Kenali Jenis Pakaian Adat DKI Jakarta

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Mengenal pakaian adat Nusantara sangat penting untuk ikut serta melestarikan budaya Indonesia yang kaya dan beragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adat yang unik, mencerminkan identitas, sejarah, dan kearifan lokal masyarakatnya. Dengan mempelajari dan menghargai pakaian adat ini, kita tidak hanya menjaga warisan budaya nenek moyang kita. Tetapi juga memperkuat rasa kebanggaan dan cinta terhadap tanah air. 

Salah satu daerah yang mempunyai pakaian adat yang perlu kamu ketahui adalah DKI Jakarta. Tahukah ZALORAns apa saja pakaian adat dari DKI Jakarta? Kalau belum, yuk kenali pakaian adat DKI Jakarta berikut ini!

Baca juga : Staycation Jakarta? Ini Rekomendasi Hotel Nyaman di Jakarta

Jenis Pakaian Adat DKI Jakarta

1. Kebaya Encim

Source: Zalora

Kebaya encim adalah salah satu jenis kebaya tradisional yang memiliki ciri khas tersendiri. Berasal dari budaya Peranakan Tionghoa, kebaya ini biasanya terbuat dari bahan tipis dan ringan seperti katun atau brokat. Dengan motif-motif yang elegan dan detail bordir yang halus.

Model kebaya ini memiliki desain meruncing di bagian depannya. Kebaya encim cocok dipadukan dengan kain batik atau rok lilit, sehingga memberikan tampilan yang anggun dan feminin. 

2. Baju Sadariah

Source: Pinterest

Baju Sadariah adalah salah satu pakaian adat Betawi yang khas dan dikenakan oleh laki-laki. Pakaian ini memiliki desain yang simple. Biasanya terbuat dari bahan katun berwarna putih.

Baju Sadariah terdiri dari atasan berkancing dan berlengan panjang tanpa kerah, serta celana panjang. Atasan ini dipadukan dengan sarung atau kain sebagai aksesoris tambahan. 

3. Baju Demang

Source: Pinterest

Baju adat Demang adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh laki-laki. Baju ini biasanya digunakan dalam berbagai acara resmi seperti pernikahan, pertemuan budaya, dan berbagai acara formal lainnya. Basanya memiliki beberapa komponen utama, seperti beskap. Beskap ini dipadukan dengan celana panjang hitam yang sederhana dan elegan.

Sebagai aksesoris, dilengkapi juga dengan kain ujung serong yang ditambahkan untuk melengkapi penampilan. Kain ini memiliki panjang hingga atas lutut untuk menambahkan sentuhan khas pada keseluruhan busana adat Demang.

Baca juga : 12 Tempat Wisata Di Jogja Paling Terkenal

4. Baju Tikim dan Celana Pangsi

Source: Inilah

Baju Tikim dan celana Pangsi adalah dua pakaian tradisional yang berasal dari budaya Betawi. Baju Tikim ini biasanya terbuat dari bahan katun polos yang memiliki desain sederhana dengan lengan panjang dan kerah tertutup. Celana Pangsi merupakan celana longgar yang memberikan kenyamanan, tentunya dengan warna yang senada dengan baju Tikim.

Celana ini dilengkapi dengan tali di pinggang yang statement dan berukuran besar. Biasanya warna yang dipilih untuk baju Tikim dan celana Pangsi adalah hitam, putih, merah, atau biru. Dipadukan juga dengan sarung yang dikalungkan di leher.

5. Celana atau Sarung dengan Kain Batik Betawi

Source: Pinterest

Motif-motif pada kain batik Betawi biasanya terinspirasi dari berbagai simbol kebudayaan Betawi seperti ondel-ondel, jaipong, topeng, rumah adat Betawi, dan lainnya. Kain batik Betawi sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan celana atau sarung. Celana atau sarung yang terbuat dari kain batik Betawi tidak hanya nyaman dipakai, tetapi juga memberikan sentuhan etnik yang khas dan elegan.

Dengan mengenakan celana atau sarung batik Betawi ini, kita turut melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya Betawi kepada generasi muda dan dunia.

6. Pengantin Care Haji

Source: Inilah

Pengantin Care Haji merupakan pakaian yang dikenakan oleh pengantin pria. Busana yang satu ini terdiri dari : 

  • Jubah atau jube merupakan pakaian luar longgar dan terbuka pada bagian tengah depan dari leher sampai ke bawah.
  • Gamis polos sebagai pakaian dalam jube yang berwarna soft dan tidak terlalu kontras dengan warna jubahnya.
  • Selempang sebagai tanda kebesaran yang dipakai di bagian dalam jubah dan diselempangkan pada pundak kiri ke pinggang kanan.
  • Alpie sebagai penutup kepala khas sorban haji setinggi 15-20 cm. Lalu, dililit sorban putih atau emas. Alpie ini dihias dengan ronce melati tiga untai.
  • Sepatu pantofel.
  • Sirih dare, berupa 5-7 lembar daun sirih yang dilipat terbalik, dimana ujung atau batangnya tidak dibuang. Di dalamnya diselipkan bunga mawar merah dan uang sembe sebagai lambang kasih sayang.

7. Dandanan Care None Pengantin Cine

Kalau sebelumnya udah ada busana pengantin pria, kali ini beralih ke busana pengantin wanita yang disebut Dandanan Care None Pengantin Cine. Pakaian pengantin pria dan wanita dari DKI Jakarta ini merupakan pembauran dari budaya Tionghoa, Arab, dan budaya Barat. Busana ini terdiri atas : 

  • Tuaki yaitu baju bagian atas yang terbuat dari bahan yang gemerlap.
  • Kun merupakan rok bagian bawah yang dibuat dengan potongan agak lebar.
  • Roban tipis sebagai penutup kepala.
  • Teratai Betawi sebagai hiasan penutup dada yang dikenakan sehelai kain bertatahkan emas. Dibuat mengelilingi leher dan berkancing di belakang yang disebut delime.
  • Sepatu selop berbentuk perahu kolek yang dipercantik dengan tatahan emas dan manik-manik yang disebut selop kasut.

Baca juga : Tempat Glamping Bandung untuk Nikmati Liburan Alam

Rekomendasi Kebaya Cantik

1. Kebaya Encim Kutu Baru Lengan Pendek by Khalisa Batik

Source: Zalora

Kebaya encim dari koleksi Khalisa Batik ini menambah kesan elegan dengan detail motif bunga yang cantik. Kebaya ini didesain dengan model lengan pendek dan potongan slim fit. Warna putih motif batik encim ini diproses batik tradisional cap kombinasi tulis. Terbuat dari bahan katun yang dingin, ringan, dan tidak stretch.

2. Kebaya Encim Betawi DKI Jakarta by Jamali Kebaya

Source: Zalora

Berikutnya ada koleksi kebaya encim dari Jamali Kebaya yang nggak kalah menarik nih! Kebaya dengan nuansa warna pink muda ini dipercantik dengan adanya detail bordir bunga, sehingga tampak lebih mewah dan elegan.

Dengan model kerah V dan terbuat dari bahan katun yang terasa adem saat digunakan. ZALORAns bisa memadukannya dengan rok batik atau rok lilit untuk tampilan yang anggun dan feminim. 

3. Kebaya Encim Kambodja Embroidery by Soraya Kebaya

Source: Zalora

Koleksi kebaya yang satu ini hadir dari koleksi Soraya Kebaya! Kebaya ini memiliki detail bordir bunga dalam nuansa pop color yang cerah. Detail inilah yang membuatnya tampak lebih menarik dan cantik. Dibuat dengan model kerah tinggi pada bagian kerah belakangnya. ZALORAns bisa memadukannya dengan rok lilit polos agar atasan kebaya ini lebih statement. 

Baca juga : Ketahui Jenis Motif Batik Betawi dan Rekomendasinya

Nah, itulah beberapa jenis pakaian adat DKI Jakarta yang perlu kamu ketahui untuk membantu melestarikan budaya bangsa. 

Mau cari berbagai kebaya dan batik yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama