Apa Itu Haji Furoda? Ketahui Pengertian dan Biaya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Setiap Muslim tentunya ingin pergi ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam yang kelima. Ibadah haji dilaksanakan bagi umat Muslim yang mampu, baik secara fisik maupun finansial. Terdapat beberapa jenis program haji resmi yaitu haji reguler, haji khusus (ONH Plus), dan haji Furoda. 

Diantara beberapa jenis program haji tersebut, terdapat program haji Furoda yang membutuhkan biaya lebih mahal dibandingkan program haji lainnya. Mengapa bisa demikian? Memang apa sih kelebihannya jika dibandingkan dengan program haji lainnya? Mari simak penjelasan mengenai apa itu haji Furoda hingga biaya dan kelebihannya berikut ini!

Baca juga : Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji 2024 dengan Mudah

Apa Itu Haji Furoda

Haji Furoda adalah jenis pelaksanaan ibadah haji yang tidak menggunakan kuota pemerintah Indonesia, melainkan langsung melalui visa undangan dari pemerintah Arab Saudi. Program ini menawarkan kesempatan bagi calon jamaah untuk menunaikan haji tanpa harus menunggu bertahun-tahun dalam antrian kuota reguler. Sehingga, proses keberangkatan bisa lebih cepat. 

Meski demikian, biaya yang harus dikeluarkan untuk haji Furoda lebih tinggi dibandingkan dengan haji reguler. Program ini menjadi alternatif menarik bagi ZALORAns yang memiliki kemampuan finansial lebih dan ingin segera menunaikan ibadah haji tanpa harus menunggu lama. Oleh karena itu, haji furoda juga disebut sebagai haji tanpa antre atau haji non-kuota.

Biaya Haji Furoda 2024

Menurut Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH), biaya untuk haji Furoda setiap tahun berbeda. Perbedaan harga ini tergantung pada paket yang ditawarkan oleh Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Khusus (PIHK). Untuk biaya haji Furoda berkisar antara USD 23.000 hingga USD 60.000. Dimana, biaya tersebut sekitar Rp 373,9 juta hingga Rp 975,3 juta jika dihitung dalam rupiah menggunakan kurs sekitar Rp 16.255. 

Meskipun harganya mahal, namun haji Furoda tetap menjadi pilihan bagi calon jamaah haji yang menginginkan pengalaman haji yang lebih nyaman tanpa harus menunggu antrean panjang kuota haji reguler.

Kelebihan dan Kekurangan Haji Furoda

1. Kelebihan Haji Furoda

  1. Kamu tidak perlu mengantri lama selama bertahun-tahun untuk melaksanakan ibadah haji. Bahkan, kamu bisa berangkat di tahun yang sama dengan tahun pendaftaran haji mu.
  2. Legalitas terjaga, sehingga ZALORAns bisa melaksanakan ibadah haji dengan tenang tanpa perlu khawatir bermasalah mengenai perizinan. Karena, program haji ini resmi dari Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. 

2. Kekurangan Haji Furoda

  1. Untuk mendapatkan visa haji belum mendapatkan kepastian 100 persen, karena visa haji Furoda terbit paling akhir dibandingkan program haji yang lain. Sehingga, mengenai waktu keberangkatan belum pasti.
  2. Mudah terjadi perubahan aturan dari pemerintah Arab Saudi
  3. Biaya haji Furoda dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga : Ketahui Syarat Wajib dan Rukun Haji Sesuai Syariat

Rekomendasi Gamis Simple dan Nyaman

Source: Zalora

Hafisa Abaya dari Lozy Hijab ini merupakan one set gamis dan hijab terbaru dengan bahan jersey yang ringan dan lembut. Bahan jersey yang jatuh menjadikan abaya ini terasa sejuk saat digunakan. Semakin anggun dengan sentuhan detail kancing di bagian lengan, sehingga tetap wudhu friendly. Sudah satu set dengan kerudung yang dilengkapi inner terpisah. Gamis putih polos ini begitu sempurna untuk ZALORAns yang lebih menyukai gamis yang simple!

Baca juga : 6 Merk Gamis Branded yang Wajib Dikoleksi

Nah, itulah beberapa hal mengenai haji Furoda. Mulai dari apa itu haji Furoda, biaya haji Furoda, hingga kekurangan dan kelebihan dari program haji Furoda. Apakah ZALORAns tertarik mengikuti program haji Furoda?

Mau cari berbagai koleksi gamis yang nyaman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama