Wajib Baca! Tips Memilih Jeans Sesuai Bentuk Tubuh!

Apakah selama ini kamu hanya mengikuti tren tanpa tau model jeans apa yang cocok untuk tubuhmu?

Kepopuleran celana jeans memang tidak pernah redup sejak awal kemunculannya. Bahkan tetap menjadi primadona bagi banyak orang, tak terkecuali wanita. Celana jeans memang bawahan yang paling mudah dipadupadankan dengan atasan jenis apapun. Tidak heran, setidaknya ada satu celana jeans dalam lemarimu yang berperan sebagai pahlawan saat mati gaya. Nah, sebelum memilih jeans yang tepat untukmu, ada baiknya mengetahui bentuk tubuh terlebih dulu, girls!

Celana jeans, khususnya untuk wanita, memiliki berbagai macam jenis atau bentuk. Ternyata, banyaknya bentuk celana jeans tersebut dapat dimanfaatkan, lho! Dilansir dalam belletag.com, Kaia Saunders (2021) mengungkapkan bahwa bentuk tubuh seorang wanita dapat diilustrasikan dalam lima siluet dasar menyerupai buah, yaitu apel, pisang, stroberi, pir, dan jam pasir.

Sililet bentuk badan perempuan

Nah, sebelum membedah jenis jeans sesuai bentuk tubuh, kamu juga harus tau perbedaan setiap celana jeans, nih.

Sekarang kamu sudah siap, nih! Yuk, simak!

  1. Jeans for “Strawberry” Body Type
Photo by Yarden on Unsplash

Kamu termasuk tipe ini kalau bagian terlebar di tubuhmu adalah pundak dan memiliki pinggul yang ramping. Tipe badan ini biasanya menitikberatkan pada tubuh bagian atas dengan pinggul ramping, paha kecil, dan bokong yang cenderung rata. Kunci untuk perempuan yang memiliki tubuh berbentuk strawberry adalah mencari atasan yang dapat mengurangi ilusi pundak lebar. Untuk jeans yang cocok? Lucky you! Semua jenis jeans, seperti skinny jeans, boot, straight, hingga flare jeans cocok!

Tips tambahan, hindari atasan yang terlalu penuh, seperti tops with ruffle, puffed, atau pad karena akan memberikan kesan lebih lebar pada pundakmu.

2. Jeans for “Banana” Body Type

Photo by Darshan Chudasama on Unsplash

Tubuh dengan bentuk seperti pisang memiliki arti bahwa semua ukuran tubuh dari pundak, dada, hingga pinggang berukuran sama. Nah, Kuncinya untuk kamu yang bertipe ini adalah menambah lekukan pada pinggulmu. Jeans yang tepat adalah jeans low rise atau high rise di atas pinggang. Jeans seperti itu akan memberikan ilusi lekukan tubuh yang kentara. Berbeda dengan “Strawberry type”, bentuk tubuh “Banana” justru disarankan penggunaan atasan dengan ruffle atau pita. Khusus untuk tipe ini, hindari boyfriend jeans dan wide flared jeans.

3. Jeans for “Apple” Body Type”

Photo by Jennifer Marquez on Unsplash

Jenis tubuh ini biasanya memiliki ukuran dada medium hingga besar dengan proporsi tubuh yang seimbang antara bagian atas dan bawah, tetapi memiliki pinggang yang kecil. Kunci untuk perempuan dengan tubuh ini adalah menciptakan ilusi tambahan untuk memusatkan perhatian ke bagian dada atau kaki rampingmu. Jeans yang cocok untukmu adalah bootcut jeans dan mid-rise jeans. Hindari high waist jeans dan low rise jeans karena akan membuat proporsi tubuh menjadi tidak seimbang.

4. Jeans for “Pear” Body Type

Photo by tomiko tan on Unsplash

Bentuk tubuh ini adalah bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh perempuan, salah satunya, Kim Kardashian. Ciri bentuk tubuh ini adalah bentuk tubuh terlebar berada di bagian pinggul ke bawah dengan bagian torso yang lebih kecil. Kunci dalam memilih outfit untuk jenis tubuh ini adalah fokus pada bagian atas tubuh, seperti memakai ruffle top, atau padded top. Jeans yang cocok untukmu adalah low jeans tepat di bawah pinggang, bootcut style jeans, dan boyfriend jeans. Hindari boyfriend jeans yang terlalu longgar karena akan membuat pahamu semakin lebar.

5. Jeans for “Hourglass” Body Type

Bayangkan bentuk tubuh ini seperti botol soda. Ya, bentuk badan dengan proporsi sempurna dan lekukan di setiap bagian tubuh. Jeans yang tepat untuk tipe ini adalah low rise bootcut jeans, skinny jeans, dan straight leg. Hindari jeans dan pakaian yang terlalu longgar karena akan memberikan efek lebar dari sebenarnya.

Itulah 5 tips dalam memilih celana jeans berdasarkan bentuk tubuh. Meskipun begitu, dalam kamus per-jeans-an, tidak ada salah atau benar dalam memadupadankan. Jadi, bagaimana kamu memadukan setiap jenis pakaian agar tetap cocok dan tidak “menenggelamkanmu”. Semoga bermanfaat!

Artikel ini ditulis oleh Chika Amelia Pektra di Thread Zalora