismillaahi majreeha wa mursaahaa, inna rabbii laghafuurur rahiim.โ€

Artinya: “Dengan nama Allah ketika dia berlayar (dalam perjalanan) dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Sebagai catatan, doa naik kendaraan laut adalah doa yang dipanjatkan Nabi Nuh saat menaiki kapalnya. Bacaan doa ini juga termaktub dalam Al-Qur’an surah Hud ayat 41.

Bacaan Doa Setelah Sampai Tujuan

ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ุงู„ูŽู‘ุฐูู‰ู’ ุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽู†ูู‰ู’ ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐูู‰ู’ ุขูˆูŽุงู†ูู‰ ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐูู‰ู’ ุฌูŽู…ูŽุนูŽ ุงู„ุดูŽู‘ู…ู’ู„ูŽ ุจูู‰ู’

โ€œAlhamdulillahil-ladzii salamanii wal-ladzii aawanii wal-ladzii jama’as-syamlabii.โ€

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dan telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Selain doa di atas, seorang muslim juga membaca doa berikut ini:

ุขูŠูุจููˆู†ูŽ ุชูŽุงุฆูุจููˆู†ูŽ ุนูŽุงุจูุฏููˆู†ูŽ ู„ูุฑูŽุจูู‘ู†ูŽุง ุญูŽุงู…ูุฏููˆู†ูŽ

โ€œAayibuuna taaibuuna ‘aaiduuna lirabbina haamiduuna.โ€

Artinya: “Kami tiba, kami bertobat, kami menyembah, dan hanya kepada Rabbi-lah kami memuji.” (HR At Tirmidzi)

Amalkan doa naik kendaraan diatas sebelum ZALORAns bepergian, baik dalam perjalanan darat, udara, maupun laut. Agar perjalananmu selalu diberkahi dan selamat sampai tujuan. Selalu berhati-hati saat berkendara, serta utamakan keselamatan dirimu dan orang lain ya!

Rekomendasi Mukena Ternyaman

1. HIJABERLIN – Rayya Prayer Setย 

Source: Zalora

Sesuai dengan namanya, Rayya Prayer Set, mukena ini sangat cantik untuk menemani ibadah di Hari Raya! Desainnya begitu mewah dengan sentuhan motif brokat yang cantik. Mukena ini terbuat dari bahan Royal Silk Premium yang memiliki tekstur kain ringan, lembut, dan adem. 

Detail renda pada bagian wajah, membuat wajah menjadi tampak tirus. Koleksi mukena ini juga sudah dilengkapi dengan tas mukena exclusive dengan 2 slot kantong di bagian dalam dan gold chain. Tas ini juga didesain senada dengan mukena dan memiliki desain mewah rantai pegangan gold.

Sehingga, selain memudahkanmu saat beribadah dimanapun, mukena ini juga memiliki penampilan yang terlihat mahal!

2. Mukena Batik Fadlilah Abu Premium FDN by Abiroy

Source: Zalora

Mukena dengan kombinasi sentuhan batik menghadirkan sesuatu yang baru dan menarik! Terbuat dari berbahan Rayon Samitex yang bener-bener bikin nyaman banget! Bahan Rayon Samitex super lembut dan adem di kulit, jadi bikin betah memakainya untuk beribadah.

Sentuhan batik pada mukena ini juga bikin tampilannya jadi lebih elegan. Detail batik dengan motif bunga ini dibuat berwarna-warni di atas kain bernuansa abu-abu. Dilengkapi pula dengan pouch untuk menyimpannya.

3. Modish Cendana by Siti Khadijah

Source: Zalora

Koleksi mukena ini merupakan new collaboration dari Siti Khadijah x Dhatu Rembulan! Terinspirasi dari circle geometri seni Turki Uthmaniyah (Turkish Ottoman) yang mana seperti lingkaran rembulan, didesain dengan sederhana namun tetap menegaskan keanggunan. Material Khadijah Signature Poplin yang digunakan memberikan โ€œefek pendinginan dan nuansa kapas“! Dimana, bahan ini adem dan ringan saat digunakan. 

Mukena ini mudah kering, ringan, tahan lama, dan rasa lebih lembut. Dilengkapi pula dengan perlindungan UV 20+ dan tidak mudah kusut. Mukena ini mudah dilipat dan dibawa kemana-mana, sehingga memberikan rasa nyaman saat beribadah. Warnanya terlihat seperti baru untuk jangka panjang. 

Desain kepala klasik yang cocok untuk semua jenis wajah dan terasa aman dengan bantalan karet di dahi. Dimana, desain ini mampu menahan wajah agar tidak bergerak saat sholat dan tidak memberikan efek kesemutan akibat grip.

Penggunaan desain renda di kepala sama dengan renda di sekitar mukena. Terdapat 5 pilihan warna cantik yaitu white, black, ash green, ash blue, dan nude pink.

4. Sophia Prayer Set by Lozy Hijab

Source: Zalora

Mukena set motif special kolaborasi Lozy x Heidy ini terbuat dari bahan silk dengan motif bunga yang dapat menambah kecantikan mukena saat dipakai. Terdapat resleting pada bagian depannya, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat dipakai. Material yang premium akan memberikan kenyamanan saat beribadah.

Baca juga : Doa Minum Susu 1 Muharram dan Keutamaannya

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama