Cara Efektif Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kuning

Baju putih memang terkesan netral dan mudah dipadu-padankan dengan berbagai produk fashion lain. Menjadikannya sebagai produk fashion item must have bagi semua orang. Namun, problematika yang terjadi jika baju putih sering kali digunakan adalah warnanya yang berubah menjadi kekuningan. Penyebabnya pun beragam. Mulai dari paparan sinar matahari, keringat, cairan pemutih yang terlalu keras hingga deterjen. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini agar warna putih baju kamu kembali seperti semula. Simak yuk apa saja!

Memisahkan Baju Putih dan Baju Berwarna

Saat mencuci, memang disarankan agar memisahkan baju putih dengan baju berwarna lain. Gunanya agar warna pekat pada baju berwarna ini tak luntur menodai baju putih kamu. Selain itu, kamu juga bisa lebih berfokus pada baju putih.

Rendam Baju dengan Sitrun 

Sitrun atau yang memiliki nama lain citric acid sudah melegenda dalam memberantas noda membandel. Ia sebenarnya sitrun terbuat dari bahan fermentasi alami seperti lemon, jeruk nipis dan limau. Cara menggunakannya pun cukup dengan mencampurkan 3 sendok makan sitrun dan melarutkannya dengan air hangat 2-3 liter. Setelah itu, masukkan baju putih ke dalam rendaman dan tunggu selama 15-20 menit. 

Setelah itu, gosok baju bernoda tersebut dengan lembut hingga noda benar-benar hilang. Ulangi step tersebut jika diperlukan. Kemudian bilas baju dengan menggunakan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari.

Deterjen Pemutih

Cara paling mudah memutihkan baju kamu yang sudah kusam adalah dengan menggunakan deterjen khusus pemutih. Tak perlu menggunakan banyak deterjen karena akan merusak serat kain. Sebaiknya, gunakanlah secukupnya saja. 

Cairan Pembersih Noda

Kalau deterjen pemutih kamu rasa tak cukup kuat untuk membantu membasmi kekusaman pada baju. Kamu bisa mencoba menggunakan produk cairan pembersih noda seperti vanish, bayclin atau soklin pemutih. Zat aktif dalam cairan ini lebih ampuh dalam membersihkan noda membandel ditambah aromanya juga lebih segar tercium.

Perasan Lemon dan Jeruk Nipis

Source : Pexels

Lemon dan jeruk nipis merupakan bahan alami dengan sifat asam.Oleh karena itu, ia bisa menghilangkan noda dan memutihkan baju kusam kamu. Asam juga memiliki sifat yang ampuh dalam menghilangkan kotoran. Kamu bisa memeras lemon dan jeruk nipis 3-4 buah. Kemudian mencampurkannya pada air rendaman baju. Tambahkan deterjen dan kucek pakaian seperti biasa. 

Cuka Putih

Cuka putih adalah bahan alami lainnya yang dapat membantu memutihkan baju kuning. Campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1. Rendam baju kuning dalam larutan ini selama beberapa jam, lalu cuci seperti biasa dengan deterjen.

Baking Soda 

Baking soda dan air bisa dimanfaatkan sebagai bahan penghilang noda membandel. Gunakan perbandingan baking soda 1 dan deterjen 3 kali lebih banyak. Kemudian gunakan campuran ini untuk merendam baju putih kamu. Pastikan jangan terlalu lama merendamnya agar tak menimbulkan bau apek.

Itulah dia berbagai cara memutihkan baju kusam kamu dengan cepat dan efektif. Kira-kira  dari aneka dara di atas manakah cara yang sudah kamu coba?

Penulis : Alfianita Karismawati