Cara Mengikat Tali Sepatu Mudah dan Unik

Mengikat tali sepatu merupakan salah satu keterampilan dasar yang perlu dikuasai oleh setiap orang. Tali sepatu yang tidak diikat dengan benar dapat lepas dan mengganggu kenyamanan saat kamu sedang berjalan. Selain itu, gaya mengikat tali sepatu juga dapat mempengaruhi kesan yang ditimbulkan. Sebagai contoh, gaya mengikat tali sepatu gaya bowtie yang memberikan memberikan ikatan yang kuat dan gemas. 

Nah, kira-kira bagaimana ya cara mengikat tali sepatu lainnya? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini. 

Variasi Cara Mengikat Tali Sepatu

Checkerboard

Gaya tali checkerboard adalah berbentuk susunan kotak-kotak pada tali sepatu. Ikatan ini cukup rumit, tetapi hasilnya cukup unik dan menarik. Caranya adalah dengan memasukkan tali sepatu secara horizontal melalui dua lubang sepatu terdepan, kemudian arahkan tali sepatu ke arah lubang yang berlawanan seperti pada gambar. Setelah itu, selipkan ujung tali sepatu secara vertikal melewati tiap garis horizontal yang sudah ada dengan cara satu garis di atas, satu garis di bawah. Lakukan terus hingga semua bagian lidah sepatu tertutup.

Footbag

Source : Wonderful DIY

Cara mengikat tali sepatu footbag adalah dengan menggunakan teknik “footbag lacing”. Teknik ini mirip dengan teknik mengikat tali sepatu gaya bowtie, tetapi memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan utama antara teknik footbag lacing dengan teknik bowtie adalah bahwa tali sepatu tidak melewati lubang tali pertama. Tali sepatu hanya diikat di beberapa lubang di bagian atas sepatu, sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk pergerakan kaki.

Lattice


Source : Buzzfeed

Ikatan tali sepatu lattice adalah ikatan yang mirip dengan ikatan tali sepatu bowtie, tetapi dengan pola yang berbeda. Ikatan ini dimulai dengan simpul awal yang sama dengan ikatan tali sepatu bowtie. Namun, setelah simpul awal, tali sepatu ditarik ke atas secara diagonal, melewati dua lubang tali. Tali sepatu kemudian ditarik kembali ke bawah, melewati lubang tali yang sama. Hasilnya, sepatu kamu akan tampak unik dan menarik saat dilihat.

Ladder

Source : Buzzfeed

Gaya ikatan tali sepatu yang menyerupai tangga ini dapat dibuat dengan cara menyilangkan tali sepatu di bagian luar lubang tali, lalu memasukkannya ke dalam lubang tali yang lebih tinggi di atasnya.

Bicolour

Source : Ceat

Jika kamu bosan dengan tampilan warna tali sepatu kamu yang monoton. Kamu bisa mengkombinasikan dua warna tali sepatu seperti ini. Gunakan tali sepatu yang memiliki dua warna yang berbeda. Pada bagian simpul, kedua tali sepatu tersebut diikat bersama-sama

Hidden Knot

Source : Teodoromora

Gaya mengikat tali sepatu hidden knot ini memiliki simpul yang berada di bagian dalam sepatu, sehingga tidak terlihat dari luar. Ikatan ini cocok untuk digunakan dalam acara-acara formal, karena memberikan kesan yang rapi dan profesional. 

Caranya dengan memasukkan tali sepatu ke dalam lubang tali pertama dengan ujung di bawah. Tarik kedua ujungnya untuk memastikan ujung tali sepatunya rata. Masukkan ujung kiri tali sepatu lurus ke atas. Akan tetapi di bagian dalam tarik lurus sisa tali kemudian arahkan ke bagian luar. Lakukan hingga selesai kemudian ikat simpulnya di bagian dalam sepatu agar terlihat rapi.

Itulah dia berbagai cara mengikat tali sepatu yang kami rekomendasikan. Kira-kira mana cara yang paling kamu suka?

Beli berbagai macam sepatu terbaik dengan harga murah di Zalora. Nikmati berbagai pilihan produk sepatu dari brand ternama dengan pilihan ukuran lengkap dan original!

Penulis : Alfianita Karismawati