Ketahui Cara Membedakan Kain Sutra Asli dan Palsu

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Kain sutra merupakan salah satu kain yang terbuat dari serat sutra yang dihasilkan oleh ulat sutra melalui proses yang rumit. Sutra telah menjadi bahan utama dalam pembuatan berbagai pakaian dan produk tekstil. Sutra telah dikenal selama berabad-abad sebagai salah satu serat alami paling mewah dan eksklusif. Keindahan kain satu ini tidak hanya terletak pada kemewahannya saja, tetapi juga pada kehalusan dan keunikannya. 

Seiring banyaknya peminat dan permintaan pasar, banyak penjual yang memanfaatkan momentum ini untuk memalsukan sutra. Oleh karena itu, memahami cara membedakan kain sutra asli dari yang palsu merupakan langkah penting bagi kamu yang tertarik dengan sutra untuk memastikan kualitas produk yang kamu beli. Yuk, ketahui beberapa cara membedakan sutra asli dan palsu berikut ini, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang bijak saat berbelanja produk sutra ini.

Cara Membedakan Kain Sutra Asli dan Palsu dengan Mudah

1. Kain Sutra Tidak Dijahit

Source: Pinterest

Kain sutra yang asli tidak dijahit semua. Selain itu, terdapat serat-serat sutra bila dilihat di bagian dalamnya. Jika kamu menemukan sutra yang dijahit semua, maka bisa saja kain tersebut palsu. 

2. Mengkilap Saat Terkena Sinar

Source: Pinterest

Air liur ulat sutra mengandung suatu zat yang membuat bahan sutra mengkilap jika terkena sinar. Nah, inilah yang membedakan kain sutra asli dengan yang palsu. Sutra asli akan tampak mengkilap jika terkena cahaya lampu. Namun, sutra yang palsu tidak. Selain itu, kilauan yang dihasilkan khas seperti warna-warni.

3. Dibakar Tidak Hangus

Source: Pinterest

Cara yang satu ini bisa menjadi patokan apakah kain sutra tersebut asli atau palsu. Jika sutra asli, maka akan muncul asap putih dan api akan langsung mati tanpa menyebar. Bau yang dihasilkan pun bukan bau gosong ya! Namun sebaliknya, jika kain tersebut merupakan sutra palsu, maka akan muncul asap hitam dan gosong meninggalkan bekas hitam pada bahan, serta api bisa menyebar. Bau yang dihasilkan seperti bau hangus terbakar.

4. Warna Putih Gading

Source: Pinterest

Ciri berikutnya yaitu bahan sutra asli berwarna putih gading atau broken white. Sedangkan, sutra palsu memiliki warna putih yang bersih karena telah melalui proses pewarnaan tambahan. Jadi, perbedaan yang satu ini sangat tampak, sehingga patut dicurigai jika ada penjual yang mengatakan sutra asli, padahal kain tersebut berwarna putih bersih.

Baca juga : Mengenal Karakteristik dan Jenis Kain Katun

5. Gunakan Cincin 

Source: Pinterest

Letakkan cincin diatas kain. Lalu, tarik kain secara perlahan. Jika serat tersangkut pada cincin atau tersendat, berarti kain tersebut merupakan sutra palsu. Namun, jika kain dapat meluncur dengan mulus dan tanpa hambatan, berarti kain tersebut asli. 

6. Terdapat Sambungan Benang

Source: Pinterest

Panjang benang sutra yang dihasilkan dari kepompong ulat sutra tidak sama. Sehingga dalam proses pembuatannya terdapat sambungan benang. Sedangkan kain sutra palsu tidak terdapat sambungan benang seperti ini.

Baca juga : Aplikasi Desain Baju Mudah ala Profesional!

Nah, itulah beberapa cara membedakan kain sutra asli dan palsu. Lakukan beberapa tips di atas sebelum kamu memutuskan untuk membeli kain sutra, karena harganya yang terbilang tidak murah. Pasti kamu tidak ingin rugi bukan?

Dapatkan berbagai produk pakaian berkualitas dan asli dari brand-brand terkemuka hanya di ZALORA. Jangan lewatkan promo dan ekstra diskon menarik yang sedang menantimu!

Penulis: Fitrian Nurentama