Doa Terbebas Dari Lilitan Hutang, Amalkan Setiap Hari!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!ย 

Siapa sih yang ingin berhutang? Tentunya setiap orang tidak ingin memiliki hutang dalam hidupnya. Dengan menghindari hutang, kita dapat mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu, hidup bebas hutang membuat kita untuk lebih fokus pada tujuan jangka panjang, seperti menabung untuk masa depan, investasi, dan menikmati kualitas hidup yang lebih baik. 

Dengan disiplin dalam mengelola keuangan dan menghindari godaan untuk berhutang, kita dapat membangun masa depan yang lebih stabil dan bahagia. Namun, jika terpaksa berhutang, hutang tersebut harus segera dilunasi. Untuk mendapatkan rezeki agar bisa melunasi hutang, selain berusaha kita juga harus berdoa kepada Allah SWT! Mohonlah dicukupkan segalanya dan terbebas dari hutang. 

Apakah ZALORAns sudah tahu seperti apa doa terbebas dari hutang? Kalau belum, mari simak doa terbebas dari hutang berikut ini yang bisa kamu amalkan setiap harinya!

Baca juga : Doa Sesudah Wudhu, Hukum, Bacaan, dan Tata Caraย 

Doa Terbebas Dari Hutang

1. Doa Berlindung dari Lilitan Hutang

Berdasarkan buku Kumpulan Doa Pembuka Rezek oleh Ust Fayumi, doa berikut ini dapat dipanjatkan untuk meminta perlindungan dari kesedihan, kesulitan, ketakutan, dan kemalasan.

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู‡ูŽู…ูู‘ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฒูŽู†ู ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุนูŽุฌู’ุฒู ูˆูŽุงู„ู’ูƒูŽุณูŽู„ู ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฌูุจู’ู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุจูุฎู’ู„ู ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุบูŽู„ูŽุจูŽุฉู ุงู„ุฏูŽู‘ูŠู’ู†ู ูˆูŽู‚ูŽู‡ู’ุฑู ุงู„ุฑูู‘ุฌูŽุงู„ู

โ€œAllaahumma innii a’uudzu bika minal hammi wal hazan, wa a’uudzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’uudzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’uudzu bika min qahrir rijaal.โ€

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesumpekan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari ketakutan dan kekikiran, dari lilitan hutang dan kezaliman orang-orang.”

2. Doa Memohon Dicukupkan Rezeki Halal

Ketika kita berusaha mendapatkan penghasilan dengan cara yang jujur dan sesuai dengan ajaran agama, kita akan mendapatkan keberkahan dalam hidup. Mencari rezeki halal berarti kita menghindari tindakan curang, penipuan, dan segala bentuk usaha yang merugikan orang lain.

Meski seseorang memiliki hutang sebesar gunung, maka Allah SWT akan memberikan jalan keluar. Berikut doa yang bisa kamu amalkan:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงูƒู’ููู†ููŠ ุจูุญูŽู„ูŽุงู„ููƒูŽ ุนูŽู†ู’ ุญูŽุฑูŽุงู…ููƒูŽ ูˆูŽุฃุบู’ู†ููŠ ุจูููŽุถู’ู„ููƒูŽ ุนูŽู…ูŽู‘ู†ู’ ุณููˆูŽุงูƒูŽ

โ€œAllahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika wa aghnii bifadhlika ‘amman siwaakโ€

Artinya: “Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang rezeki Mu yang halal daripada yang haram dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu daripada selain Engkau.” (HR Tirmidzi).

3. Doa Meminta Rezeki Melimpah

Tidak ada salahnya untuk meminta rejeki yang melimpah kepada Yang Maha Kuasa. Kita bisa berdoa agar diberikan kesempatan, keberuntungan, dan kemampuan untuk meraih rezeki yang berlimpah. Semoga setiap langkah kita diarahkan kepada pintu-pintu rezeki yang terbuka luas dan kita diberi kekuatan untuk mengambil kesempatan yang ada. 

Doa ini diawali dengan kalimat pujian kepada Allah SWT.

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ูŠูŽุง ุฃูŽุญูŽุฏู ูŠูŽุง ูˆูŽุงุญูุฏู ูŠูŽุง ู…ูŽูˆู’ุฌููˆู’ุฏู ูŠูŽุง ุฌูŽูˆูŽู‘ุงุฏู ูŠูŽุงุจูŽุงุณูุทู ูŠูŽุง ูƒูŽุฑููŠู…ู ูŠูŽุงูˆูŽู‡ูŽู‘ุงุจู ูŠูŽุงุฐูŽุง ุงู„ุทูู‘ูˆู’ู„ู ูŠูŽุงุบูŽู†ููŠูู‘ ูŠูŽุง ู…ูุบู’ู†ููŠ ูŠูŽุงููŽุชูŽุงุญู ูŠูŽุงุฑูŽุฒูŽู‘ุงู‚ู ูŠูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู…ู ูŠูŽุง ุญูŽูŠูู‘ ูŠูŽุง ู‚ูŽูŠูู‘ูˆู’ู…ู ูŠูŽุงุฑูŽุญู’ู…ูŽู†ู ูŠูŽุง ุฑูŽุญููŠู…ู ูŠูŽุงุจูŽุฏููŠุนู ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูŠูŽุงุฐูŽุง ุฌูŽู„ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ู’ุฅููƒู’ุฑูŽุงู…ู ูŠูŽุง ุญูŽู†ูŽู‘ุงู†ู ูŠูŽุงู…ูŽู†ูŽู‘ุงู†ู ุงู„ู’ููŽุญู’ู†ููŠ ู…ูู†ู’ูƒูŽ ุจูู†ูŽูู’ุญูŽุฉู ุฎูŽูŠู’ุฑู ุชูุบู’ู†ูู†ููŠ ุนูŽู…ูŽู‘ู†ู’ ุณูŽูˆูŽุงูƒูŽ

โ€œAllaahumma yaa ahadu ya waahidu ya maujuudu yaa jawwaadu yaa baasithu yaa kariimu ya wahhaabu yaa dzath thauli yaa ghaniyyu yaa mughnii yaa fattaahu yaa rozzaaqu yaa ‘aliimu yaa hayyu yaa qayyuum yaa rahmaanu yaa rahiim yaa badii’us samaawati wal ardhi yaa dzal jalaali wal ikraam yaa hannanu yaa mannaanu infahni minka binafhati khairin tughnini ‘amman siwaaka.โ€

Artinya: “Ya Allah, wahai Dzat yang Maha Esa tiada terbagi-bagi, wahai Dzat yang Maha Esa tiada bersekutu, wahai Dzat yang Maujud, wahai Dzat yang Maha Pemurah, wahai Dzat yang Maha Pembagi, wahai Dzat yang Maha Mulia, wahai Dzat yang Maha Pemberi, wahai Dzat yang Memiliki Anugrah, wahai Dzat yang Maha Kaya, wahai Dzat yang Maha Pemberi wahai Dzat yang Maha pembuka pintu rezeki, wahai Dzat yang Maha Mengetahui, wahai Dzat yang Maha Hidup, wahai Dzat yang Maha Pengasih, wahai Dzat yang Maha Penyayang, wahai Dzat yang Maha Pemberi Anugrah, limpahkanlah rezeki dari-Mu dengan kelimpahan sebaik-baiknya yang dapat memberikan kecukupan bagi diriku, terlepas dari pengharapan pemberian siapapun selain Engkau.”

4. Doa Memohon Rezeki yang Luas dan Baik

Untuk mendapatkan rezeki yang luas dan baik, ZALORAns bisa mengamalkan doa berikut ini:

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠู’ ุฃูŽุณู’ุฆูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุฑู’ุฒูู‚ูŽู†ููŠู’ ุฑูุฒู’ู‚ู‹ุง ุญูŽู„ุงูŽู„ุงู‹ ูˆูŽุงุณูุนู‹ุง ุทูŽูŠูู‘ุจู‹ุง ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุชูŽุนูŽุจู ูˆูŽู„ุงูŽ ู…ูŽุดูŽู‚ูŽู‘ุฉู ูˆูŽู„ุงูŽ ุถูŽูŠู’ุฑู ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุดูŽูŠู’ุฆู ู‚ูŽุฏููŠู’ุฑูŒ

โ€œAllaahumma innii as’aluka an tarzuqanii rizqan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin, innaka a’laa kulli sya’in qadiirunโ€

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk berkenan memberiku rezeki yang luas serta baik, tanpa payah. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

5. Doa Mendapat Belas Kasihan Allah untuk Melunasi Hutang

Diriwayatkan ada seorang sahabat bernama Mu’adz bin Jabal yang memiliki hutang. Lalu, Rasulullah SAW menganjurkannya untuk membaca doa berikut ini:

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ููŽุงุฑูุฌูŽ ุงู„ู’ู‡ูŽู…ูู‘ ูˆูŽูƒูŽุงุดูููŽ ุงู„ู’ูƒูŽุฑู’ุจู ู…ูุฌููŠุจูŽ ุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูุถู’ุทูŽุฑูู‘ุŒ ุฑูŽุญู’ู…ูŽู†ูŽ ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุงู„ุขุฎูุฑูŽุฉู ูˆูŽุฑูŽุญููŠู’ู…ูŽู‡ูู…ูŽุงุŒ ุงูุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ููŠ ูููŠ ู‚ูŽุถูŽุงุกู ุฏูŽูŠู’ู†ููŠ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู‹ ุชูุบู’ู†ููŠู†ููŠ ุจูู‡ูŽุง ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ู…ูŽู†ู’ ุณููˆูŽุงูƒูŽ

โ€œAllahumma faarijal hammi wa kaasyifil karbi da’watil mudhthori. rohmanaddunya wal akhiroti wa rohiimahuma. Irhamni fii qodhooi daynii rohmatan taghniinii biha ‘an rohmati man siwaaka.โ€

Artinya: “Ya Allah Zat yang membukakan (solusi) keprihatinan, yang membukakan (solusi) kesusahan, yang mengabulkan doa orang yang terdesak, Zat yang Maha Pengasih dan Penyayang di dunia dan di akhirat, belas kasihanilah aku dalam melunasi hutangku, dengan belas kasih yang dengannya aku tidak membutuhkan belas kasih selain dari-Mu.”

6. Doa Memohon Dibebaskan dari Hutang

Kalau ZALORAns memiliki hutang, kamu bisa mengamalkan doa untuk memohon dibebaskan dari hutang dan kemelaratan. Berikut bacaan doanya:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ููŽุงู„ูู‚ูŽ ุงู„ู’ุฅูุตู’ุจูŽุงุญูุŒ ูˆูŽุฌูŽุงุนูู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ูŽ ุณูŽูƒูŽู†ู‹ุงุŒ ูˆูŽุงู„ุดูŽู‘ู…ู’ุณู ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽู…ูŽุฑู ุญูุณู’ุจูŽุงู†ู‹ุง ุงู‚ู’ุถู ุนูŽู†ูŽู‘ุง ุงู„ุฏูŽู‘ูŠู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽุบู’ู†ูู†ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ููŽู‚ู’ุฑูุŒ ูˆูŽุงู…ู’ุชูŽุนู’ู†ูŽุง ุจูุณูŽู…ู’ุนู ูˆูŽุจูŽุตูŽุฑูู†ูŽุงุŒ ูˆูŽู‚ููˆูŽู‘ุชูู†ูŽุง ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ููƒูŽ

โ€œAllaahumma faaliqul ishbaahi wa ja’alal laili sakanan, wasy syamsi wal qamari husbaanan iqdhii annid daina, wa aghnini minal faqri, wa amti’nii bisam’ii basharii wa quwwatii fii sabiilika.โ€

Artinya: “Ya Allah, Zat yang menampakkan cahaya subuh, yang menjadikan malam sebagai waktu tenang, dan (yang menjadikan) matahari dan rembulan berjalan dengan hitungan tertentu, bebaskanlah utang dari diriku, cukupkanlah aku dari kemelaratan, dan bahagiakan aku dengan pendengaranku, pandanganku, dan kekuatanku dalam jalan-Mu.”

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Terjemahan, dan Tata Caranya

Rekomendasi Mukena Ternyaman

Source: Zalora

Mukena set motif special kolaborasi Lozy x Lesty ini tampak simple, namun nyaman banget dipakai sehari-hari untuk beribadah. Terbuat dari bahan rayon yang adem dan lembut. Selain itu, juga terdapat resleting, sehingga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan saat dipakai.

Lengkap juga dengan mini pouch yang manis untuk memudahkanmu membawanya kemanapun, sehingga ZALORAns bisa beribadah dengan nyaman dimanapun!

Baca juga : Bacaan Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Itulah beberapa doa terbebas dari hutang yang bisa ZALORAns amalkan setiap hari agar dipermudah rezekimu.ย 

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama

One thought on “Doa Terbebas Dari Lilitan Hutang, Amalkan Setiap Hari!

Comments are closed.