Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Berat badan setiap orang berbeda-beda. Ini membuat size baju yang tersedia pun juga beragam. Apakah kamu pernah merasa bingung memilih baju yang sesuai dengan ukuranmu saat belanja online? Kini, lebih banyak orang lebih suka berbelanja online karena lebih efisien waktu dan praktis. Namun, saat ingin membelinya takut nantinya akan kekecilan atau kebesaran? 

Tak perlu risau! Nah, kamu bisa lho menentukan size baju yang tepat untukmu menggunakan berat badanmu sebagai patokannya! Bagaimana caranya? Yuk intip cara mengetahui ukuran baju dari berat badan berikut ini!

Baca juga : Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal dengan BMI

Tips Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan

Agar tidak salah dalam memilih baju, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut. Ini bisa membantumu dalam berbelanja baju, terutama saat belanja online. Kamu tidak ingin salah beli bukan?

1. Mengetahui Berat Badan

Langkah pertama, kamu harus mengetahui terlebih dahulu berapa berat badan kamu. Timbanglah berat badanmu, tapi jangan saat memakai baju yang berat seperti jeans. Jangan pula memakai alas kaki. Karena ini akan menambah angka berat badanmu. 

Selain itu, sebaiknya kamu menimbang badan sebelum makan, sehingga kondisi perutmu belum terisi. Catat angka pada timbangan untuk nantinya akan dijadikan sebagai patokan.

2. Mengetahui Tinggi Badan

Selain berat badan, ukurlah juga tinggi badanmu. Karena, tinggi badan juga memengaruhi ukuran baju yang nantinya akan kamu pakai. Kamu bisa mengukurnya sendiri di rumah. 

Bagaimana caranya? Berdirilah menempel tembok dengan tegap. Pastikan pandangan lurus. Tandai tinggimu dengan spidol pada tembok. Setelah itu, gunakan meteran atau penggaris untuk mengukur tinggi badanmu dari dasar hingga ke titik yang sudah di tandai tadi. Ingatlah berapa tinggi badanmu. 

3. Perhatikan Tabel Ukuran Baju

Jika sudah mengetahui berat badan dan tinggi badanmu, kini kamu bisa mengetahui ukuran bajumu dengan memperhatikan tabel ukuran berikut ini!

Source: Tshirt Bar

Misalnya saja berat badanmu 50 kg dengan tinggi badan 163 cm. Kamu bisa melihat tabel ukuran tersebut. Berdasarkan tabel, ukuran kaos atau kemeja yang cocok untukmu adalah S. Bagaimana mudah bukan?

Baca juga : Cara Memilih Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur dan Berat Badan

Rekomendasi Baju Oversize Cocok untuk Semua Size

1. Oversized T-Shirt

Source: Zalora

Kaos dengan potongan longgar ini bisa membuat penampilanmu keren! Dengan desain graphic printed dibagian belakang kaos yang begitu eye catching. Kaos ini bisa banget untuk melengkapi OOTD casualmu sehari-hari saat nongkrong bareng teman-temanmu. Buat pria maupun wanita cocok banget pakai oversized T-shirt yang kece seperti ini.

2. Oversized Shirt

Source: Zalora

Buat kamu yang nggak pengen bingung memilih outfit dan takut kekecilan, kamu bisa pilih oversized shirt ini! Sekarang ini lagi ngetrend lho outfit serba oversized seperti ini. Oversized shirt bisa kamu jadikan sebagai outer, dengan kaos sebagai innernya. Tampilan yang santai dan keren akan kamu dapatkan!

3. Crop Oversized Shirt 

Source: Zalora

Desain kemeja oversized yang satu ini cukup menarik. Bagaimana tidak? Model bagian depannya yang lebih terkesan crop dengan bagian belakang yang lebih panjang. Dengan look yang effortless, kamu akan terlihat elegan dan classy. Padukan dengan jeans untuk look casual, atau padukan dengan celana bahan atau rok panjang untuk look yang lebih formal.

Baca juga : Cara Mengetahui Ukuran Cincin Wanita, Mudah Dan Akurat!

Nah, itulah langkah-langkah cara mudah yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah untuk mengetahui ukuran baju yang cocok untukmu dari berat badan. Serta beberapa rekomendasi baju oversized yang bisa kamu pilih. Semoga tips diatas bisa membantumu ya!

Mau cari pakaian trendy sesuai ukuranmu dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama