5 Motif Batik yang Mudah Digambar Dan Rekomendasinya!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Batik, sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO, memiliki keindahan dan kekayaan motif yang melimpah. Dalam rangka memperkenalkan dan mendorong apresiasi lebih dalam terhadap seni batik, terutama bagi pemula, penting untuk mengetahui beberapa motif batik yang tidak hanya aesthetic tapi juga mudah digambar.

Artikel ini akan membahas 5 motif batik yang mudah digambar bagi siapa saja yang tertarik untuk mempelajari seni batik. Apa saja ya kira-kira?

Baca juga : Rekomendasi Rok Plisket Batik Berbagai Motif, Pasangan Kebaya!

1. Motif Batik Kawung

Source: Pinterest


Motif Batik Kawung adalah salah satu motif tertua dalam sejarah batik Indonesia. Inspirasi motif ini berasal dari bentuk buah kawung atau aren yang terpotong. Motif ini terdiri dari rangkaian bentuk lingkaran yang disusun simetris, dimana setiap lingkaran dihubungkan dengan lingkaran lainnya membentuk pola yang teratur dan serasi.

Kesederhanaan motif Kawung membuatnya mudah untuk dipelajari dan digambar oleh pemula, memungkinkan eksplorasi dalam pemilihan warna untuk meningkatkan estetika desain.

2. Motif Batik Megamendung

Source: Pinterest

Berbeda dari Kawung, Motif Batik Megamendung mengusung desain yang merepresentasikan ilustrasi awan. Motif ini populer di kalangan masyarakat Cirebon. Megamendung menampilkan bentuk awan yang berulang dengan gradasi warna mencolok, yang memberikan efek dramatis yet elegan.

Bentuk awannya yang besar dan sederhana memudahkan para pemula untuk menggambar, sementara pilihan warnanya yang berani dapat menjadi media ekspresi yang menarik.

3. Motif Batik Ceplok

Source: Pinterest

Motif Batik Ceplok merupakan motif geometris yang mengandung berbagai bentuk seperti kotak, lingkaran, atau bintang yang disusun secara simetris. Motif ini memberi kebebasan bagi para pelukis batik untuk berkreasi dengan variasi bentuk dan warna.

Kerapatan dan repetisi pola dalam Motif Ceplok menjadi tantangan sekaligus kesenangan dalam proses belajar batik, memungkinkan eksplorasi desain yang lebih kompleks dari waktu ke waktu.

Baca juga : Inspirasi Gamis Batik Elegan dan Mewah, Cocok untuk Acara Formal

4. Motif Batik Parang

Source: Pinterest

Motif Batik Parang, sering juga dikenal sebagai “parang rusak”, adalah motif batik yang identik dengan kegiatan berlayar, simbol kekuatan dan dinamika. Motif ini memiliki bentuk dasar mirip kait yang berulang dan tersusun secara diagonal pada kain, menciptakan ilusi gerak dan arus yang tegas.

Meskipun terlihat kompleks, pola dasarnya yang repetitif memudahkan pemula untuk memulai pendekatan mereka terhadap batik.

5. Motif Batik Tumpal

Source: Pinterest

Terakhir, Motif Batik Tumpal yang menggambarkan rangkaian segitiga berbaris menjadi penutup daftar ini. Tumpal sering ditemukan pada bagian pinggiran kain batik, berfungsi sebagai pembatas atau frame yang menegaskan batas desain utama. Uniknya, pola tumpal yang geometris ini tidak hanya mudah untuk digambar, tapi juga memiliki makna filosofis tentang perlindungan dan batasan yang harus dihormati.

Mempelajari batik bukan hanya tentang mengasah kemampuan menggambar atau melukis, melainkan juga mempelajari dan menghargai warisan budaya yang sarat akan nilai dan filosofi. Lima motif batik yang mudah digambar ini dapat dijadikan sebagai jembatan bagi pemula untuk terjun dan mengeksplorasi lebih jauh ke dalam dunia batik. 

Baca juga : 6 Rekomendasi Outer Batik Lengan Panjang Kekinian

Rekomendasi Baju Batik Terbaik Untuk Pria

1. Enzy Batik

Source: Zalora

Enzy Batik menawarkan berbagai macam produk batik berkualitas tinggi dengan desain yang beragam dan menarik. Enzy Batik memiliki berbagai macam kemeja batik untuk pria dan wanita, dengan berbagai macam model dan motif.

Kemeja batik Enzy Batik terbuat dari bahan katun berkualitas tinggi yang nyaman dipakai dan tidak mudah luntur.

2. Batik Tibodunyo

Source: Zalora

Batik Tibodunyo menawarkan berbagai macam produk batik berkualitas tinggi dengan desain yang beragam dan menarik. Tibodunyo memiliki berbagai macam kemeja batik untuk pria dan wanita, dengan berbagai macam model dan motif. 

Baca juga : Rekomendasi Baju dengan Motif Batik Mega Mendung

Itulah dia contoh 5 motif batik yang mudah digambar oleh pemula. Semua motif di atas merupakan motif populer yang sering kali ditemukan ke dalam motif baju.

Dapatkan berbagai produk baju batik dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika