Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Beserta Latinnya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Ayat Kursi terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat ke 255. Surat ini adalah salah satu ayat yang paling mulia dan sering dihafal serta dibaca oleh umat Islam. Ayat ini mengandung makna yang sangat mendalam tentang keesaan dan kemahakuasaan Allah. Serta menjadi pengingat bagi umat manusia akan perlindungan dan kekuasaan Allah yang meliputi seluruh alam semesta. 

Menurut sebuah hadits, Ayat Kursi merupakan ayat paling utama dalam Al-Qur’an, sebagaimana diriwayatkan Imam Ahmad berikut:

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ سَعِيدٍ الْجَرِيرِيِّ عَنْ أَبِي السَّلِيلِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَبَاحٍ، عَنْ أُبَيٍّ -هُوَ ابْنُ كَعْبٍ-أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَهُ: “أَيُّ آيَةٍ فِي كِتَابِ اللَّهِ أَعْظَمُ”؟ قَالَ: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. فَرَدَّدَهَا مِرَارًا ثُمَّ قَالَ أُبَيٌّ: آيَةُ الْكُرْسِيِّ. قَالَ: “لِيَهْنك الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّ لَهَا لِسَانًا وَشَفَتَيْنِ تُقَدِّسُ الْمَلِكَ عِنْدَ سَاقِ الْعَرْشِ”

Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Sa’id Al-Jariri, dari Abus Salil, dari Abdullah ibnu Rabah, dari Ubay ibnu Ka’b, bahwa Nabi SAW pernah bertanya kepadanya, “Ayat Kitabullah manakah yang paling agung?” Ubay menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi SAW mengulang-ulang pertanyaannya, maka Ubay menjawab, “Ayat Kursi.” Lalu Nabi SAW bersabda, “Selamatlah dengan ilmu yang kamu miliki, hai Abul Munzir. Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya ayat Kursi itu mempunyai lisan dan sepasang bibir yang selalu menyucikan Tuhan Yang Mahakuasa di dekat pilar Arasy.”

Berikut bacaan Ayat Kursi beserta terjemahannya. Yuk, simak bacaannya seperti apa berikut ini!

Baca juga : Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Beserta Arti

Bacaan Ayat Kursi dan Terjemahannya

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ ٢٥٥

“Allāhu lā ilāha illā huw(a), al-ḥayyul-qayyūm(u), lā ta’khużuhū sinatuw wa lā naum(un), lahū mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ(i), man żal-lażī yasyfa’u ‘indahū illā bi’iżnih(ī), ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭūna bisyai’im min ‘ilmihī illā bimā syā'(a), wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ(a), wa lā ya’ūduhū ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm(u)”

Artinya : “Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

1. Ayat Paling Diberkahi

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dari HR. Imam Abu Hamid bin Muhammad Al-Ghozali. Dimana, dalam artinya berbunyi : 

“Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi.” (HR. Imam Abu Hamid Bin Muhammad Al-Gozhali).

3. Ayat Pembuka Segala Kesusahan

Ayat Kursi dianggap sebagai ayat yang memiliki kekuatan luar biasa untuk mengatasi berbagai kesulitan dan memberikan ketenangan hati. Sebagai ayat pembuka segala kesusahan, Ayat Kursi mengingatkan kita akan keagungan Allah SWT yang tiada tanding. Membaca dan merenungkannya dapat menjadi sumber kekuatan dan ketenangan. Mengingatkan kita bahwa Allah selalu hadir untuk melindungi dan membantu dalam menghadapi segala tantangan hidup.

Sesuai sabda Rasulullah SAW yang artinya : 

Artinya: “Barangsiapa yang belajar Ayat Kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu yang mana saja dipersilahkan.”

3. Memudahkan Sakaratul Maut

Membaca Ayat Kursi dapat memberikan ketenangan dan perlindungan dari Allah SWT, terutama pada saat-saat kritis seperti sakaratul maut. Ayat ini mengandung pesan tentang kekuasaan Allah yang meliputi segala sesuatu dan menegaskan bahwa tidak ada yang dapat terjadi tanpa izin-Nya. Nantinya saat sakaratul maut, dapat membantu mengurangi rasa takut dan memberikan ketenangan bagi orang yang sedang menghadapi kematian. 

4. Terdapat Izmul Adzam

Keutamaan membaca Ayat Kursi adalah karena di dalamnya terdapat Izmul Azham, dimana Ayat Kursi sebagai ayat yang paling agung. Apabila membaca Ayat Kursi, maka Allah akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan. Ketika seseorang membaca Ayat Kursi dengan penuh keyakinan dan keikhlasan, Allah akan mengabulkan segala doa yang diminta. Ayat ini juga memberikan perlindungan dan ketenangan hati bagi yang membacanya, serta mendatangkan berbagai keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. 

5. Seperti Pahala Mati Syahid

Salah satu keutamaan membaca Ayat Kursi lainnya adalah memberikan pahala setara dengan pahala mati syahid. Membaca Ayat Kursi setiap hari, khususnya setelah salat fardu, mampu mendatangkan perlindungan Allah dan menjaga dari gangguan setan. Selain itu, membaca Ayat Kursi dapat mengangkat derajat seseorang di sisi Allah.

Dengan membacanya, tak hanya sebagai bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga membawa keberkahan dan pahala yang besar. Setara dengan pahala orang yang mati syahid di jalan Allah.

Sesuai sabda Rasulullah SAW dari HR. Hakim yang berbunyi:

من قرأ آية الكرسى دبر كل صلاة كان الذى يلى قبض روحه ذو الجلال والإكرام وكان كمن قاتل عن أنبياء الله ورسله حتى يستشهد

Artinya: “Barang siapa membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri dan ia bagaikan orang yang berperang bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid.” (HR. Hakim).

Baca juga : Bacaan Doa Niat Puasa Rajab dan Keutamaannya

Rekomendasi Mukena Simple dan Elegan

Source: Zalora

Mukena Balqis Ufaira dari Tatuis ini begitu simple dalam balutan warna bernuansa putih. Set mukena warna basic ini dipercantik dengan detail brokat trim pada bagian tepinya. Terbuat dari bahan rayon yang tidak transparan, ringan, dan tidak stretch. ZALORAns akan mendapatkan tas dengan desain senada juga. Sehingga, kamu bisa membawanya kemana saja dengan mudah dan praktis!

Baca juga : Doa Berbuka Puasa Ramadan Beserta Artinya

Itulah bunyi bacaan, terjemahan, dan keutamaan membaca Ayat Kursi secara rutin setiap hari. 

Mau cari berbagai perlengkapan shalat dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama