Mengenal Bahan Crinkle Karakteristik dan Kelebihannya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Bahan crinkle merupakan salah satu bahan pakaian yang tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Bahan ini memiliki tekstur unik yang menyerupai kulit jeruk, sehingga sering disebut juga sebagai bahan kulit jeruk. Meskipun memiliki tekstur yang tidak rata, bahan crinkle tetap terasa lembut dan nyaman saat dikenakan. Nah, sebenarnya bagaimana sih karakteristik dan keistimewaannya? Yuk, simak artikel berikut ini ZALORAns!

Karakteristik Bahan Crinkle

Crinkle memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya menjadi kain pakaian yang populer. Karakteristik tersebut antara lain.

Bahan crinkle merupakan salah satu bahan pakaian yang tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Bahan ini memiliki tekstur unik yang menyerupai kulit jeruk, sehingga sering disebut juga sebagai bahan kulit jeruk. Meskipun memiliki tekstur yang tidak rata, kain ini tetap terasa lembut dan nyaman saat dikenakan.

Baca juga : Apa itu Bahan Linen dan Kelebihannya

Karakteristik Bahan Crinkle

Bahan crinkle memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya menjadi material pakaian yang populer. Yang pertama, karakteristik teskturnya sangat unik, menyerupai kulit jeruk. Tekstur ini terbentuk karena proses pengerjaan kain yang dikerutkan dengan cara di-press atau di-steam.

Kedua, kain ini juga bahan yang nyaman, lembut dan adem. Hal ini membuat bahan ini sangat nyaman untuk dikenakan, terutama di cuaca yang panas. Crinkle juga memiliki kualitas yang baik dan tahan lama sehingga tidak mudah luntur atau rusak, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Jenis-Jenis Bahan Crinkle

Bahan crinkle memiliki beberapa jenis yang berbeda, tergantung pada bahan baku yang digunakan. Salah satu jenis nya adalah bahan crinkle katun yang terbuat dari serat katun yang dikerutkan. Bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan adem, serta menyerap keringat dengan baik.

Kedua, ada crinkle polyester. Seperti namanya, ia adalah jenis kain crinkle yang terbuat dari serat polyester. Bahan ini memiliki tekstur yang unik, tahan luntur, embut, serta tahan lama.

Terakhir ada kain crinkle rayon. Bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan jatuh, serta menyerap keringat dengan baik.

Pemanfaatan Bahan Crinkle

Kain crinkle dapat digunakan untuk berbagai macam pakaian, mulai dari atasan, bawahan, hingga outerwear. Beberapa item pakaian yang sering dibuat dari material crinkle antara lain:

Dress

Source: Zalora

Dress berbahan crinkle sangat cocok untuk digunakan dalam acara formal maupun informal. Dress ini akan membuat penampilan kamu terlihat stylish dan elegan. Selain itu juga memberikan tampilan yang lebih unik ketimbang kain lainnya.

Baca juga : OOTD untuk Badan Berisi, Makin Stylish dan Modis

Kemeja

Source: Zalora

Kemeja berbahan crinkle sangat cocok untuk digunakan dalam acara kasual karena ia memiliki tekstur yang unik dan lembut, serta tahan lama dan juga terbuat dari serat polyester. Kemeja ini akan membuat penampilan kamu terlihat santai dan nyaman.

Celana

Tak ketinggalan, celana berbahan crinkle sangat cocok untuk digunakan dalam acara kasual maupun formal. Celana ini akan membuat penampilan kamu terlihat trendy dan stylish. Beberapa contohnya seperti celana kulot wanita yang kini tengah populer.

Baca juga : Warna yang Harus Dihindari Kulit Sawo Matang, Pastel Salah Satunya

Tips Merawat Bahan Crinkle

Crinkle merupakan material pakaian yang unik, nyaman, dan stylish. Bahan ini dapat digunakan untuk berbagai macam pakaian, sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin tampil modis dan trendy. Selain itu perawatannya juga cukup mudah.

Kamu cukup mencucinya dengan tangan saja. Dengan cara ini, dapat menghindari kerusakan pada teksturnya. Jangan lupa juga untuk menggunakan deterjen lembut untuk mencuci. Selain itu, hindari merendam untuk menghindari kerusakan pada warnanya.

Nah, jenis bahan crinkle apa yang paling sering kamu ditemukan? Yuk temukan berbagai baju dengan material crinkle di ZALORA!

Penulis: Audrylea Reika