Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci

Sepatu yang bau bisa menjadi masalah yang mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri kamu.. Bau sepatu bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti keringat, bakteri, dan jamur. Bakteri dan jamur ini dapat tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan hangat, seperti di dalam sepatu yang sering digunakan. Sebab keringat dan kelembaban yang dihasilkan oleh kaki dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri dan jamur. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau sepatu ini dengan mudah dan cepat tanpa perlu mencucinya? 

Simak yuk berbagai rangkuman caranya berikut ini!

Taburkan Baking Soda

Baking soda atau natrium bikarbonat sudah terkenal dengan manfaatnya untuk mencuci pakaian, menghilangkan noda, membersihkan peralatan dapur serta membantu memutihkan gigi. Tak hanya itu saja, baking soda juga bisa membantu hilangkan bau pada sepatu lho. Baking soda adalah bahan alami yang memiliki sifat basa. Sifat basa dari baking soda dapat membantu menyerap bau dan kelembaban. 

Nah, untuk menghilangkan bau sepatu kamu dengan bantuannya. Kamu cukup taburkan baking soda ke dalam sepatu dan biarkan semalaman. Pastikan area dalam sepatu sudah tertaburi sempurna ya. Setelah itu, bersihkan sepatu dengan menggunakan vacuum cleaner dan sikat. Hasilnya, bau sepatu akan berkurang dan lebih segar.

Menyemprotkan Air cuka

Bahan berikut ini sudah pasti ada di dapur rumah kamu. Selain untuk bahan makanan, cairan cuku diketahui juga bisa menghilangkan bau pada sepatu lho. Hal ini karena cuka dapat membantu membunuh bakteri dan jamur penyebab bau. Caranya dengan mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian semprotkan larutan cuka tadi ke dalam sepatu dan biarkan selama beberapa jam. Jangan lupa jemur sepatu hingga kering tanpa adanya area yang lembab tersisa.

Meletakkan Kantong Teh

Kantung teh dapat membantu menghilangkan bau sepatu karena mengandung tanin, yang merupakan senyawa polifenol yang dapat membunuh bakteri. Kamu juga bisa menggunakan kantong teh celup yang masih baru. Untuk itu, masukkan kantong teh ke dalam air mendidih selama 2-3 menit. Setelah itu, tiriskan dan masukkan ke dalam sepatu. Biarkan kantong teh semalaman atau selama beberapa jam. Sebaiknya, pilih kantong teh hitam dan teh hijau adalah jenis teh yang paling efektif untuk menghilangkan bau sepatu.

Gunakan minyak esensial

Tips terakhir adalah dengan menggunakan minyak esensial, sebab ia dapat membantu menghilangkan bau dan memberikan aroma yang segar pada sepatu. Teteskan beberapa tetes minyak esensial ke dalam sepatu. Kamu bisa memilih wewangian yang kamu suka. Seperti lavender, rose atau jasmine.

Itulah dia tips dan cara menghilangkan bau sepatu dengan mudah tanpa perlu mencucinya. Semoga membantu kamu ya!

Beli aneka produk sepatu original dari brand ternama dengan harga murah di Zalora. Yuk, cek Zalora sekarang juga!

Penulis : Alfianita Karismawati