Mengenal Karakteristik Bahan Rayon

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!” 

Bahan Rayon adalah salah satu jenis kain yang cukup populer di Indonesia dan masih menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia karena memiliki karakteristik yang nyaman dan sejuk. Ia biasanya akan terlihat berkilau dan juga tidak mudah kusut.

Di samping itu, bahan Rayon mempunyai berbagai macam tipe dan kegunaan, begitu juga karakteristiknya. Biasanya rayon sering digunakan untuk membuat pakaian, seperti daster, kemeja, dan rok.

Baca juga : Mengenal Karakteristik dan Jenis Kain Katun

Apa Itu Rayon?

Rayon adalah serat semi sintetis yang terbuat dari selulosa. Selulosa adalah bahan yang terdapat pada tumbuhan, seperti kayu, kapas, dan hemp. Serat rayon dibuat dengan cara mengolah selulosa menjadi pulp, kemudian pulp diubah menjadi serat yang bisa digunakan untuk membuat kain, karena inilah rayon bisa jadi adem dan nyaman.

Karakteristik Bahan Rayon

Kain rayon memiliki karakteristik yang nyaman dan sejuk. Kain ini memiliki daya serap keringat yang baik, sehingga cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia. Selain itu, kain rayon juga memiliki tekstur yang lembut dan halus.

Kelebihan Kain Rayon

Bahan Rayon mempunyai banyak kelebihan. Salah satunya karakteristiknya yang ringan, karena teksturnya ini membuat rayon sering digunakan untuk pakaian sehari-hari. Selain itu, rayon juga terkenal murah namun terlihat sangat bagus karena tampak seperti sutra. Bahan kain ini juga termasuk salah satu bahan yang breathable sehingga terasa sejuk saat digunakan. 

Baca juga : Ketahui Cara Membedakan Kain Sutra Asli dan Palsu

Kekurangan Bahan Rayon

Walaupun mempunyai banyak kelebihan, rayon juga mempunyai kekurangannya. Kain rayon ini mudah menyusut karena kain ini terbuat dari tumbuhan sehingga cukup sensitif. Maka dari itu, merawat kain bahan rayon perlu hati-hati. Bahan rayon juga mudah berbau karena kemampuannya dalam menyerap kelembaban yang baik dan mudah terbakar sehingga tidak bisa disetrika terlalu panas.

Penggunaan & Perawatan

Kain rayon banyak digunakan untuk membuat pakaian, seperti daster, kemeja, dan rok. Rayon juga bisa digunakan untuk membuat selimut, sprei, dan tirai.

Kain rayon sangat mudah dirawat, bisa dicuci dengan tangan atau mesin cuci. Namun, sebaiknya gunakan deterjen yang lembut dan jangan mencuci kain rayon dengan suhu yang terlalu tinggi. 

Baca juga : Rekomendasi Baju Dinas Malam Istri, Suami Auto Nagih!

Jenis-Jenis Bahan Rayon

Rayon sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satu jenis rayon yang paling umum adalah Viskosa. Viskosa memiliki tekstur yang lembut dan halus, biasa digunakan untuk blus dan gaun musim panas. Selain itu, ada Lyocell, jenis rayon yang terbuat dari selulosa yang diolah dengan proses ramah lingkungan. Lyocell memiliki tekstur yang lebih kuat dan tahan lama, biasa digunakan untuk kaos, blus dll.

Nah, jenis rayon apa yang paling sering kamu ditemukan? Yuk cek baju bahan rayon disini!

Penulis: Audrylea Reika