Ayat Seribu Dinar, Bacaan dan Keutamaan untuk Pintu Rezeki

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Ayat Seribu Dinar diambil dari Surah At-Talaq ayat 2-3. Dengan membaca Ayat Seribu Dinar dapat membuka pintu rezeki yang tidak disangka-sangka datangnya. Keyakinan ini mengajarkan umat Islam untuk selalu bertawakal, percaya, dan menjalankan perintah-Nya dengan penuh keikhlasan. Serta meyakini bahwa Allah selalu mencukupi kebutuhan hamba-Nya dengan cara yang tidak terduga. Ayat ini sering dijadikan pedoman untuk mendapatkan keberkahan dalam rezeki dan kehidupan sehari-hari.

Berikut bunyi bacaan Ayat Seribu Dinar beserta terjemahannya, yuk simak bersama bacaan Ayat Seribu Dinar dibawah ini!

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Beserta Latinnya

Bacaan Ayat Seribu Dinar dan Terjemahannya

Untuk bunyi bacaan Ayat Seribu Dinar beserta artinya sebagai berikut: 

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ ٢ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“Wa may yattaqillāha yaj’al lahụ makhrajā wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā”

Artinya: “Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At Talaq: 2-3).

Keutamaan Membaca Ayat Seribu Dinar

1. Meningkatkan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Ketika ZALORAns rutin membaca dan merenungkan ayat ini, hatinya akan semakin dekat dengan Allah dan keimanannya akan semakin kokoh. Selain itu, ayat ini mengajarkan bahwa ketakwaan bukan hanya berupa ibadah, tetapi juga mencakup sikap yang selalu bersandar kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan.

Sehingga, rasa cinta dan iman kita kepada Allah semakin meningkat pula. 

2. Mendapatkan Rezeki Dari Pintu Mana Saja

Ayat Seribu Dinar dikenal sebagai ayat yang memiliki keutamaan mendatangkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka dan tak pernah terpikirkan sebelumnya. Ayat ini adalah bagian dari Surah At-Talaq ayat 2-3. Dimana, ayat ini menyatakan bahwa barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memberinya jalan keluar dari segala kesulitan. Serta, memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. 

Keutamaan ayat ini diyakini sebagai sumber keberkahan dan solusi dari berbagai permasalahan hidup, termasuk dalam hal rezeki. Ayat ini mengingatkan bahwa ketakwaan dan keyakinan kepada Allah akan membuka pintu-pintu rezeki yang tak terduga.

Mengajarkan umat Islam untuk selalu bergantung kepada-Nya dan tetap berikhtiar dengan penuh keikhlasan.

3. Mendapatkan Kemudahan Dari Allah SWT

Membaca Ayat Seribu Dinar sebagai salah satu amalan yang mendatangkan kemudahan dari Allah SWT. Ayat ini mengandung makna dan pesan tentang ketakwaan dan tawakkal kepada Allah. Dalam ayat tersebut, Allah menjanjikan bahwa siapa saja yang bertakwa kepada-Nya akan diberikan jalan keluar dari setiap kesulitan. 

Oleh karena itu, dengan rutin membaca dan mengamalkan ayat ini. Serta, diiringi dengan keyakinan penuh dan tawakal, Insya Allah kita akan merasakan kemudahan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Juga akan mendapatkan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT.

Baca juga : Niat Puasa Sunnah Senin Kamis, Bacaan Doa dan Keutamaan

Kapan Waktu Terbaik Mengamalkan Ayat Seribu Dinar

1. Setelah Shalat Tahajud

Shalat tahajud menjadi salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir, shalat ini menjadi momen istimewa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam keheningan malam, seorang Muslim berwudhu, kemudian berdiri menghadap kiblat dengan penuh khusyu’. 

Shalat tahajud biasanya diawali dengan dua rakaat dan dapat dilanjutkan hingga delapan rakaat atau lebih, sesuai kemampuan dan keinginan individu. Setelah itu, doa dan dzikir dipanjatkan dengan harapan mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah SWT. Saat inilah ZALORAns bisa membaca Ayat Seribu Dinar.

2. Saat Waktu Sahur

Saat waktu sahur tiba, maka saat inilah menjadi waktu yang penuh berkah, di mana doa-doa yang dipanjatkan memiliki keutamaan tersendiri. Apalagi ketika sahur di bulan Ramadhan. Mengamalkan Ayat Seribu Dinar di bulan Ramadhan membuat segala doa yang dipanjatkan diijabah oleh Allah SWT.

3. Setelah Shalat Subuh

Setelah menunaikan shalat Subuh, suasana pagi yang masih sepi membawa kedamaian tersendiri. Manfaatkanlah waktu ini untuk berdoa dan merenung, meminta kekuatan dan petunjuk untuk hari yang akan dijalani. 

ZALORAns bisa membaca Ayat Seribu Dinar setelah melaksanakan shalat Subuh. Jika ZALORAns belum bisa melaksanakan shalat tahajud, maka kesempatan inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk membacanya. Sembari menunggu melaksanakan aktivitas pagi, ZALORAns bisa berdoa dan berdzikir untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

4. Ketika Mengalami Masalah Keuangan

Apakah ZALORAns pernah mengalami kesulitan? Lalu, kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya namun masih belum teratasi? Ingatlah, dalam berikhtiar juga harus dibarengi dengan doa. 

Ketika menghadapi kesulitan keuangan, banyak orang mencari berbagai cara untuk mendapatkan ketenangan dan solusi. Dengan membaca Ayat Seribu Dinar dapat menjadi salah satu cara untuk mencari pertolongan. Ayat ini diambil dari Surah At-Talaq ayat 2-3 yang menyatakan, “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” 

Membaca ayat ini dapat mengingatkan kita bahwa dengan menjaga ketakwaan dan mengandalkan ketentuan dari Allah, kita akan mendapatkan jalan keluar dari kesulitan yang sedang dihadapi. Bacalah Ayat Seribu Dinar sebanyak 33 kali sehari secara rutin. Maka Allah akan memberikan jalan keluar kepadamu tanpa diduga darimana arah datangnya.

Baca juga : Daftar Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Beserta Arti

Rekomendasi Mukena Ternyaman

Source: Zalora

Koleksi Muesli Mukena dari Intresse ini bisa jadi pilihan mukena yang sempurna untuk menemani ibadahmu setiap saat. Set mukena dengan desain contrast trim ini menampilkan modern modest look. Dengan kombinasi warna putih dan coklat pada bagian tepinya, menjadikannya lebih statement dan menarik. 

Terbuat dari material katun yang tidak transparan, ringan, dan tidak stretch. Untuk bawahannya juga dilengkapi dengan karet pinggang elastis. ZALORAns akan mendapatkan tas mukena dengan warna senada. Sehingga, ZALORAns bisa membawa dan mengenakannya dengan praktis dimanapun tanpa ribet! 

Baca juga : Apa Saja Sih Larangan Saat Puasa?

Itulah bacaan dan terjemahan Ayat Seribu Dinar, serta keutamaan yang akan kamu dapatkan jika mengamalkannya dalam kehidupan sehari-harimu. Jangan lupa untuk selalu membacanya sebagai bentuk ikhtiar mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mau cari berbagai perlengkapan shalat dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama