Ketahui Ragam Ukuran Celana Wanita

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Ukuran celana wanita dapat bervariasi tergantung pada merek, bahan, modelnya. Di banyak negara, ukuran celana wanita umumnya diukur menggunakan angka dan huruf. Angka mengacu pada lingkar pinggang dan pinggul, sementara huruf mengacu pada panjang atau lebar celana. 

Setiap merek mungkin memiliki sedikit perbedaan dalam pengukurannya, jadi selalu disarankan untuk memeriksa panduan ukuran yang diberikan oleh produsen pakaian atau toko tempat kamu berbelanja. Selain itu, banyak toko pakaian juga menyediakan ukuran dalam bentuk XS, S, M, L, dan sebagainya yang juga bisa menjadi referensi saat memilih celana.

Menentukan ukuran celana wanita yang tepat memang merupakan hal yang perlu diperhatikan. Ukuran yang pas akan berpengaruh pada kenyamanan saat dipakai. Dengan mengukur tubuh dengan benar, memperhatikan panduan size, mencoba beberapa ukuran, dan mempertimbangkan bentuk serta model celana, kamu akan dapat menemukan celana yang cocok dengan tubuhmu yang nyaman. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual jika kamu membutuhkan bantuan tambahan saat berbelanja. 

Dengan pemahaman tentang ukuran celana wanita, kamu akan lebih mudah untuk berbelanja. Oleh karena itu, yuk simak beberapa penjelasan yang perlu kamu tahu berikut ini!

Baca juga : Outfit Jogging Terbaik, Stylish dan Nyaman!


Jenis Ukuran Celana Wanita

1. Penggunaan Penamaan Ukuran Celana Menggunakan Huruf

Source: Zalora

Ukuran celana wanita sering kali diidentifikasi dengan huruf yang mencerminkan lebar pinggang dan pinggul. Huruf-huruf ini sering digunakan untuk memberikan petunjuk tentang berbagai ukuran celana yang tersedia di pasaran. Contohnya, huruf “S” biasanya mengindikasikan ukuran celana yang lebih kecil yang cocok untuk pinggang dengan lingkar lebih kecil. 

Di sisi lain, huruf “L” atau “XL” menunjukkan ukuran yang lebih besar, cocok untuk pinggang yang lebih lebar atau untuk menciptakan tampilan yang lebih longgar.

Huruf “M” mewakili ukuran menengah, sementara huruf-huruf lainnya seperti “XS” atau “XXL” merujuk pada ukuran ekstra kecil atau ekstra besar. Memahami ukuran celana berdasarkan huruf adalah kunci untuk menemukan celana yang paling sesuai dengan bentuk tubuhmu.

Ketahui terlebih dahulu ukuran lingkar pinggul dan pinggang mu, kemudian perhatikan tabel ukuran celana wanita di atas. Misalnya, kamu memiliki ukuran lingkar pinggul 104 cm dan pinggang 77 cm, maka kamu bisa pilih celana ukuran M ya!

2. Penggunaan Penamaan Ukuran Celana Menggunakan Angka

Source: Zalora

Ukuran celana wanita yang biasanya menggunakan size berupa angka adalah celana jeans yang umumnya diukur dengan angka yang mencerminkan lingkar pinggang dan panjang kaki celana. Lingkar pinggang mengacu pada ukuran sekitar pinggang, sedangkan panjang kaki adalah ukuran dari pinggul hingga bawah celana. 

Ukuran celana dapat bervariasi tergantung brandnya, sehingga perhatikan ukuran lingkar pinggang dan panjang kakimu untuk memudahkanmu mengetahui size celana jeans yang pas untukmu. Misalnya, kamu memiliki lingkar pinggang 76 cm dan panjang kaki bagian dalam 83 cm, maka bisa dilihat berdasarkan tabel size celana jeans diatas bahwa ukuran celana yang cocok untukmu adalah 30.

Bagaimana mudah bukan? Itulah dua jenis model penamaan ukuran celana pada wanita yang bisa kamu jadikan panduan dalam memilih celana sebelum membelinya, baik membeli secara online maupun offline agar tidak kekecilan atau kebesaran.

Baca juga : Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju, Mudah dan Ampuh

Mau cari produk pakaian berkualitas dengan harga terjangkau dari berbagai brand ternama? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo dan diskon menarik lainnya khusus untukmu

Penulis: Fitrian Nurentama