Cara Mencuci Sepatu Putih Agar Tidak Menguning

Apakah kamu penyuka sepatu putih? Memang, sepatu putih adalah salah satu jenis sepatu yang paling populer karena dapat dipadukan dengan berbagai macam outfit. Namun, sepatu putih juga rentan kotor dan menguning karena proses mencuci yang tak benar. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas dan tampilan sepatu putih kamu tetap bagus. Penting rasanya untuk mengetahui cara mencuci sepatu putih yang tepat agar tetap bersih dan tak menguning. Yuk, simak bagaimana cara mencuci sepatu putih berikut ini!

Mengapa Sepatu Putih Bisa Menguning?

Sisa Deterjen

Sisa deterjen atau sabun yang tidak dibilas dengan bersih dapat meninggalkan residu yang dapat menyebabkan sepatu menguning. Terlebih jika sepatu kamu merupakan sepatu berbahan kanvas yang mudah menyerap air. 

Sinar Matahari

Sinar matahari sangat berpengaruh terhadap sepatu. Ia dapat mengoksidasi bahan sepatu dan menyebabkan perubahan warna. Terlebih jika kamu tak mengeringkan sepatu dengan benar. Sisa-sisa air dan deterjen akan berubah menjadi noda bercak kekuningan yang sulit dihilangkan.

Cara Mencuci Sepatu Putih yang Tepat

Membersihkan Kotoran Sepatu

Sebelum mencuci pastikan kotoran yang menempel seperti lumpur atau kotoran lainnya sudah kamu bersihkan terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas berbulu lembut untuk menyikat bagian-bagian yang kotor.

Rendam Sepatu dengan Air Hangat.

Setelah kotoran di permukaan sepatu bersih, rendam sepatu dalam air hangat selama beberapa menit. Air hangat akan membantu meluruhkan kotoran yang menempel di bagian dalam sepatu dan tali.

Gunakan Sabun Cuci Khusus Sepatu

Alih-alih menggunakan sabun deterjen, akan lebih baik jika kamu menggunakan sabun cuci khusus sepatu yang formulasinya sudah pasti sesuai dengan bahan sepatu kamu. Saat pencucian, pastikan seluruh are terjangkau dan kamu bersihkan. Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menggosok area sol dan bagian dalam sepatu.

Bilas dengan air bersih

Ini adalah bagian terpenting yang kamu harus perhatikan. Sebab, jika ada sia-sisa deterjen yang menempel itu akan berubah menjadi noda kekuningan. Bilas seluruh bagian sepatu dengan air bersih. Pastikan kamu mengulanginya hingga 2 kali untuk sepatu berbahan kanvas agar deterjen yang masih terperangkap pada serat-serat kain terhempaskan.

Keringkan sepatu

Setelah selesai dibilas, keringkan sepatu dengan menggunakan handuk kering kemudian menjemurnya. Kamu juga bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan sepatu jika dibutuhkan.

Itulah dia berbagai cara mencuci sepatu putih yang kami rekomendasikan agar tak menimbulkan noda kuning yang membandel. Semoga cara di atas dapat membantu kamu ya!

Mau beli berbagai sneakers atau sepatu putih dari berbagai brand ternama dengan harga murah? Yuk, cek Zalora sekarang dan dapatkan berbagai penawaran diskon menarik hanya untuk kamu! 

Penulis : Alfianita Karismawati