Ketahui Jenis Motif Batik Betawi dan Rekomendasinya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Batik Betawi merupakan salah satu warisan budaya khas dari Betawi, Jakarta. Batik ini memiliki ciri khas dengan corak warnanya yang cerah dan mencolok, seperti merah, kuning, hijau, dan lainnya. Motif batik Betawi sering digunakan sebagai busana atasan maupun bawahan yang membuat desain lebih menarik.

Tahukah kamu ada motif batik Betawi apa aja sih? Ada beberapa jenis motif batik Betawi yang harus ZALORAns ketahui berikut ini!

Baca juga : 6 Rekomendasi Outer Batik Lengan Panjang Kekinian

Jenis Motif Batik Betawi yang Perlu Kamu Tahu

1. Motif Ondel-Ondel, Monas, dan Tanjidor

Source: Pinterest

Dua gambar kesenian khas dari Betawi ini menjadi motif khas batik Betawi. Ondel-ondel memiliki bentuk menyerupai manusia dalam ukuran besar yang biasanya ditampilkan pada pertunjukan seni khas Betawi. Monas atau Monumen Nasional merupakan simbol kota Jakarta, serta sebagai simbol perjuangan dan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sedangkan, tanjidor adalah kesenian Betawi dalam bentuk orkes musik. Beragam motif yang iconic khas Jakarta ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai busana pakaian.

2. Motif Rumah Adat, Pakaian Adat, Makanan, dan Tari Tradisional 

Source: Pinterest

Motif unik selanjutnya hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja ada tambahan motif rumah dan pakaian adat, serta makanan dan tarian adat Betawi. Dengan menggunakan perpaduan warna merah, motif batik Betawi ini mampu memperlihatkan pesona Jakarta melalui selembar kain. 

3. Motif Si Pitung

Source: Pinterest

Pernahkah ZALORAns mendengar tentang si Pitung? Si Pitung merupakan sosok pahlawan legendaris Betawi di masa penjajahan Belanda yang jago silat. Si Pitung menjadi perampok harta orang-orang kaya lalu membagikannya pada orang miskin, membuatnya dikenal sebagai seorang pahlawan.

Sosok si Pitung juga bisa dijadikan sebagai motif batik khas Betawi. Membuat kain batik semakin eye catchy dan memiliki ciri khas tersendiri!

Baca juga : Rekomendasi Baju dengan Motif Batik Mega Mendung

Model Pakaian Motif Batik Betawi

1. Larisgaleri Rok Wanita Batik Tulis Kombinasi Cap – Motif Ondel-Ondel Betawi

Source: Zalora

Rok dengan desain asimetris dari koleksi Larisgaleri ini dihiasi dengan motif ondel-ondel Betawi. Dengan bahan batik tulis kombinasi cap, rok ini mengusung model etnik yang menarik. Rok ini dilapisi tricot, membuatnya nyaman saat dipakai sehari-hari.

Dengan kombinasi motif batik tradisional pada bagian atasnya, membuat motif ondel-ondel dengan warna yang cerah ini menjadi lebih statement! Desain rok seperti ini akan membuat penampilanmu eye catchy, meskipun dipadukan dengan atasan polos sekalipun!

2. Rainbow Betawi B00012 by Batik Parisya

Source: Zalora

Kemeja dari Batik Parisya ini sangat menarik dengan perpaduan warna merah dan pelangi pada sisi yang berbeda. Batik ini memiliki motif ondel-ondel yang dikombinasi dengan batik cap parang rainbow remekan wonogiren yang terbuat dari bahan katun.

Selain itu, kancing yang digunakan bermodel kancing cina yang membuat look kemeja ini lebih cantik. 

3. Batik Etniq Craft Nirmala Oversize

Source: Zalora

Dress batik yang satu ini memiliki desain oversize yang dijamin bakal bikin look yang trendy dengan nuansa etnik! Terdapat motif menarik pada oversized dress ini.

Dihiasi dengan motif khas Betawi, perpaduan sentuhan motif ondel-ondel dengan lurik sangat menarik perhatian! Bahannya terbuat dari katun yang adem saat dipakai. 

Baca juga : Inilah 5 Rekomendasi Sarung Batik Khas Nusantara

Nah, itulah beberapa jenis motif batik Betawi serta rekomendasi pakaiannya yang sayang untuk dilewatkan! ZALORAns lebih menyukai batik Betawi yang dijadikan sebagai rok, kemeja, ataukah dress?

Ingin membeli berbagai koleksi pakaian batik dan tenun yang elegan untuk outfit mu? Dapatkan produk dengan kualitas oke dan harga murah hanya di ZALORA. Jangan sampai kelewatan promo dan diskon menarik khusus untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama