Rekomendasi Kandungan Skincare Yang Aman Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Riset Penelitian

Kehamilan adalah momen yang penuh kebahagiaan dan perubahan. Baik pada hormon maupun kondisi kulit Ibu. Tak jarang ditemui jika kulit ibu selama kehamilan mudah breakout dan lebih sensitif.  Untuk itu, selama periode kehamilan ini. Perhatian terhadap kesehatan kulit menjadi sangat penting, termasuk dalam memilih produk perawatan kulit. Meskipun banyak produk skincare yang tersedia di pasaran, tidak semuanya aman untuk ibu hamil lho Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa rekomendasi skincare yang aman untuk ibu hamil berdasarkan riset penelitian terkini.

Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, perubahan hormon dapat mempengaruhi kondisi kulit. Beberapa masalah kulit umum selama kehamilan termasuk hiperpigmentasi pada area wajah dan tubuh, munculnya jerawat, dan kulit kering. Namun, tidak semua bahan skincare cocok untuk ibu hamil, karena beberapa bahan tertentu dapat diserap oleh kulit dan mencapai sirkulasi tubuh. Sehingga bisa berpengaruh pada pertumbuhan janin.  Untuk itu pilih dengan bijak produk skincare yang akan kamu gunakan ya. 

Pembersih atau Cleanser

Pilih pembersih wajah yang bebas dari pewangi dan bahan kimia keras. Bahan-bahan alami seperti aloe vera atau chamomile bisa menjadi pilihan yang baik. Pastikan juga kandungan pH kulit tetap terjaga dengan memilih pembersih wajah natural yang tak membuat kulit terlalu kering. Produk cleanser lokal yang kami rekomendasikan adalah KLEVERU Sea Buckthorn Cleansing Gel. 

KLEVERU Sea Buckthorn Cleansing Gel diformulasikan sesuai dengan pH kulit alami kamu. Selain itu, mengandung superfruit sea buckthorn yang kaya akan antioksidan dan vitamin c. Sekaligus mengandung Houttuynia Cordata yang efektif membersihkan kulit tanpa membuatnya kering dan tertarik.

Pelembab Tanpa Pewangi

Kulit cenderung lebih kering selama kehamilan. Gunakan pelembab bebas pewangi dan alkohol untuk menjaga kelembaban kulit. Bahan-bahan seperti glycerin dan hyaluronic acid bisa membantu melembabkan kulit. Ada beberapa produk pelembab yang tersedia saat ini di pasaran. Baik produk lokal maupun internasional. 

Salah satu contohnya adalah Cetaphil Moisturizing Cream, pelembab dengan kandungan almond oil ini mampu memberikan kelembaban dan perlindungan pada kulit sejak pertama kali pemakaian. Selain itu, cream ini juga cepat dan mudah diserap oleh kulit. Tak ada kandungan pewangi di dalamnya jadi sangat cocok untuk kulit sensitif hingga kering sekalipun.

Sunscreen

Meskipun hamil,  perlindungan dari sinar UV sangat diperlukan. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan kandungan filter fisik seperti zinc oxide atau titanium dioxide. Kamu boleh memilih berbagai jenis produk suncreen yang cocok dengan kondisi kulitmu. Asalkan kamu tak lupa membersihkannya pada malam hari ya.

Serum Hyaluronic Acid

Menggunakan serum wajah masih diperbolehkan untuk ibu hamil. Asal kandungannya tak terlalu keras seperti hyaluronic acid yang fungsinya membantu menjaga kelembaban kulit. Pilihan aman dari produk lokal yang mampu melembabkan kulit yang kami rekomendasikan adalah SOMETHINC HYALuronic9+ Advanced + B5 Serum. 

Serum ini kaya akan mineral dengan 9 jenis hyaluronic acid yang mampu memberikan proteksi pada kulit selama 48 jam. Selain itu, terdapat kandungan onsen sui water yang menenangkan kulit dan membantu membersihkan pori-pori kulit.

Merawat kulit selama kehamilan membutuhkan kehati-hatian ekstra. Memilih produk skincare yang aman dan menghindari bahan-bahan yang diragukan adalah langkah penting. Meskipun rekomendasi di atas berdasarkan penelitian, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kehamilan sebelum mengubah rutinitas skincare kamu ya. Semoga artikel skincare yang aman untuk ibu hamil di atas membantu kamu!