Sempurnakan Outfitmu! Inilah Jenis Sepatu Pria yang Harus Kamu Tahu

Sepatu merupakan salah satu fashion item yang wajib kamu punya. Sepatu di design sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Selain kenyamanan, hal yang harus diperhatikan yaitu kesesuaian sepatu yang kamu pakai dengan outfit-mu. 

Pemilihan sepatu yang salah akan dapat merusak keseluruhan penampilanmu.Jangan sampai saat kamu mau interview kerja, kamu malah pakai sepatu kets. Karena setiap sepatu menghasilkan kesan look masing-masing, seperti formal atau casual. 

Apakah kamu berpikir bahwa hanya wanita saja yang memiliki banyak jenis sepatu? Ada banyak juga lho jenis sepatu pria! Lalu bagaimana cara memilih jenis sepatu pria yang tepat untuk menunjang penampilanmu? Yuk, intip beberapa tips memilih jenis sepatu pria yang bisa kamu terapkan!

Tips Memilih Jenis Sepatu Terbaik Pria

Tidak ada sepatu yang dapat dipakai ke segala acara. Setiap sepatu memiliki perannya masing-masing. Kamu tidak mungkin ke pesta menggunakan sepatu kets, dan kamu juga tidak mungkin jogging menggunakan sepatu boots bukan? Berikut tips memadukan jenis sepatu pria agar stylemu oke. 

Warna Sepatu

Sesuaikan warna sepatu dengan warna pakaianmu saat itu. Pilih warna sepatu yang lebih gelap dari warna celana agar tidak terkesan monoton. Kamu pun juga bisa menyesuaikan warna sepatu dengan warna ikat pinggang yang kamu pakai, sehingga terlihat lebih matching. 

Jika ingin aman, kamu bisa memilih sepatu dengan warna basic, seperti putih, hitam, atau krem. Sepatu dengan warna tersebut akan membuatmu lebih mudah untuk mix and match outfitmu.

Ada beberapa tips paduan warna celana dan sepatu yang bisa kamu coba sebagai berikut:

  • Sepatu coklat, cocok untuk celana berwarna earth tone atau nude, seperti coklat, krem, dan beige
  • Sepatu putih, bagus dipadukan dengan celana berwarna hitam atau abu-abu
  • Sepatu hitam, warna ini sangat netral, bisa kamu padukan dengan celana warna hitam, navy, atau abu-abu
  • Sepatu navy, padukan dengan celana berwarna coklat, putih,beige, abu-abu, atau olive.

Sepatu Casual

Pilihan sepatu yang biasa dipakai untuk tema casual yaitu loafers, boots, sneaker, ataupun sandal. Jangan memakai sepatu dengan warna mengkilap seperti pantofel karena sepatu jenis ini cocok untuk acara formal. 

Jika kamu memakai celana jeans, kamu bisa padukan dengan sneaker favoritmu. Baju polo bisa kamu padukan dengan loafers. Paduan yang cocok untuk celana chino yaitu boots atau loafers

Sepatu Formal

Sepatu dengan look mengkilap sangat memberi kesan formal pada outfit-mu. Kamu juga bisa memilih slip on yang memberi kesan semi formal. Pemilihan sepatu tersebut bisa kamu pakai ke pesta atau kerja. 

Namun, ujung sepatu juga harus diperhatikan. Ujung sepatu yang bulat akan lebih nyaman dipakai daripada sepatu dengan ujung lancip.

Jenis Sepatu Andalan Pria

Setelah mengetahui cara memadukan sepatu dengan outfitmu, lalu apa saja sih jenis sepatu pria yang bisa membuatmu makin modis?

1. Sneaker

Source : pinterest

Sneaker adalah sepatu yang wajib ada di lemarimu. Teksturnya solnya yang empuk membuatnya nyaman dipakai sehari-hari. Sneaker memberi kesan casual atau sporty bagi pemakainya. 

Sepatu ini tidak hanya digunakan untuk olahraga saja, tapi juga bisa digunakan untuk hangout santai. Cocok dipadukan dengan celana jeans maupun celana pendek. Tidak heran, sneaker sering dijadikan pilihan anak muda untuk menunjang penampilannya karena looknya yang simple dan stylish. Akan tetapi, jenis sepatu ini tidak disarankan untuk dipakai saat acara formal.

2. Slip On Shoes

Source : pinterest

Pemakaiannya yang simple membuat sepatu ini nyaman digunakan seharian. Looknya yang kekinian membuat sepatu ini disukai anak muda. Sepatu Slip On bisa dipakai di acara formal maupun non formal. Untuk acara formal, gunakan Slip On Shoes yang mengkilap agar terkesan elegan. 

3. Sepatu Boot

Source : pinterest

Pastinya kamu sudah tidak asing bukan dengan jenis sepatu ini? Dengan desainnya yang trendi, sepatu ini tidak termakan jaman. Ciri khas dari sepatu ini yaitu bagian atasnya diatas mata kaki. Ada juga sepatu boot yang didesain setinggi betis. Pada umumnya, sepatu boot dibuat dari karet atau kulit.

4. Loafers Shoes

Source : pinterest

Banyak yang mengira sepatu loafers adalah sepatu slip on, karena cara pakainya yang sama tanpa tali dan mudah dipakai serta dilepas. Sepatu ini sangat cocok kamu pakai untuk menghadiri acara formal. Look yang ditampilkan smart casual diantara formal dan casual, sehingga sepatu ini juga bisa digunakan untuk hangout bersama teman. Loafers bisa dipakai tanpa kaos kaki, sesuaikan dengan kenyamanan mu. 

5. Pantofel

Source : pinterest

Pantofel juga menjadi sepatu wajib dimiliki oleh para pria. Sepatu ini umumnya tidak bertali dan sol nya datar. Biasa digunakan untuk ke kantor atau menghadiri acara formal lainnya. Pantofel biasanya terbuat dari kulit sehingga memberikan kesan elegan dan profesional. Sepatu andalan pria ini cocok dipadukan dengan jas dan kemeja.

Nah, itulah beberapa jenis sepatu pria yang wajib kamu tahu. Mana nih yang jadi favoritmu?
Dapatkan berbagai sepatu pria berkualitas dari brand-brand terbaik hanya di Zalora. Nikmati diskon dan promo menarik lainnya, jangan sampai terlewatkan!