Apa Itu Tawaf Haji? Mengenal Macam, Rukun, dan Tata Cara

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Sebentar lagi umat Muslim yang berhaji akan melaksanakan serangkaian proses ibadah haji di Tanah Suci. Salah satu rangkaian yang dijalani adalah Tawaf. Tahukah kamu apa itu Tawaf? Tawaf dilakukan dalam ibadah haji oleh umat Islam. Tawaf dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali searah jarum jam yang dimulai dari Hajar Aswad. Setiap putaran dimulai dan diakhiri di titik ini dan pada setiap putaran, jamaah dianjurkan untuk mengucapkan doa dan dzikir kepada Allah. 

Sebelum mengerjakan Tawaf, ZALORAns harus mengetahui terlebih dahulu syarat sah, rukun, macam, dan tata cara pelaksanaannya. ZALORA sudah merangkum beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai Tawaf. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Tutorial Cara Memakai Kain Ihram yang Benar

Syarat Sah Tawaf

  1. Suci dari hadas kecil dan hadas besar
  2. Suci dari khabaits yaitu pakaian harus suci dari hadas dan najis)
  3. Menutup aurat
  4. Sudah khitan bagi laki-laki
  5. Mengenakan pakaian ihram (bukan pakaian maghsub, tidak terbuat dari kulit hewan yang dimakan dagingnya, dan tidak terbuat dari sutra atau emas)

Rukun Tawaf

  1. Niat
  2. Melaksanakan Tawaf sambil berjalan kaki
  3. Memulai Tawaf dari Hajar Aswad
  4. Baitullah berada di samping kirinya
  5. Memasukkan Hijir Ismail dalam Tawaf
  6. Semua badan harus berada di luar Baitullah. Apabila seseorang berjalan di atas trap Ka’bah maka tidak sah Tawafnya. Karena, trap Ka’bah termasuk bagian dari bangunan Ka’bah. 

Begitu pula jika tangannya (lurus ke bawah) segaris dengan trap Ka’bah, maka Tawafnya tidak sah. 

  1. Melaksanakan Tawaf antara Ka’bah dan Maqam Ibrahim
  2. Melaksanakan Tawaf sebanyak tujuh kali putaran, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang

Macam-Macam Tawaf

1. Tawaf Ziarah atau Tawaf Ifadah

Disebut sebagai Tawaf Ifadah karena kembali dari Mina ke Mekkah. Tawaf Ifadah ini dilaksanakan setelah manasik di Mina, dimana termasuk melontar Jumrah Aqabah, menyembelih, dan bercukur. Lalu, kembali ke Mekkah untuk kemudian melaksanakan Tawaf.

Tawaf Ziarah atau Ifadah ini termasuk rukun haji, sehingga jika ditinggalkan maka ibadah haji dianggap tidak sah.

Lalu, tahukah kamu mengapa Tawaf Ifadah ini juga disebut sebagai Tawaf Ziarah? Karena Tawaf ini meninggalkan Mina dan menziarahi Baitullah. Dinamakan juga sebagai Tawaf Haji karena termasuk rukun haji.

2. Tawaf Qudum

Tawaf ini termasuk sunnah untuk dilakukan. Seperti halnya shalat tahiyatul masjid, dimana tawaf ini dilakukan ketika memasuki Mekkah. Tawaf Qudum dilaksanakan oleh orang-orang yang bukan orang Makkah dan sekitarnya.

3. Tawaf Wada’

Tawaf Wada’ dilakukan oleh orang yang berhaji ketika akan meninggalkan Makkah. Nah, Tawaf Wada’ hukumnya wajib dalam haji. Sehingga jika meninggalkan Tawaf Wada’, maka berdosa dan wajib diganti dengan denda atau dam.

Namun, bila tidak melaksanakannya tidak menyebabkan batalnya ibadah haji.

4. Tawaf Sunnah

Sesuai dengan namanya, Tawaf Sunnah bisa dilaksanakan kapan saja dan apabila ditinggalkan tidak berpengaruh pada batalnya ibadah haji. Serta, tidak perlu membayar dam.

Tawaf Sunnah dilakukan setiap kali memasuki Masjidil Haram tanpa pakaian ihram dan tidak termasuk dalam rangkaian ibadah haji. Jika melakukan Tawaf Sunnah tidak diikuti dengan Sa’i. 

5. Tawaf Nazar

Tawaf Nazar berarti dilaksanakan bagi kamu yang memiliki nazar tawaf. Di mana, seperti nazar yang lainnya bahwa Tawaf Nazar wajib dilaksanakan. Untuk waktu pelaksanaannya bisa kapan saja.

Baca juga : Apa Itu Haji Furoda? Ketahui Pengertian dan Biaya

Tata Cara Pelaksanaan Tawaf

  1. Pada laki-laki, meletakkan bagian tengah kain ihram di bawah ketiak sebelah kanan, sedangkan ujung kainnya diletakkan di atas pundak kiri. Sehingga, pundak kiri tertutup dan pundak kanan terbuka.
  2. Ketika sampai di sudut Hajar Aswad, menciumnya, memegangnya atau memberikan isyarat dengan tangan dan menciumnya. Bisa juga menyentuhnya dengan tongkat atau menjadikan Ka’bah berada di sebelah kirinya. Lakukan setiap satu putaran tawaf.
  3. Membaca takbir “Bismilahi wallahu akbar”.
  4. Bacalah doa berikut ini ketika berada di antara Rukun Yamani dan sudut Hajar Aswad:

 رَبَّنَا ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

  1. Bacalah doa apa saja ketika melaksanakan Tawaf.
  2. Setelah Tawaf, melanjutkan ke Maqam Ibrahim dan membaca bacaan berikut ini:

وَاتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرٰهٖمَ مُصَلًّىۗ

  1. Kemudian melaksanakan shalat dua rakaat. Dimana, pada rakaat pertama membaca surah Al-Kafirun, sedangkan pada rakaat kedua membaca surah Al-Ikhlas.
  2. Setelah serangkaian ibadah Tawaf selesai, disunnahkan minum air zam-zam.

Rekomendasi Gamis Putih Ternyaman

1. Hana White Abaya by Zaylila

Source: Zalora

Hana White Abaya dari Zaylila ini merupakan abaya simple yang terbuat dari bahan nyaman dan jatuh. Abaya one piece ini terdiri dari dua layer, sehingga membuatnya lebih menarik. Terdapat bukaan depan resleting yang cocok dipakai untuk busui.

Didesain dengan style lengan puff dan manset yang nyaman. Kalau ZALORAns mencari abaya putih polos, abaya ini menjadi pilihan sempurna untukmu!

2. Hasna Abaya Set by Lozy Hijab

Source: Zalora

One set gamis abaya berikutnya dari koleksi Lozy Hijab! Dibuat dengan bahan airflow crinkle yang ringan dan lembut. Tak hanya itu, abaya ini juga sudah dilengkapi dengan khimar multifungsi yang bisa dijadikan niqab. Cocok banget dipakai saat berada di Tanah Suci!

3. Apsara Set Dress White by Anggiasari Mawardi

Source: Zalora

Apsara Set merupakan koleksi terbaru dari Anggia syar’i yang dapat digunakan untuk ibadah haji dan umroh. Terbuat dari bahan Najla Premium dengan karakteristik bahannya yang super flowy, ringan, dingin, dan elegan.

Dibuat dengan ketebalan bahan yang pas, sehingga nyaman untuk digunakan daily maupun ketika melaksanakan rangkaian ibadah haji. Abaya ini juga busui friendly lho! Dimana, dilengkapi juga dengan zipper dan juga wudhu friendly.

4. Haiba Abaya Set Broken White by Lozy Hijab

Source: Zalora

Masih dari koleksi Lozy Hijab nih! One set gamis Haiba Abaya ini dibuat dengan hijab multifungsi yang bisa dijadikan niqab. Dibuat dari material airflow crinkle yang adem dan anti kusut, sehingga nyaman banget dipakai seharian.

Pada bagian lengannya dilengkapi dengan aksesoris beads, sehingga menambah keanggunan saat dipakai.

Baca juga : Rangkaian Pelaksanaan Ibadah Haji, Lengkap Sampai Akhir

Itulah beberapa hal yang perlu ZALORAns ketahui mengenai Tawaf. Mulai dari pengertian, syarat sah, rukun, macam, hingga tata cara pelaksanaannya. Kini, kamu sudah paham dan siap melaksanakan ibadah haji dengan lancar!

Mau cari berbagai busana muslim yang menarik dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama