Cara Menghilangkan Oli di Baju, Ampuh dan Aman!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Oli adalah cairan berwarna kuning atau kecoklatan yang tidak larut dalam air dan biasanya dihasilkan dari bahan organik, seperti tumbuhan atau hewan. Oli banyak digunakan sebagai bahan bakar, pelumas untuk mesin, serta dalam berbagai industri dan rumah tangga.

Pernahkah pakaian kesayanganmu tidak sengaja terkena cairan oli? Jika iya jangan panik! segera bertindak agar noda tidak meresap dan sulit dihilangkan. Menghilangkan noda minyak atau oli dari pakaian membutuhkan perlakuan khusus.

Berikut adalah beberapa cara perawatan menghilangkan noda oli di baju yang dapat kamu lakukan!

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami, Cepat dan Ampuh!

Tips Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju 

1. Sabun Cuci Piring

Source: Pinterest 

Menghilangkan noda oli di baju memang menyebalkan, tetapi ada solusi sederhana yang dapat kamu coba yaitu dengan menggunakan sabun cuci piring. Sabun cuci piring seringkali mengandung bahan-bahan penghilang lemak yang efektif dalam mengatasi noda oli. 

Pertama, setelah kamu menemukan noda oli di bajumu, segera bersihkan noda tersebut dan hindari menggosoknya dengan keras, karena hal ini dapat membuat noda semakin menyebar. Selanjutnya, tempatkan selembar kertas tisu di bawah noda untuk menyerap sebanyak mungkin oli yang tersisa.

Setelah itu, tuangkan sedikit sabun cuci piring langsung ke noda oli. Gosok lembut dengan jari atau sikat lembut, lalu biarkan sabun bekerja selama beberapa menit. Setelah itu, cuci baju seperti biasa dengan air dingin atau hangat. Sabun cuci piring akan membantu melonggarkan noda oli, sehingga mencuci noda oli dari pakaian menjadi lebih mudah. 

2. Soda Kue

Source: Pinterest

Baking soda adalah bahan yang umumnya tersedia di setiap rumah yang bisa juga dimanfaatkan untuk membantu mengatasi noda oli yang membandel. Caranya, pertama-tama kamu perlu menaburkan soda kue secukupnya langsung ke noda oli pada baju, kemudian.

Biarkan soda kue tersebut menyerap minyak selama beberapa menit. Proses ini akan membantu mengangkat minyak dari serat kain. 

Setelah itu, gosok perlahan-nahan area tersebut dengan sikat gigi bekas dengan lembut, sehingga soda kue dapat bekerja lebih baik dalam menghilangkan noda. Setelah proses ini selesai, cuci baju seperti biasa dengan air. Soda kue akan membantu membersihkan noda oli.

Sehingga kamu dapat menghilangkan noda tersebut dengan lebih mudah. 

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Bye Bau Badan!

3. Campuran Minyak Tanah dan Detergen Bubuk

Source: Pinterest

Menghilangkan noda oli di baju dengan campuran minyak tanah dan detergen bubuk adalah cara lain yang dapat kamu coba. Langkah pertama adalah lap noda oli dengan tisu secara perlahan, jangan sampai noda oli melebar. Selanjutnya, larutkan detergen dengan air secukupnya hingga tidak menggumpal, tambahkan minyak tanah ke dalamnya secukupnya saja. 

Celupkan bagian baju yang terkena oli pada campuran yang sudah kamu buat tadi. Gosok lembut campuran ini ke noda oli sambil di kucek perlahan. Setelahnya, cuci baju seperti biasa dengan detergen untuk menghilangkan bau minyak tanah.

Pastikan baunya benar-benar hilang ya! Jika masih berbau, ulangi pencucian dengan campuran detergen dan pewangi pakaian.

4. Shampo

Source: Pinterest

Ketika kamu menemukan noda oli pada pakaian, segera bersihkan ya! Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan shampo cair langsung pada noda oli. Kemudian, gosoklah dengan lembut dengan sikat lembut. Shampo bisa membantu menguraikan noda oli dari serat kain.

Setelah menggosok noda, biarkan shampo bekerja selama beberapa menit. Kemudian, lanjutkan dengan mencuci baju seperti biasa dengan detergen. Mudah bukan?

Baca juga : Cara Memutihkan Ketiak, Tampil Lebih Percaya Diri

5. Gel Lidah Buaya

Source: Pinterest

Gel lidah buaya memang selalu menjadi andalan dalam segala hal, mulai dari perawatan wajah dan rambut, hingga membersihkan noda. Gel ini dapat membantu mengatasi noda oli yang membandel pada pakaian. Pertama, rendam terlebih dahulu baju yang terkena oli dalam air hangat.

Lalu, oleskan gel lidah buaya pada noda dengan gerakan melingkar yang kencang, dan biarkan gel tersebut meresap ke dalam noda selama beberapa menit. Selanjutnya, cuci lagi dengan air hangat. Dengan bantuan gel lidah buaya ini, kamu bisa menghilangkan noda tersebut lebih mudah. Setelah itu, cuci baju seperti biasa dengan detergen untuk hasil yang optimal. 

Bila kamu mendapati bajumu terkena noda oli, segera bersihkan noda tersebut dengan mengikuti beberapa cara menghilangkan noda oli di baju seperti langkah-langkah diatas. 

Dapatkan berbagai produk pakaian berkualitas dari brand ternama hanya di ZALORA! Nikmati promo hingga diskon menarik lainnya khusus untukmu

Penulis: Fitrian Nurentama