Inilah Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kuning

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Apakah kamu punya baju putih yang sudah lama dan mulai menguning? Warna kuning pada pakaian putih dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, penggunaan deterjen yang tidak sesuai, atau noda-noda yang menumpuk seiring waktu.

Untuk mengembalikan kecerahan pada baju putih yang menguning, ada beberapa cara nih yang bisa kamu lakukan! Yuk, intip beberapa tips cara memutihkan baju putih yang sudah kuning berikut ini!

Baca juga : Cara Menghilangkan Oli di Baju, Ampuh dan Aman!

Cara Memutihkan Baju Putih yang Menguning

1. Perasan Jeruk Nipis atau Lemon

Source: Pinterest

Lemon dan jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu menghilangkan noda kuning dan memberikan kecerahan pada pakaian putih. Persiapkan beberapa buah lemon atau jeruk nipis dan peraslah secukupnya.

Campurkan air perasannya dengan air dalam wadah dengan perbandingan sekitar setengah cangkir jus lemonair perasan untuk setiap dua cangkir air. Rendam baju putih yang menguning dalam campuran ini selama beberapa jam.

Proses perendaman ini berfungsi agar asam sitrat dari lemon atau jeruk nipis meresap ke dalam serat kain dan bekerja untuk menghilangkan noda kuning. Setelah proses perendaman selesai, cuci baju seperti biasa dengan menggunakan detergen agar lebih optimal.

2. Pemutih Baju

Source: Zalora

Gunakan pemutih pakaian untuk mengembalikan warna baju putihmu. Sesuai dengan petunjuk penggunaan pada kemasan produk. Rendam baju putih yang menguning dalam larutan pemutih selama waktu yang ditentukan pada petunjuk pemakaian.

Hindari merendam terlalu lama, karena hal ini dapat merusak serat baju. Setelah selesai merendam, cucilah baju dengan deterjen yang biasa kamu gunakan. Mudah bukan?

Baca juga : Model Baju Pesta Renda, Glamor dan Anggun

3. Cuka

Source: Pinterest

Cuka memiliki kandungan yang hampir sama dengan lemon, sehingga mampu memutihkan kembali baju putih yang menguning. Campurkan air dan cuka putih dalam wadah dengan perbandingan yang setara, seperti satu cangkir cuka untuk satu cangkir air.

Kamu bisa merendam baju yang menguning dalam campuran ini selama beberapa jam sambil dikucek secara perlahan. Cuka akan membantu melarutkan noda kuning dan memberikan hasil pemutihan alami pada kain. Lalu, kamu bisa mencucinya dengan detergen lalu membilasnya.

4. Baking Soda

Source: Pinterest

Baking soda menjadi salah satu bahan dapur yang serbaguna yang juga dapat digunakan untuk memutihkan baju putih yang sudah menguning. Cara termudah adalah dengan menambahkan setengah hingga satu cangkir baking soda ke dalam air hangat atau air dingin.

Kemudian rendamlah baju dalam larutan ini selama beberapa jam agar pakaian bersih optimal. Kamu bisa menggosok-gosoknya dengan menggunakan sikat secara perlahan.

Dengan sifat abrasif lembutnya, baking soda membantu menghilangkan noda dan mengembalikan kecerahan pada baju putih tanpa merusak serat kain. Setelah semuanya selesai, kamu bisa cuci kembali bajumu.

5. Menjemur Baju di Bawah Sinar Matahari

Source: Nakita

Last but not least, solusi tersimple dan termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan warna putih bajumu adalah dengan menggunakan sinar matahari alami. Kamu hanya perlu menjemur baju di luar ruangan di tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari langsung.

Gantung baju putih di jemuran dan pastikan semua permukaan baju terkena sinar matahari. Biarkan baju terkena sinar matahari selama beberapa jam. Sinar matahari memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu mengembalikan warna asli pada pakaian putih.

Baca juga : Rekomendasi Jaket Anti Air Stylish, Cocok untuk Musim Hujan!

Nah, itulah beberapa cara mudah memutihkan baju putih yang sudah kuning yang bisa kamu coba langsung dirumah. Kelima cara diatas sangat mudah dilakukan bukan? Semoga tips diatas membantu ya!

Mau cari pakaian trendy berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama