Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat Tanpa Matahari

Pernahkah kamu berada dalam situasi mendesak di mana kamu harus segera menggunakan sepatu yang masih basah? Mungkin, kamu baru saja berjalan di hujan atau melakukan kegiatan outdoor yang membuat sepatumu terkena air. Sepatu yang basah akibat hujan atau aktivitas olahraga bisa menjadi masalah yang menjengkelkan. Namun, mengeringkannya dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga kualitas sepatu dan mencegah timbulnya bau tak sedap atau kerusakan pada bagian lapisan luar. 

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips praktis tentang cara mengeringkan sepatu dengan cepat agar kamu bisa kembali menggunakannya dalam waktu singkat.

Langkah-Langkah Mengeringkan Sepatu

1. Mengeluarkan Isi Sepatu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengeluarkan semua isi dari sepatu, seperti insole atau alas kaki yang dapat dilepas. Hal ini akan membantu sirkulasi udara di dalam sepatu dan mempercepat proses pengeringan.

2. Keringkan Secara Alami

Cara paling aman untuk mengeringkan sepatu adalah dengan membiarkannya kering secara alami. Tempatkan sepatu di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, seperti di bawah sinar matahari langsung atau di dekat kipas angin. Pastikan kamu meletakkan sepatu dengan posisi yang terbalik agar bagian dalamnya juga terkena sirkulasi udara.

3. Menggunakan Kertas Koran atau Tisu

Saat sepatu kamu basah pada malam hari, tentu sudah tak ada waktu lagi untuk menjemurnya dengan sinar matahari. Solusinya, kamu bisa menggunakan benda-benda yang ada di rumah seperti kertas koran atau tisu.

Kertas koran atau tisu bisa menjadi solusi cepat untuk menyerap kelembaban di dalam sepatu. Sebab sifat koran dan tisu ini mudah menyerap air. Lipat kertas koran atau tisu dan masukkan ke dalam sepatu. Gantilah kertas koran atau tisu secara berkala ketika sudah lembap. Metode ini membantu menyerap kelembaban dengan cepat, sehingga sepatu bisa lebih cepat mengering.

4. Gunakan Kipas Angin atau AC

Jika cuaca tidak mendukung atau kamu ingin lebih cepat mengeringkan sepatu, kamu bisa menggunakan kipas angin atau AC. Letakkan sepatu di dekat kipas angin atau di ruangan yang memiliki udara berpendingin. Namun, pastikan kipas angin tidak terlalu dekat agar tidak merusak bahan sepatu dan membuat kipas angin konslet ya.

5. Meletakkannya di Area Belakang Kulkas yang Panas

Ide meletakkan sepatu di belakang kulkas panas mungkin terdengar unik, tetapi ada alasan ilmiah di baliknya. Kulkas panas menghasilkan sedikit panas di belakangnya, dan area ini dapat digunakan untuk mengeringkan sepatu dengan cepat.

Namu, dalam menggunakan metode ini  hanya disarankan jika sepatu kamu terbuat dari bahan yang tahan panas dan tidak akan rusak akibat paparan panas. Hindari metode ini jika kamu memiliki sepatu berbahan kulit yang mudah rusak akibat panas berlebih.

6. Pengering Sepatu Elektrik

Untuk mengeringkan sepatu dengan cepat, alat pengering sepatu elektrik bisa menjadi solusi praktis. Alat ini akan menghasilkan udara hangat secara terkontrol yang secara efisien mengeringkan sepatu dari dalam. Penggunaan alat pengering sepatu ini bisa mengurangi risiko pertumbuhan jamur atau bau yang tidak diinginkan akibat sepatu yang lembab. 

7. Pengering Mesin Cuci

Untuk mengeringkan sepatu dengan cepat menggunakan pengering mesin cuci, pertama-tama pastikan sepatu telah dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian, isi mesin cuci dengan beberapa handuk bersih untuk membantu menyerap kelembapan.

 Letakkan sepatu kedalam mesin cuci, pastikan kamu meletakkannya secara merata agar mesin tetap seimbang saat berputar. Nyalakan pengering dalam waktu yang singkat saja, biasanya sekitar 20-30 menit.

8. Sedot dengan Vacuum Cleaner

Untuk mengeringkan sepatu dengan cepat menggunakan vacuum cleaner. Pertama-tama pastikan sepatu kamu sudah kamu keringkan terlebih dahulu dengan menggunakan koran atau handuk. Gunanya agar menghindari konslet listrik pada vacuum cleaner. 

Setelah itu, atur vacuum cleaner pada mode pengeringan atau peniupan udara. Arahkan nozzle vacuum cleaner ke bagian dalam dan luar sepatu dengan jarak yang aman kira-kira 3-5 cm untuk menghindari kerusakan. 

Proses pengeringan ini akan membantu menghilangkan kelembaban dari dalam sepatu dengan lebih efisien, menjadikan mereka siap digunakan dalam waktu yang lebih singkat. Tetapi, kamu harus tetap berhati-hati dan hindari memilih pengaturan panas yang terlalu tinggi yang akhirnya dapat merusak bahan sepatu.

Itulah dia berbagai cara untuk mengeringkan sepatu dengan cepat yang kami rangkum khusus untukmu. Semoga membantu kamu ya!

Beli sneakers lokal favoritmu dengan harga murah di Zalora! Dapatkan penawaran menarik hingga potongan harga diskon untuk setiap pembeliannya. Yuk, cek Zalora sekarang juga.