Cara Menghilangkan Permen Karet di Baju

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Pernahkah kamu secara tidak sengaja bajumu terkena permen karet? Pasti sangat menyebalkan bukan? Permen karet yang lengket membuatnya sulit dihilangkan. Biasanya akan ada sisa-sisa permen karet yang membandel dan melekat pada serat kain. Hal ini harus segera diatasi jika kamu tidak ingin baju kesayanganmu kotor dan terlihat buruk.

Lalu, bagaimana sih cara menghilangkannya? Kamu tak perlu khawatir! Mari merapat dan simak beberapa tips cara menghilangkan permen karet yang menempel di baju berikut ini!

Baca juga : Kenali Manfaat Makarizo Hair Energy dan Cara Penggunaannya

Cara Mudah Hilangkan Permen Karet di Baju

1. Memasukkannya ke Freezer

Source: Pinterest

Ketika permen karet menempel pada kain, membersihkannya dengan tangan atau menggunakan benda tumpul tidaklah efektif dan dapat menyebabkan permen karet semakin menempel. Dengan memanfaatkan suhu rendah dari freezer dapat membuat permen karet kaku dan lebih mudah diangkat dari serat kain.

Letakkan pakaian di dalam freezer dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Suhu dingin akan membuat permen karet mengeras, memudahkan kita untuk melepaskannya dari kain tanpa merusak serat pakaian. Gunakan benda tumpul atau kuku dengan hati-hati untuk mengangkat permen karet yang sudah mengeras.

Apabila masih ada sisa-sisa, perlahan-lahan kerik atau gosok dengan lembut. Setelah itu, kamu bisa mencucinya seperti biasa untuk membersihkan baju.

2. Setrika Baju

Source: Pinterest

Proses ini memanfaatkan panas dari setrika untuk melunakkan permen karet, membuatnya lebih mudah diangkat dari serat kain. Pastikan dulu permen karet telah mengering sepenuhnya. Tempatkan kertas karton atau kertas koran pada meja setrika. Hadapkan kain yang terkena permen karet pada kertas. Panaskan setrika pada suhu rendah hingga sedang, tidak terlalu panas agar tidak merusak kain. 

Setrika baju selama beberapa detik. Panas dari setrika akan membantu melunakkan permen karet, sehingga permen karet dapat berpindah pada kertas. Setelah selesai, periksa apakah permen karet sudah sepenuhnya hilang.

Jika masih ada residu, ulangi langkah-langkah di atas atau coba menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sisa-sisa permen karet yang masih tertinggal.

3. Menggunakan Hair Dryer

Source: Pinterest

Sama halnya dengan menggunakan setrika, cara ini juga memanfaatkan panas untuk dapat menghilangkan noda permen karet pada baju. Dimana, panas ini akan melunakkan tekstur permen, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Gimana sih caranya? Gampang banget! Kamu hanya perlu mengarahkan hair dryer pada noda permen hingga permen melunak. Setelah itu, angkat permen dengan kuku atau dengan bantuan pisau tumpul. Jika masih ada residu yang menempel, cucilah bajumu dengan detergen.

Baca juga : Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih

4. Menggunakan Lakban

Source: Warda Bangun Perkasa

Gunakan lakban untuk membantumu menghilangkan noda permen karet. Cukup tempelkan lakban pada permen karet dan tekan dengan kuat. Jangan sampai lakban menempel pada kain. Setelah itu, tarik lakban hingga permen terlepas.

Ulangi langkah-langkah tersebut hingga noda permen hilang sempurna. Lanjutkan dengan mencuci baju untuk memastikan noda telah bersih.

5. Cuka

Source: Pinterest

Kamu juga bisa membersihkan noda permen karet menggunakan cairan cuka yang telah dipanaskan. Bagaimana caranya? Sebelumnya, panaskan cuka dalam wadah selama satu menit.

Masukkan bagian baju yang terkena permen karet pada cairan cuka hangat tersebut selama beberapa menit hingga permen melunak. Bersihkan permen karet dengan sikat secara lembut. Ulangi terus hingga noda menghilang.

Baca juga: Tips Cara Mudah Menghilangkan Slime di Baju

Itulah beberapa tips cara mudah menghilangkan permen karet di baju yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Bagaimana mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat buatmu ya!

Mau cari pakaian trendy berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama